gapura karimunjawa

Pulau Karimunjawa emang menarik untuk dikunjungi, makanya banyak yang pada pengen liburan di Karimunjawa. pantainya bening kayak si neng kece, pasir pantainya putih seputih kapas, alamnya masih asri, masyarakatnya ramah aduhai. Wajar kalo kepulauan Karimunjawa saban hari banyak pengunjungnya.

Ngomong-ngomong soal Karimunjawa, kalo kamu punya rencana liburan ke Karimunjawa sebaiknya baca dulu panduan wisata Karimunjawa supaya kamu udah paham dan gak kelimpungan saat disana. Paling tidak ya udah punya gambarannya gitu.

Dimana Letak Karimunjawa?

Pulau Karimunjawa itu satu-satunya kecamatan terluar berupa kepulauan yang ada di kabupaten Jepara (kota ukir) yang letaknya disebelah utara Jepara. Jadi kalo mau ke Karimunjawa harus nyebrang terlebih dahulu.

Bagaimana Pergi ke Karimunjawa?

Saat ini pergi ke pulau Karimunjawa sangatlah mudah. Kamu bisa pergi ke Karimunjawa melalui udara dari bandara Juanda, Surabaya ato bandara Achmad Yani, Semarang. Dan juga melalui laut dari pelabuhan Kendal di jl. Soekarno Hatta Desa Kebon Adem No. 136 RT.02 RW.01 Kec. Brangsong Kab. Kendal ato dari pelabuhan Jepara deket dengan pantai Kartini. Lihat: jadwal penyebarangan Karimunjawa.

Jika kamu ke Karimunjawa lewat Pelabuhan Jepara, darimana pun asal kamu, turun di terminal Jepara kemudian ikut becak ato taksi menuju terminal Jepara, perjalanan paling sekitar 10 menit. Usahakan 1 jam sebelumnya udah standby di pelabuhan.

Untuk tiket penyeberangan khusus KMP Siginjai, kamu harus antri beli tiket pada hari dimana kamu berangkat dihari itu, jika ikut KMC Express Bahari ato pesawat sebaiknya booking tiket terlebih dahulu jauh-jauh hari.

Apa Saja Fasilitas di Karimunjawa?

Sebagai tempat wisata, kepulauan Karimunjawa udah didukung fasilitas yang cukup memadai. Disana udah ada penginapan homestay, hotel, villa, dan resort, kamu tinggal pilih sesuai budget kamu aja. Listrik udah 24 jam gak kayak dulu hanya 6 jam, itu pun nyala setiap jam 6 sore nyampe 12 malem. Sinyal seluler pun udah ada, tapi sebaiknya kamu bawa operator Telkomsel aja (bukan sponsor), walopun di Karimunjawa udah didukung sinyal XL dan Indosat, tapi itu cuma sebatas di sekitar kecamatannya doang.

[rpi]

Jangan harap kamu nyari transportasi umum saat di Karimunjawa, karena itu gak bakalan kamu temui. Jika mau jalan-jalan darat udah disiapin penyewaan motor dan sepeda onthel. Ada juga mobil tapi gak disewakan, kamu nanti dianter ke tempat-tempat objek wisata. Kalo lebih gampangnya tanyakan ke pihak penginapan aja.

Oh ya, di Karimunjawa juga ada ATM bersama yang disediakan dari bank BRI. Seandainya kamu kehabisan uang udah gak perlu puyeng lagi, itu kalo ada saldonya sih.

Apa Saja Objek Wisata Di Karimunjawa?

Sebenernya ada banyak objek wisata yang tersedia di kepulauan Karimunjawa. Maklum, pulau-pulau yang ada di Karimunjawa ada 27 pulau. Dari sekian banyak objek wisata yang sering dikunjungi itu, hanya beberapa objek wisata aja yang menjadi favorit.

Wisata Darat:

  • Bukit joko tuo
  • Taman kupu-kupu
  • Bukit love
  • Bukit jatikerep
  • Bukit maming
  • Ujung gelam
  • Pantai cup-cup
  • Tracking mangrove
  • Rumah Adat Karimunjawa
  • Tracking batu pengantin
  • Makam Syech Amir Hasan
  • Makam Sayyid Abdullah

Wisata Laut:

  • Penangkaran hiu di pulau menjangan besar
  • Snorkel dengan ikan zebra di pulau menjangan kecil
  • Pulau cemara besar
  • Pulau cemara kecil
  • Gosong maer
  • Gosong selikur
  • Pulau tengah
  • Pulau cilik

Dari beberapa objek wisata yang menjadi favorit pengunjung, salah satu diantaranya ada yang gak bisa kamu kunjungi, tergantung berapa hari kamu tinggal di Karimunjawa.

Sekedar pemberitahuan yang salah itu gosong bukan masuk sebagai pulau. Karena gosong dan pulau itu berbeda (cari pengertian GOSONG di mesin pencari).

Apa Yang Bahaya di Karimunjawa?

Yang bahaya di Karimunjawa bukan masyarakatnya. Masyarakat di Karimunjawa ramah-ramah alias baik-baik. Justru yang bahaya di Karimunjawa itu makhluk yang ada disono. Seperti, ular edor yang sangat ditakuti masyarakat Karimunjawa, kalajengking, kelabang, ikan karang, ikan pari, bulu babi, ubur-ubur.

Kamu kudu waspada dengan hewan-hewan itu ya! Karena di Karimunjawa sementara ini hanya ada puskesmas, belum ada rumah sakit.

Itu tadi gambaran mengenai Karimunjawa. saat kamu di Karimunjawa jangan nyari yang aneh-aneh layaknya di kota, karena itu akan menyulitkan kamu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.