Huawei adalah perusahaan teknologi asal China yang masuk dalam daftar hitam pemerintah Amerika Serikat pada 15 Mei 2019. Pemerintahan Amerika Serikat yang dipimpin Donald Trump rupanya ingin meruntuhkan kerajaan Huawei beserta 70 afiliasi Huawei yang disebut “entity list” karena dianggap memata-matai Pemerintah AS lewat teknologi 5G dan dianggap terlibat spionase pemerintah China. Meski bukti belum cukup kuat.

Tindakan Amerika Serikat bukan tanpa alasan, karena kedua negara ini antara Amerika Serikat dengan China sedang perang dagang dalam beberapa tahun terakhir yang berimbas pada pelaku bisnis antar kedua negara.

Seperti yang kita ketahui secara umum, produk-produk China terkenal ‘asal murah yang penting laku’. Tapi tidak bagi Huawei, Huawei merupakan pemimpin teknologi 5G di dunia. Selain itu, di Indonesia sendiri, seluruh operator telekomunikasi besar di Indonesia seperti XL, Indosat, dan Telkomsel mengandalkan jaringan yang dipasok oleh Huawei.

Seperti apa sih perusahaan Huawei ini, sehingga Amerika Serikat merasa terancam dengannya, berikut ini 10 fakta tentang Huawei yang belum banyak diketahui.

1. Didirikan Oleh Mantan militer

Didirikan Oleh Mantan militer
credit : www.youtube.com/OURWEI

Pendiri Huawei adalah seorang pensiunan ahli teknologi militer China yang bernama Ren Zhengfei. Dia keluar dari militer di usia 42 tahun karena pengurangan jumlah tentara untuk penghematan anggaran pemerintah Tiongkok. Zhengfei Sempat bekerja sebagai pegawai jasa logistik di Shenzhen South Sea Oil Corporation, Ren Zhengfei kemudian memulai bisnis perdagangan suku cadang elektronika dan telekomunikasi yang merupakan cikal bakal Huawei.

2. Arti Nama “Huawei”

Arti Nama “Huawei”
credit : www.dailymotion.com

Nama Huawei berasal dari dua suku kata, yaitu hua dan wei. kata Hua (华) jika dibaca dengan nada pertama (huā) berarti bunga (kelopak). dibaca (huá) yang berarti gelora atau mewah. Sedangkan suku kata kedua Wei (为) memiliki arti pencapaian, prestasi, atau aksi dalam bahasa mandarin. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kombinasi kedua kata ini memiliki terjemahan kasar “pencapaian yang membanggakan/bergelora”.

3. Didirikan Dengan Modal Rp 8,2 Juta!

Didirikan dengan modal Rp 8,2 juta!
credit : www.thebricspost.com

Huawei saat ini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang patut diperhitungkan. Namun, kembali ke awal berdirinya Huawei seakan tak percaya jika perusahaan sebesar Huawei didirikan dengan modal 21 ribu Yuan. jika dirupiahkan, maka pada nilai tukar pada tahun 1987 setara dengan Rp 8,2 jutaan. Pada awal perusahaan ini berdiri, Huawei aktif menjual peralatan telekomunikasi ke Hong Kong.

4. Employee-Owned Company

Employee-Owned Company
credit : www.youtube.com/CNN Business

Sekitar 64 persen saham perusahaan Huawei dimiliki oleh para karyawannya yang berjumlah sekitar 180 ribu di seluruh dunia yang biasanya disebut “employee-owned company”. Artinya, Para pegawai memiliki bagian dari hak kepemilikian perusahaan (saham). Dan sekitar 40% karyawannya merupakan tim riset dan pengembangan. Maka tak heran jika Huawei menjadi perusahaan yang besar.

