Sama Tapi Beda, Antara Kartu Memori MiscroSD, SDCard, Dan MiniSD

Aku sebenarnya mau membuat kata sambutan, sepertinya terlalu panjang, dan itu akan membuat sobat bosan. Karena itu langsung aja ke pembahasan.

Gak perlu banyak cincong

Gak perlu dijelasin lagi, sebagian dari sobat pasti sudah pada tau apa itu kartu memori. Yang jelas, kartu memori fungsinya untuk menyimpan file.

Sedikit informasi bahwa kartu memori itu ada beberapa macam, diantaranya XD Card (Extreme Digital), CF card (Compact Flash), SD Card (Secure Digital), dan mungkin masih ada jenis lainnya yang gak delimun ketahui.

Fungsinya sama dari ketiga kartu memori tersebut. Namun, yang lebih terkenal yaitu jenis SD Card (Secure Digital). Karenanya kita bahas yang SD aja.

Kartu memori terdapat beberapa pilihan dan ukuran. Karena itu pastikan terlebih dahulu sebelum menyesal kemudian. Meskipun fungsinya sama, tapi gadget, kamera, dan lainnya yang membutuhkan kartu memori punya ukuran berbeda-beda. Ada yang kecil, ada yang besar, ada yang besar banget. Dan dari perbedaan tersebut juga menentukan nilai jual, maksudnya menentukan harga.

Baca Juga: Mengintip 7 Teknologi Smartphone Super Canggih Zaman Now Yang Bakal Membuatmu Terkesima

Ukuran Memory Card

Nah! Ukuran SD Card sejauh ini terbagi menjadi tiga, yaitu SD Card, MiniSD, dan MicroSD, sejauh yang delimun ketahui.

credit : carisinyal.com

1. SD Card (MMC)

SD Card ato bisa dikatakan Full Size SD, ato kerennya MMC adalah yang paling besar diantara memory card lainnya, pertama kali dibesut pada tahun 1999. Karena dia anak sulung dari generasi SD. Ukurannya yaitu “panjang 3mm, lebar 24mm, ketebalan 2.1mm, berat 2 gram”. SD Card ini paling umum digunakan untuk kamera digital atau DSLR. Kalo untuk hp maupun tablet sudah gak umum lagi. Kalo dulu iya, waktu Nokia masih menempati singgasana kerajaan ponsel memang menggunakan jenis kartu ini. Tapi sekarang banyak smartphone yang menggunakan slot kecil. Mungkin ya hemat tempat.

2. MiniSD

Bentuknya lebih kecil daripada SD Card. Kartu ini merupakan anak kedua dari jenis SD (middle). MiniSD diciptakan pada tahun 2003, pada masanya dulu, MiniSD banyak dipasang di ponsel atau MP3 player. Dia memiliki ukuran “panjang, 21.5mm, lebar 20mm, ketebalan 1.4mm, berat 1 gram”. Tapi sekarang, MiniSD sudah jarang sudah jarang ditemui. Bahkan dia udah gak kelihatan sama sekali.

3. MicroSD

Si kecil memang menggemaskan, dia dikembangkan pada tahun 2005 yang saat ini menyandang status sebagai anak bungsu dari kedua saudaranya, dan dia pula yang banyak dicari orang, selalu dieluh-eluhkan kehadirannya. Ukurannya sih “panjang 3mm, lebar 24mm, ketebalan 2.1mm, berat 2 gram”. MicroSD sekarang ini digunakan pada berbagai macam gadget seperti Tablet dan Smartphone, bahkan kamera DSLR. Dan dia bisa berkamuflase, misal kamu butuh MiniSD atau SD Card, tinggal beli adaptor (rumah memory card) seukuran mereka, sudah beres, gak usah repot – repot membeli memory baru yang harganya lumayan buat beli makan di warteg.

Kapasitas Memory Card

credit : magroad.com

Jadi udah jelas ya, kalo kartu memori itu punya perbedaan ukuran, tapi fungsinya tetap sama. Yang menjadi masalah adalah kalo keliru membeli, nanti resiko pada slot perangkat kamu. Nah! Selain memiliki sisi perbedaan ukuran, kartu memori juga memiliki perbedaan kapasitas yang secara umum digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu SDSC, SDHC, dan SDXC. Kamu bisa melihatnya di kartu memori itu sendiri.

