Image by EstudioWebDoce from Pixabay

Dewasa ini ada jenis tiga dunia, yaitu dunia nyata, dunia ghaib, dan dunia maya. Ketiga dunia ini memiliki sisi yang hampir sama. Namun, untuk dunia maya diciptakan karena kecerdasan manusia dalam pengembangan teknologi. Dunia maya ini sering disebut dengan istilah “INTERNET”. Oke, istilah internet sendiri maksudnya adalah “International Networking” yang bertujuan untuk menghubungkan seluruh dunia tanpa batas.

Hampir setiap orang di dunia ini menggunakan internet setiap harinya. Dan kamu juga akan bersaing dengan ratusan juta website diseluruh dunia. Oleh karena itu, butuh strategi khusus agar bisa bersaing dengan competitor lainnya.

Baiklah, sesuai dengan janjiku mengenai masalah blog sepi pengunjung. Mungkin sebagian dari kamu mendapat masalah ini.

Apakah blog sepi pengunjung menjadi masalah?

Jelas itu masalah. Karena, sepinya blog ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Jika terus-terusan sepi, mood untuk ngeblok akan semakin turun. Apalagi jika kamu membuat blog untuk mendapatkan pundi-pundi uang, hal itu akan menjadi masalah serius.

Lalu kenapa sebabnya blog sepi pengunjung?

Ada banyak penyebab blog sepi pengunjung, diantaranya, kurang optimasi, kurang promosi, konten gak menarik, tampilan blog gak meyakinkan, dan masih banyak lagi masalahnya. Salah satu penyebab yang aku sebutkan tentu menjadi pengaruh besar terhadap blog yang kamu bangun selama ini.

Misalkan gini, kamu bangun blog baru seumur jagung, namun jika kurang di optimasi maka hal tersebut butuh waktu yang lama, apalagi jika konten kurang menarik, baru dibuka langsung ditutup lagi. Ditambah, tampilan blog yang kurang meyakinkan. Ingat, tampilan blog juga mencerminkan keseriusan pemilik blog dan membuat kenyamanan bagi para pembaca.

Solusinya Gimana Dong?

Solusinya gak lain dan gak bukan adalah promosi. Promosi dimanapun terserah, dengan cara legal maupun illegal, misal, promosi lewat media sosial, spammer, mouth to mouth, ato mungkin promosi berbayar. Karena itu adalah cara untuk promosi blog kamu. Selain itu juga optimasi SEO (Search Engine Optimatition). SEO masih diperlukan hingga kini.

Aku ingin memberikan gambaran mengenai masalah ini. Blog kamu akan memiliki trafik tinggi jika kamu seorang public figure, ato mungkin punya pengikut banyak di media sosial. Aku gak ingin membicarakan SEO jika kamu memenuhi syarat salah satu tadi, public figure ato follower banyak.

Karena begini, jika kamu punya follower banyak di media sosial, maka dengan mudah kamu mendapatkan trafik yang signifikan. Namun, akan menyedihkan jika media sosial kamu hanya ratusan pengikut saja. Apalagi kamu bukanlah seorang public figure, justru malah bikin nyesek.

Promosi Yang Baik Gimana?

Jika memungkinkan promosi berbayar di tempat yang meyakinkan. Misalkan iklan di facebook ato twitter, di google adwords. Tapi, jika itu memungkinkan sih. Kalo gak memungkinkan ya butuh cara lain.

Cara lain yang aku maksudkan gini. Pertama, jika optimasi SEO udah terlalu mainstream. Kedua, melakukan spam, kalo bisa jangan deh. Ketiga, share ke media sosial, boleh juga tapi jangan asal share.

Nah, aku lebih tertarik share ke media sosial, tapi jangan asal share lho ya. Mungkin kamu udah sering denger mengenai orang yang terkenal hanya karena melalui media sosial. Itu yang ingin aku bagikan. Media sosial tetep menjadi senjata utama selain iklan dalam hal promosi blog. Alasannya cukup sederhana, dewasa ini banyak orang yang gak bisa lepas dari media sosial, dan media sosial sebagai wahana connecting dengan yang lainnya. Itu mengapa aku mengatakan media sosial masih menjadi senjata utama sampe hari ini.

Tips Share Ke Media Sosial

Share ke media sosial milik kamu sangat mudah sekali, yang sulit adalah mencari followernya. Nah, belajar dari mereka yang mendapat follower banyak selain mereka yang public figure. Kamu mungkin pernah menggunakan facebook bukan?. Nah, kamu tentu masih inget sekali gimana caranya orang ingin menjadi temen kamu di facebook.

Coba sering-sering post di media sosial yang membuat orang tertarik. Jika orang pada tertarik dengan apa yang kamu post di media sosial, buka gak mungkin banyak yang akan mengikuti media sosial kamu. Semakin banyak followers kamu, semakin besar kesempatan mencari trafik yang tinggi.

Gimana Jika Media Sosial Sedikit Tapi Pengunjung Blog Banyak?

Aku sarankan kamu iklan, itu cara yang sangat jitu. Jika gak mau, buat artikel yang bermanfaat buat para pembaca. Optimalkan SEO di blog kamu, kemungkinan itu agak sulit dilakukan. Dan yang terpenting kamu jangan malas-malas update artikel terbaru meskipun pengunjung blog kamu masih sepi.

Gak ada sesuatu yang instan kecuali mie instan. Semua butuh proses dan perjuangan. Setiap perjuangan pasti ada pengorbanan. Jangan malas, jangan goyah dari ide awal, tetep focus pada tujuan pertama.

Oke, salam sukses.

Maaf, jika artikelnya berantakan dan gak bisa memberi solusi yang pasti, karena itu adalah misteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.