Acara Festival Kumbh Mela
via: fxbkumbh.wordpress.com

Orang akan berkumpul banyak biasanya kalo ada acara ato even tertentu, entah itu festival, konser, acara keagamaan maupun lainnya. Namun, ada lho orang-orang berkumpul yang amat sangat banyak, bahkan beberapa diantaranya memecahkan rekor dunia karena saking banyaknya orang berkumpul. Berikut 8 rekor berkumpulnya orang terbanyak dalam sejarah.

8. Konser Rod Stewart, Brazil, 1994

Konser Rod Stewart, Brazil, 1994
via: www.parhlo.com

Pada Malam Tahun Baru 1994, di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil diadakan konser gratis yang dipentaskan oleh Rod Stewart. Yang menakjubkan, konser tersebut mampu menarik penonton hingga 4,2 juta orang dan berhasil masuk ke Guinness Book of World Records.

7. Perayaan Kemenangan Tim Chicago Cubs

Perayaan Kemenangan Tim Chicago Cubs
via: www.wndu.com

Di tahun 2016, merupakan hari bersejarah bagi warga Chicago yang dinanti selama 108 tahun. Kutukan itu terhenti karena tim kesayangannya Chicago Cubs menjuarai Major League Baseball (MLB) World Series setelah mengalahkan Cleveland Indians 4-3. Diperkirakan lima juta orang menghadiri parade kemenangan yang udah dinanti-nantikan sejak lama.

6. Protes Anti Perang di Irak

via: www.howstuffworks.com

Pada akhir pekan 15-16 Februari 2003, sekitar 10 juta orang berpartisipasi memprotes dan menentang perang di Irak. Roma merupakan paling banyak dalam aksi anti perang, sekitar tiga juta orang turun di jalan. Sementara di Madrid 1,5 juta orang ikut dalam demonstrasi, dan satu juta orang turun ke jalan di London. Di Amerika Serikat, demonstrasi diadakan lebih dari 200 kota, termasuk salah satunya di New York yang membawa massa 400 ribu orang.

5. Protes SOPA/PIPA di Dunia Maya

Protes SOPA/PIPA di Dunia Maya
via: wikipedia.org

Pada tahun 2012, lebih dari 115.000 website dan lebih dari 13 juta pengguna internet berpartisipasi dalam protes online terbesar dalam sejarah terhadap dua tagihan, pertama pada masalah Stop Online Piracy Act (SOPA) di DPR dan Protect IP Act (PIPA) di senat. Keduanya ditujukan untuk menghentikan pembajakan Internet. Ada 10 juta tanda tangan petisi, 3 juta email yang dikirim, 100.000 panggilan telepon, dan 3 juta pesan di Twitter terhadap tagihan.

4. Prosesi Pemakaman C. N. Annadurai

Prosesi Pemakaman C. N. Annadurai
via: www.scoopwhoop.com

Pemimpin India yang paling dicintai di India adalah C. N. Annadurai ato yang kerap dipanggil “Anna” (artinya “kakak”). Hal tersebut terbukti saat kematiannya pada 3 Februari 1969 menjadi duka besar bagi masyakat India, sekitar 15 juta orang menghadiri pemakamannya. Acara pemakaman ini berhasil masuk ke Guinness Book of World Records pada tahun 1984 sebagai pemakaman terbesar sepanjang sejarah.

3. Penobatan Ratu Elizabeth II

Penobatan Ratu Elizabeth II
via: witleysoralhistory.org

Ratu Elizabeth II naik takhta pada tanggal 6 Februari 1952. Sebelum acara penobatan berlangsung, Westminster Abbey ditutup selama lima bulan untuk menampung 8.000 orang, tapi ini di dalam. Untuk di luar ruangan, 3 juta orang menunggu Elizabeth dinobatkan Ratu, dan lebih dari 20,4 juta pemirsa menonton perayaan di TV.

2. Acara Festival Kumbh Mela

Acara Festival Kumbh Mela
via: fxbkumbh.wordpress.com

Di pinggiran kota utara India Allahabad, setiap 12 tahun sekali diadakan festival Kumbh Mela untuk penghapusan dosa di dua sungai yang disucikan. Dalam acara ini, banyak orang berkumpul jadi satu, baik umat yang melakukan ritual maupun wisatawan asing yang hanya berkunjung. Selama festival berakhir, sekitar 120 juta orang mengerubungi di acara festival Kumb Mela.

1. Mogok Kerja di India

Mogok Kerja di India
via: www.aljazeera.com

Sekitar 180 juta pekerja sektor publik di India melakukan mogok kerja pada 02 September 2016 untuk memprotes kebijakan Perdana Menteri Narendra Modi terkait privatisasi dan kebijakan ekonomi lainnya. Karyawan bank Negara, guru sekolah, pekerja pos, penambang, dan pekerja konstruksi ikut berpartisipasi dalam aksi mogok kerja.

Entah caranya gimana untuk mengumpulkan orang-orang yang begitu banyaknya. Ya udah deh, biarpun banyak orang asal gak kecopetan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.