Tahun Baru Bukan ‘1 januari’‼️ 7 Fakta Tahun Baru Ini Buktinya

0
5176
Tahun Baru Bukan '1 januari'‼️ 7 Fakta Tahun Baru Ini Buktinya

Secara global, kalender masehi adalah yang digunakan oleh kebanyakan orang diseluruh dunia. Dan setiap tanggal 1 januari menjadi permulaan tahun di kalender masehi sebagai tahun baru. Tapi, tahukah kamu, jika di dunia ini ada banyak kalender yang digunakan, itu artinya ada perbedaan tahun baru dari setiap kalender. berikut 7 kalender yang digunakan oleh penduduk dunia.

Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek
source : boston.com

Tahun baru imlek merupakan tahun baru masyarakat Tionghoa yang dihitung berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi. Penanggalan memadukan sistem lunar (Bulan) dan solar (Matahari) disebut lunisolar. Penggabungan dilakukan karena Bulan dan Matahari sama-sama punya arti penting bagi masyarakat Tionghoa. Titik tolak penanggalan Tionghoa adalah milenium 3 sebelum Masehi (SM), masa Kaisar Huang Di, antara tahun 2698 SM dan 2599 SM.

Baca Juga: Fakta Singkat Sejarah Perjalanan Agama Islam Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Tahun Baru Rosh Hashanah

Tahun Baru Rosh Hashanah
source : www.videoblocks.com

Tahun baru Yahudi sering disebut tahun baru Rosh Hashanah sebagai permulaan tahun bagi masyarakat Yahudi. Tahun baru ini dimulai setiap tanggal 1 dan 2 bulan Tishrei. Pergantian hari pada kalender Yahudi dimulai ketika matahari terbenam, maka satu hari Yahudi dimulai dari matahari terbenam (awal “petang”) sampai matahari terbenam keesokan harinya. Rosh Hashanah dipercaya oleh masyarakat Yahudi sebagai hari Sabat pertama pada saat penciptaan dunia dilakukan.

Tahun Baru Saka

Tahun Baru Saka
source : www.ritiriwaz.com

Kalender saka adalah kalender yang dipercaya oleh umat Hindu. Tahun baru bagi umat Hindu disebut sebagai tahun Baru Saka yang dibarengi dengan hari raya nyepi. Kalender saka sendiri berasal dari India yang dimulai pada tahun 78 Masehi yang juga disebut sebagai penanggalan Saliwahana. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiyah qomariyah (candra surya) atau kalender lunisolar, maksudnya sistem kalender yang menggunakan periode bulan mengelilingi bumi untuk satuan bulan, namun untuk penyesuaian dengan musim dilakukan penambahan satu bulan atau beberapa hari (interkalasi), setiap beberapa tahun.

Baca Juga: 6 Fakta Maraknya Terjadi Pemerkosaan Yang Pastinya Kamu Gak Percaya

Tahun Baru Nowruz

Tahun Baru Nowruz
source : www.seattleglobalist.com

Nowruz atau tahun baru Persia adalah penanggalan dari kalender Iran yang sudah disusun jauh sebelum datangnya Islam, bahkan pra Masehi, yaitu sejak tahun 1725 sebelum Masehi. Dalam perayaan Nowruz biasanya dimulai dengan ritual melompati api sebagai repreentasi dari kebijaksanaan Tuhan. Melompati api menjadi suatu cara untuk menjauhkan diri dari kesialan yang datang dari babak hidup sebelumnya untuk memulai tahun baru dengan catatan yang bersih. Dan tujuh adalah angka keberuntungan, yang dalam bahasa persia dikenal “Haft-Seen” atau biasa disebut Haft-Sin. Dimana, pengaturan atasan meja menampilkan 7 objek simbolis, semua objek dimulai dari huruf Sin dalam bahasa Persia.

Tahun Baru Masehi

Tahun Baru Masehi
source : wall.alphacoders.com

Kalender masehi merupakan kalender yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Ada dua penanggalan Masehi yang dikenal yaitu Kalender Julian dan Kalender Gregorian. Kalender Julian diberlakukan sejak masa Julius Caesar. Nama Julian diambil dari Julius. Menurut penanggalan ini, satu tahun adalah 365,25 hari atau 365 hari dan 6 jam. Sedangkan kalender Gregorian dikenalkan oleh Paus Gregorius XVIII pada 1582 untuk memperbaiki penanggalan Julian. Meskipun demikian, gereja-gereja Ortodoks sampai sekarang masih menggunakan Julian. Inilah sebabnya, ada perbedaan perayaan Natal dan Tahun Baru Masehi di beberapa tempat.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Anak-anak Suka Ngebohongin Ortunya Sendiri

Tahun Baru Juche

Tahun Baru Juche
source : historylocker.com

Korea Utara memang sering punya jalan tersendiri untuk mengatur negaranya dan tak terpengaruh negara lain di dunia dari segala hal, termasuk waktu dan kalender. Waktu untuk Korut sendiri 8,5 jam lebih cepat dari GMT. Korea utara mengatur ulang waktu menjadi GMT + 8:30 seperti sebelum penjajahan Jepang. Sementara untuk kalender, Korut menghitungnya mulai dari kelahiran pendiri pemimpin Korea Utara, Kim Il Sung. Kim sendiri lahir 15 April 1912 Masehi yang dikenal di Korea Utara sebagai tahun (Juche) 1.

Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam
source : pinterest.com

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam masih bertahan hingga kini bahkan penanggalan ini untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender Islam dihitung berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 M. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender Masehi yang menggunakan peredaran Matahari. Pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari dan tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut. Untuk perayaan tahun baru, di kalender islam disayakan setiap tanggal 1 bulan Muharram Hijriyah.

Nah, itu tadi beberapa kalender yang ada di dunia ini versi delimun. Di Indonesia sendiri sebenernya juga ada kalender jawa, dalam kalender jawa ini perpaduan dari kalender saka dan kalender hijriah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.