SDSC

SDSC merupakan singkatan dari Secure Digital Standard Capacity. Jenis kartu memori ini umumnya disebut sebagai SD saja. ini memiliki kapasitas dari mulai 1 MB hingga 2 GB dengan format FAT16. Kalo toh kamu menemukan kapasitas memori ini mencapai 4GB, memori SDSC bukan pada pada posisi standarnya.

SDHC

Kalo SDHC ini singakatan dari Secure Digital High Capacity yang diluncurkan pada tahun 2007. Kapasitas yang dimiliki lebih besar dari SDSC, yaitu mulai dari 4 GB hingga 32 GB dengan format FAT32.

Yang perlu kamu ingat, bahwa SDHC ini hanya bisa digunakan pada perangkat yang compatible dengan format SDHC saja. Bila kamu punya perangkat yang mendukung SDHC, sementara memori yang kamu punya itu SDSC, gak perlu risau, gak perlu galau, perangkat kamu tetap bisa membaca format SDSC. Tapi ya tetep kurang maksimal.

SDXC

Sementara ini, SDXC atau Secure Digital eXtended Capacity memiliki kapasitas memori paling besar dari yang lainnya. Memori ini memiliki kapasitas mulai dari 64GB hingga 2 TB. Awal kemunculannya pada tahun 2009, yang sekarang banyak diburu bagi pengguna yang membutuhkan files banyak.

Kapasitas-kapasitas memori tersebut di kelompokkan menjadi tiga golongan. Di saat kamu membeli kartu memori, jangan lihat pada ukuran kartunya, tapi lihat pada keterangan-keterangan kartu memori itu sendiri yang biasanya terpampang di body kartu. Kamu harus ingat bahwa ukuran dari kartu memori tidak menentukan besarnya kapasitas kartu memori.

Baca juga : Ini Dia Sang Penemu Video Game Pertama di Dunia

Kecepatan Memory Card

Kecepatan Memory Card
credit : www.sdcard.org

Selain ukuran dan kapasitas, kartu memori juga dikategorikan dalam sisi kecepatan. Kecepatan kartu memori dalam membaca data sangat penting. Misalnya kamu lagi membuat video, dan ternyata kartu memori kamu memiliki kecepatan rendah, akan sangat lama bahkan mengakibatkan video yang kamu rekam rusak.

Kecepatan dalam kartu memori itu dibedakan berdasar kelas. Untuk melihat class berapa memori yang kamu beli, tinggal lihat icon C di body memory. Class dari SD card menandakan kecepatan dari SD card tersebut, yang terbagi menjadi 5 jenis:

  • Class 0 tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik
  • Class 2 memiliki kemampuan transfer rate minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC
  • Class 4 memiliki kemampuan transfer rate minimum 4 MB/s
  • Class 6 memiliki kemampuan transfer rate minimum 6 MB/s
  • Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s

Selain kecepatannya dikategorikan berdasarkan kelas, saat ini ada yang disebut dengan UHS Speed Class dan Video Speed Class. Tentu saja keduanya memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas sebelumnya. Untuk UHS Speed Class ada dua kelas berbeda yakni UHS Speed Class 1 dan UHS Speed Class 3. Sedangkan untuk Video Speed Class ada 5 kelas berbeda yakni Video Speed Class 6, 10, 30, 60, dan 90. Berikut kecepatan untuk UHS Speed Class dan Video Speed Class:

  • UHS Speed Class 1 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s
  • UHS Speed Class 3 memiliki transfer rate kemampuan minimum 30 MB/s
  • Video Speed Class 6 memiliki transfer rate kemampuan minimum 6 MB/s
  • Video Speed Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s
  • Video Speed Class 30 memiliki transfer rate kemampuan minimum 30 MB/s
  • Video Speed Class 60 memiliki transfer rate kemampuan minimum 60 MB/s
  • Video Speed Class 90 memiliki transfer rate kemampuan minimum 90 MB/s

Setelah mengetahui beberapa kelebihan pada memori, pastikan jangan sampai keliru ketika membeli kartu memori. Karena kamu nanti dibikin kesel sendiri, dan menyesal di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.