5. Indonesia = Huawei Nation

Indonesia = Huawei Nation
credit : www.blibli.com

Tahukah kamu jika seluruh operator telekomunikasi besar di Indonesia seperti XL, Indosat, dan Telkomsel mengandalkan jaringan yang dipasok oleh Huawei. Sementara, hampir 80 persen pangsa pasar seluler di Indonesia dikuasai oleh ketiga operator seluler tersebut. Selain itu, Huawei juga menjadi pemimpin pembangunan jaringan bawah laut yang menghubungan negara-negara di Asia Tenggara. Itu artinya Huawei bukan perusahaan kaleng-kaleng.

6. Keamanan Perbankan Paling Aman

Keamanan Perbankan Paling Aman
credit : support.huawei.com

Huawei jadi vendor pertama di dunia yang mendapatkan pengakuan dari bank-bank dunia dalam masalah keamanan perbankan. Teknologi CloudFabric Security Solution menjadi andalan Huawei dalam memerangi kejahatan dunia maya yang mengancam transaksi perbankan penggunanya.

7. Pemimpin Teknologi 5G di Dunia

Pemimpin Teknologi 5G di Dunia
credit : www.cnbcindonesia.com

Bisnis Huawei bukan hanya smartphone, tapi juga jaringan. Nah, tahukah kamu, saat ini Huawei jadi pemimpin dalam pengembangan teknologi 5G dunia? Bahkan kabarnya teknologi 5G Huawei yang mampu menyajikan kecepatan internet hingga 20Gbps. Gegara teknologi 5G ini, Huawei digempur habis-habisan oleh pemerintah AS karena dicurigai memata-matai negaranya.

8. Penjualan Smartphone Paling Produktif

Penjualan Smartphone Paling Produktif
credit : www.bworldonline.com

Smartphone yang dijual Huawei berhasil menduduki posisi kedua pada quartal pertama 2019, huawei mendapat keuntungan sebesar $27 miliar dengan pangsa pasar 15,7%. Posisi pertama masih diduduki samsung dengan capaian pangsa pasar 19,2%, disusul apple pada posisi ketiga dengan 11,9%.

9. Smartphone Teknologi Super Canggih

Smartphone teknologi super canggih
credit : www.hitekno.com

Meskipun Huawei berasal dari China yang dikenal pembuat produk asal murah. Tapi Huawei ini berbeda, meskipun smartphone yang dijual Huawei lebih murah dari Samsung dan apple, teknologi yang digunakan Huawei sangat mencengangkan. Huawei merupakan Smartphone Pertama di dunia dengan AI Prosesor yang dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) yang berperan untuk menjalankan tugas dasar AI yang biasanya mengkonsumsi daya tinggi. Ia juga Smartphone Pertama dengan AI di Kamera, baterai paling awet di dunia, serta Teknologi SuperCharge Paling Aman di Dunia.

10. Bikin OS HongMeng

Bikin OS HongMeng
credit : mediaformasi.com

Jika pemerintah Amerika Serikat (AS) masih tetap akan memblokir Huawei. Huawei akan menggunakan sistem operasi (OS) alternatif sendiri yaitu OS Hongmeng yang telah digarap dalam beberapa tahun terakhir. HongMeng OS akan segera siap pada musim gugur tahun ini. OS tersebut tidak hanya untuk smartphone dan tablet, tapi juga laptop Huawei sebagai ganti Windows 10. Selain itu, juga berpotensi digunakan pada perangkat wearable, TV, bahkan mobil. Hal ini menjadi kesempatan besar bagi Huawei untuk tidak ketergantungan terhadap android. Dan bisa jadi, jika os yang dikembangkan huawei jauh lebih baik, bukan tak mungkin akan menjadi pesaing android dan IOS.

Itu tadi fakta seputar huawei yang kini sedang ramai diperbincang di seluruh dunia terkait black list oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun hal ini tak menyurutkan semangat huawei dalam mengembangkan teknologinya.

Kita hanya berharap, semoga perang dagang antara Amerika Serikat dengan China berakhir. Karena, dampak perang dagang kedua negara dengan ekonomi terkuat di dunia ini terus berlanjut, bukan tak mungkin, laju pertumbuhan ekonomi dunia akan melambat bahkan bisa jadi terpuruk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.