credit : pixabay.com

Gak dipungkiri lagi, banyak orang udah punya website sendiri-sendiri, entah itu hanya untuk senang-senang maupun untuk mencari uang. Sebagaimana yang diketahui, biasanya ada beberapa orang, mungkin kamu salah satunya pengen punya website lagi lebih dari satu untuk keperluan lain. Namun, terkadang dihadapkan dengan dua pilihan sulit yang bikin galau.

“Satu domain satu hosting, atau banyak domain digabung jadi satu hosting?”.

Pilihan yang lumayan sulit emang. Tapi, dari kedua pilihan tersebut sebenarnya gak perlu dipusingkan. Keduanya sama-sama bagus, dan kamu cukup pilih salah satu dari dua pilihan tersebut.

Jika kamu masih bingung antara domain dan hosting, ini perbedaannya;

Hosting itu ibarat rumah yang bisa diisi hanya satu ato beberapa penghuni di dalamnya, tergantung dari kapasitas rumah tersebut. Nah, untuk domain sendiri ibarat penghuni yang menghuni rumah itu tadi. Jadi, jika rumah kamu rusak, secara otomatis penghuni tersebut gak punya rumah. Artinya, penghuni (domain) gak bisa melakukan apa-apa.

Yang sangat penting dan bener-bener perlu dijaga adalah rumah (hosting) itu sendiri. Walaupun gak menampik, domain yang kamu kelola juga perlu dijaga agar tetap aman.

Jika kamu udah paham tentang domain dan hosting, saatnya memutuskan dari dua pilihan yang sulit tadi. Berikut penjelasan dari kedua pilihan tersebut.

Satu Hosting Untuk Satu Domain

Kamu bisa menentukan pilihan kamu ketika mau beli domain lagi, satu domain satu hosting bagus untuk kamu pilih. Ketika website kamu dijahilin (hack) orang, domain kamu yang lainnya masih aman-aman saja. Tapi, yang perlu kamu perhatiin adalah, jika kamu beli domain dan hosting lagi, biaya yang kamu keluarkan cukup besar, misal harga domain dan hosting paling murah sekitar Rp.250.000. Bayangkan jika kamu mau beli lagi beberapa domain dan hosting, tinggal mengkalikan aja Rp. 250.000 x n =?????.

Yang menguntungkan disini adalah, jika salah satu website kamu down, website kamu yang lain masih aman. Karena pada dasarnya beda server. Dan kelebihan lain disini ruang disk space gak cepet habis hanya untuk domain.

Satu Hosting Untuk Banyak Domain

Lebih simpel, efektif, dan tentunya gak boros di duit. Kamu cukup beli domain aja dan gak perlu beli hosting lagi. Hosting bisa nebeng di hosting domain yang lama. Jadi, cukup ngeluarin duit buat beli domain doang udah cukup. Tapi, jika satu hosting untuk beberapa domain bisa menghabiskan disk space dan tentunya bandwith yang kamu miliki. Dan terlebih lagi, jika hosting kamu dijahilin orang, maka semua domain didalamnya akan terpengaruh juga. Selain itu, apabila servernya down, maka semua akan kena imbasnya. Disitu repotnya.

Ya, semua tinggal kamu aja sih, mau pilih yang mana. Karena kedua itu sama-sama ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Pikirkan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Apabila udah mantap, baru dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.