Makhluk Ghaib Pada Keluar
credit : http://hantupedia.com/

Malam satu suro banyak dipercaya oleh kebanyakan orang jawa sebagai malam yang sakral. Hal ini tak sedikit yang menyebabkan malam satu suro menjadi malam yang sangat mistis.

Sebenarnya, malam satu suro itu ya malam tahun baru. Jika dalam kalender masehi, tahun barunya ada di tanggal 1 januari. Kalo dalam islam dikenal sebagai 1 muharram, sedangkan dalam jawa dikenal sebagai 1 suro.

Nah, tahun baru islam dan jawa ini sebenarnya gak jauh berbeda, hanya penyebutannya saja yang beda. Jika kalender islam itu disebut muharram, sementara jawa disebut suro. Dan jatuhnya tahun baru juga berbarengan. Gitu lho maksudnya.

Sebagai orang jawa, malam satu suro itu dikenal dengan aura mistisnya, sampai-sampai dibuatkan film horror di malam satu suro. Bintang utamanya tak asing lagi, sang legenda Suzanna.

Daripada kamu penasaran akan mistisnya malam satu suro, yuk simak aja alasan-alasan mistis di malam satu suro;

1. Jamasan Pusaka

Jamasan Pusaka
credit : https://sabdalangit.wordpress.com/

Bagi sebagaian orang jawa, pada malam satu suro digunakan untuk melakukan jamasan pusaka, ato bisa juga dikatakan memandikan pusaka. Tradisi ini dilakukan dalam rangka merawat atau melestarikan warisan dan kenang-kenangan dari para leluhur. Memandikan pusaka ini tak lepas dari sejarah zaman kerajaan tempo dulu yang melakukan ritual memandikan pusakanya di malam satu suro. Makanya, sekarang ini, ketika malam satu suro datang banyak yang mengatakan “ngumbah gaman” (membersihkan gaman).

2. Nyepi Ato Tapa Mbisu

Nyepi Ato Tapa Mbisu
credit : http://baltyra.com/

Di bulan suro ini, banyak yang melakukan puasa tirakat ato puasa mutih, dan biasanya dilanjutkan dengan melakukan nyepi ato tapa mbisu. Hal ini supaya lebih bisa mengontrol ucapan dan menata hati. Nyepi ato tapa mbisu ini dilakukan di tempat-tempat yang sepi nan sunyi.

3. Arwah Leluhur Pulang Ke Rumah

Arwah Leluhur Pulang Ke Rumah
credit : https://www.okezone.com/

Sebagian masyarakat jawa percaya, pada malam satu suro arwah leluhur pada pulang ke rumah. Banyak diantara mereka yang meyakini, bahwa di malam satu suro, arwah leluhur yang telah meninggal dunia akan kembali dan mendatangi keluarganya di rumah.

4. Benda Pusaka Bermunculan

Benda Pusaka Bermunculan
credit : http://www.magicglowteam.com/

Biar tambah serem lagi nih, setiap malam satu suro datang, banyak banget benda-benda pusaka yang bermunculan, entah itu berupa keris, akik, pedang, dan lain-lain. Ini sih menurut kepercayaan sebagian masyarakat jawa.

5. Makhluk Ghaib Pada Keluar

Makhluk Ghaib Pada Keluar
credit : http://hantupedia.com/

Sebagian masyarakat Indonesia percaya akan adanya pocong, wewe gombel, tuyul, kuntilanak, dan masih banyak lagi. Nah, di malam satu suro ini, sebagian percaya jika makhluk-makhluk ghaib pada keluar berkeliaran menampakkan diri, termasuk juga pocong, kuntilanak, dan saudara-saudaranya. Ini yang menambah malam satu suro tambah serem abis.

Itulah beberapa alasan mengapa malam satu suro dikatakan malam yang penuh dengan hal-hal mistis. Namun, semua kembali pada diri masing-masing.

Setiap daerah di Indonesia ini punya budaya dan tridisi masing-masing. Oleh karenanya, kita tak perlu merendahkan dan menghina satu sama lain atas budaya dan tradisi yang berbeda dari kita.

Indahnya perbedaan, jika kita hidup bisa menerima perbedaan, aka terlihat sebuah keindahan. Karena warna yang indah tak harus sama, perlu pembeda supaya terlihat indah.

Jika alasa-alasan diatas masih belum cukup, kamu bisa tambahi di kolom komentar. Biar sama-sama tahu gitu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.