Sebaiknya Kamu Waspada Terhadap 10 Virus Komputer Yang Populer dan Sempat Menggegerkan Dunia

0
125
Virus Komputer Yang Populer
image via: pixabay.com

Komputer itu juga punya penyakit seperti layaknya manusia, tapi penyakitnya bukan berupa penyakit jantung, kanker, ato penyakit stroke. Penyakit komputer gak lain disebut virus. Jika komputer kamu udah terinfeksi virus, maka itu bisa mendatangkan malapetaka. Untungnya udah ada anti virus yang siap melawan dan menghancurkan virus-virus tersebut. Ini 10 daftar virus yang paling terkenal dan berbahaya.

10. LoveBug aka ILOVEYOU

LoveBug aka ILOVEYOU
image via: www.hostingreviews.com

ILOVEYOU baru diketahui pada 4 Mei 2000 yang tersebar melalui email. Virus ini mengirim pesan dengan subjek “ILOVEYOU” dan isinya “LOVE-lETTER-FOR-YOU.TXT.”. Cara kerja virus cinta ini membuat duplikat salinan file media dan dokumen serta mengorek username dan password dari komputer yang terinfeksi. Sang empunya diketahui bernama De Guzman dan Reomel Ramones.

9. Omega Time Bomb

Omega Time Bomb
image via: www.youtube.com

Virus Omega Time Bomb awalnya untuk mengendalikan file server semua mesin manufaktur di perusahaan Omega Engineering tanggal 31 Juli 1996. Tapi gak membantu dan mendapatkan pesan pop-up kalo file server sedang diperbaiki. Justru malah sebaliknya, virus merusak semua program yang ada dan menghapus semua file komputer yang bekerja seperti bom waktu.

8. SQL Slammer

SQL Slammer
image via: www.youtube.com

Virus SQL Slammer juga dikenal w2.SQLSlammer.worm, Sapphire, w32.SQLexp.worm, dan Helkern. Virus ini mulai menyebar pada pukul 12:30 EST pada 25 Januari 2003 yang akan memindai seluruh internet melalui alamat IP secara acak untuk masuk ke Microsoft SQL 2000 server yang rentan. Setiap 8,5 detik setiap komputer terinfeksi. Virus ini bikin koneksi internet jadi lemot sehingga mengganggu maskapai penerbangan, ATM, gangguan elektronik. Hebatnya, sang empu belum bisa diidentifikasi.

7. Morris Worm

Morris Worm
image via: wikipedia.org

Morris worm adalah virus jenis “worm” pertama di dunia internet. Virus ini sebenernya kesalahan yang dilakukan oleh Robert Morris, Jr, seorang kriptografer Amerika dan ilmuwan komputer terkenal yang ingin membuat eksperimen komputer dengan kemampuan mereplikasi diri dan perkembangbiakan diri pada tahun 1988. Virus ini cara kerjanya tak terlihat dan menyebabkan komputer crash atau menjadi katatonik serta melumpuhkan semua sumber daya dari jaringan.

6. Storm Worm

Storm Worm
image via: www.wtfdiary.com

Pada tanggal 19 Januari 2007, komputer di Amerika Serikat dan Eropa mendapatkan pesan email dengan judul “230 dead as storm batters Europe” yang isinya disebut video.exe. Ternyata itu adalah jenis virus trojan yang suka mencuri data sehingga komputer menjadi botnet dan kemudian mengirim spam. Beberapa subjek email yang terkirim diantaranya “A killer at 11, he’s free at 21 and…”, “Chinese missile shot down USA aircraft”, and “President of Russia Putin dead”. Sang penciptanya pun belum diketahui.

5. Melissa

Melissa
image via: linux.cn

Virus Melissa mulai menyebar pada tanggal 26 Maret 1999 melalui pesan email dengan tulisan “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else”. Jika pesan email itu dibuka akan mengirim otomatis ke 50 alamat email dalam address book pemilik dengan pesan yang sama dan komputer akan secara otomatis terinfeksi.

4. Sasser dan Netsky-AC

Sasser dan Netsky-AC
image via: www.viriipedia.com

Kedua virus ini dibuat oleh bocah berumur 18 tahun pertama kali terdeteksi pada tanggal 30 April 2004, Sven Jaschan. Cara kerja virus ini berbeda dari virus lainnya. virus Sasser akan masuk ke sistem keamanan Local Security Authority Subsystem Service (LSASS). Jika pengguna membuka file, virus otomatis memindai komputer secara acak sampai menemukan sebuah sistem yang rentan dan kemudian akan menyalin dirinya sebagai file executable ato file EXE ke komputer. Saat komputer boot, virus akan menginstal sendiri. Sementara virus Netsky-AC menyebabkan komputer crash dan reboot lebih sering.

3. Code Red

Code Red
image via: www.datarescue.com

Virus Code Red pertama kali diketahui pada 12 Juli 2001 oleh eEye Digital Security. Virus ini menyerang server dan situs website serta menyematkan pesan “Welcome to China http://www.worm.com ! Hacked by Chinese!”. Virus ini diyakini berasal dari salah satu universitas di China. Namun, belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

2. Flashback

Flashback
image via: www.cnet.com

Pada September 2011, Apple Mac diserang virus flashback yang menyamar sebagai Adobe Flash installer. Virus ini dapat mencuri apapapun yang ada di komputer, baik itu data, password dan bahayanya virus flashback ini bisa mengendalikan komputer. Untungnya, Apple udah membuat alat keamanan untuk menghapus virus pada Februari 2012.

1. Agent.btz

Agent.btz
image via: www.gdata.pl

Virus ini mirip sekali dengan agen intelijen yang diketahui pada tahun 2008. Sesuai namanya yaitu “Agent.btz”. Agent.btz menyebar tanpa terdeteksi melalui sistem rahasia dan dapat memindahkan data ke server yang berbeda secara diam-diam. Sang empu ato pembuatnya belum, dugaan sementara dari Rusia.

Baca: 10 Fakta Menarik Perjalanan Android Yang Kini Jadi Teknologi Sejuta Umat

Ya, itu tadi beberapa virus yang mengancam komputer kamu. Makanya untuk jaga-jaga jangan menggunakan aplikasi bajakan. Biarpun itu bukan solusi terbaik, setidaknya lebih aman dibanding yang bajakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here