Maksud Quantum Di Film Ant Man and The Wasp Yang Bikin Penasaran
credit : marvelcinematicuniverse.fandom.com

Di film Ant Man yang kental akan adegan super hero. Ternyata ada yang menarik di film ini, dan itu sering kali disebut sejak menit awal hingga akhir.

“Ah yang bener lu?”

“Bener atuh beb”, inti dari film itu adalah menjemput Janet yang berada di Quantum realm atau alam quantum. Tapi bukan soal jalan cerita filmnya sih yang bikin penasaran, sampai-sampai gak bisa tidur karena kepikiran.

Karena saking penasarannya mengenai Quantum ini, tak bela-belain cari referensi sebanyak mungkin, karena kalo cuma satu, dua referensi gak mudeng-mudeng. Maklum masih menggunakan pentium II.

Teori quantum merupakan cabang dari ilmu fisika yang diambil dari kata ‘quanta’ yang berarti jumlah. Sedangkan dalam ranah fisika, quantum memiliki arti unit energi terkecil yang gak bisa dibagi lagi menjadi bentuk lebih sederhana.

Bingung ya..?

“Sederhananya, Quantum itu lebih kecil dari atom. Itu adalah pengertian paling sederhana dan paling gampang dipahami”.

Sebelum memahami tentang Quantum Realm, sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu Fisika Quantum. Tapi kudu paham dulu teori Fisika klasik dari Isaac Newton.

(Suen Leeek)

Sabar-sabar…!

Dalam teori Fisika klasik menyatakan bahwa unsur terkecil dari benda atau kehidupan adalah molekul, partikel atau atom. Karena jika sebuah benda dibelah terus menerus sampai unsur terkecil maka benda tersebut menjadi molekul atau atom. Teori ini adalah teori lama.

Teori Quantum mulai banyak dibahas oleh para Fisikawan modern pada awal 1900-an, hingga yang termutakhir adalah gagasan-gagasan hebat Stephen Hawking.

Para Fisikawan modern melakukan penelitian dan percobaan ilmiah dengan membelah materi terkecil yaitu atom secara terus menerus dengan alat pemecah atom particle accelerator sampai tak terlihat hingga berubah menjadi energi yang terhalus. Dan selama bisa dilakukan, energi terhalus itu pun diusahakan untuk terus-menerus dibelah hingga akhirnya – seolah – lenyap menghilang. Kayak mbak kunti yang kadang-kadang nongol, kadang-kadang menghilang.

Bisa dikatakan, di level Quantum ini hanya ada ruang hampa alias gak ada benda padat atau berwujud fisik sama sekali.

Kenapa kok bisa gitu?

Lho ya bisa dong, unsur atom aja udah kecil banget, bahkan sebelum muncul teori quantum, atom dianggap materi terkecil. Nah ini quantum lebih kecil dari atom, pasti lah gak ada apa-apa alias hampa.

Tapi bukan berarti gak ada. Quantum itu ada tapi gak bisa dilihat oleh indra penglihatan. Itu adalah vibrasi/gelombang/energi. Karena itu, di dunia quantum gak ada benda padat kecuali ruang hampa yang tidak terikat ruang dan waktu.

Bisa disimpulkan, Quantum lah yang membentuk kehidupan manusia saat ini secara atom dan molekulnya. Karena di Quantum hanya ada gelombang, berlaku hukum ketidakpastian. Maksudnya karena tidak terlihat secara fisik jadi keberadaan Quantum ada dimana-mana dan bisa membentuk atom seperti apa sesuai frekuensi dari gelombang tersebut.

Sejauh ini teori dan mekanika kuantum sudah banyak diaplikasikan. Salah satunya untuk mengidentifikasi kandungan kimiawi dalam suatu campuran. Bahkan bisa juga lho digunakan untuk merancang senyawa baru.

Itu dulu ya geng penjelasan mengenai teori Quantum. Pada intinya, quantum itu lebih kecil dari atom. Kalo seperti itu, nyawa kita ini termasuk golongan quantum apa gak ya? hhhh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.