Kamu Harus Tahu, 7 Hal Ini ‘Haram’ Dilakukan Saat Travelling

0
135
Merusak fasilitas umum
source : youtube.com/Spektakuler Show

Delimun.com – Hampir semua orang pasti suka jalan-jalan atau travelling, mungkin juga termasuk kamu ya. Ketika kamu melakukan travelling ke kota atau negara tertentu yang memiliki banyak keistimewaan, baik itu alamnya, kulinernya, budayanya maupun sejarahnya.

Nah, jika kamu sebagai traveller yang sedang mengunjungi objek wisata di tempat lain, ada hal yang perlu kamu perhatikan, baik itu tindakan maupun ucapan. Warning inilah yang umumnya sebagai panduan dasar sebelum memutuskan untuk travelling. Apa saja? berikut ulasannya:

1. Tak perlu mencela kuliner tradisional

Tak perlu mencela kuliner tradisional
source : bustle.com

Kuliner dan travelling adalah bagaikan pasangan suami istri yang sangat erat hubungannya. Dimana, ketika melakukan travelling hampir dipastikan dibarengi dengan kuliner. Kita tahu, setiap kota atau negara punya makanan khas masing-masing. Hal inilah yang terkadang membuat kita penasaran untuk mencicipinya. Namun tak jarang kuliner di masing-masing kota atau negara terkadang tak sesuai dengan lidah kita. Meski begitu, jangan sekali-kali mencelanya ya. Meski tak suka, simpanlah sendiri dalam hati.

Baca Juga : 6 Makanan Super Pedas Di Dunia Ini Bisa Bikin Bibir Kamu Ndower, Berani Coba!

2. Menghina tempat yang dikunjungi

Menghina tempat yang dikunjungi
source : paigeturner300109.tumblr.com

Travelling tak melulu menyenangkan, adakalanya dimana kamu merasa dikecewakan, tertimpa musibah, maupun tempat yang dikunjungi tak seperti yang diharapkan. Apapun itu, jangan pernah sekali-kali mengejek tempat yang kamu kunjungi. Hal ini nggak hanya menyakiti hati masyarakat setempat, tapi juga bisa menjadi bumerang terhadap diri sendiri.

3. Merusak fasilitas umum

Merusak fasilitas umum
source : youtube.com/Spektakuler Show

Disengaja maupun tak disengaja, apapun alasannya merusak fasilitas umum sangat nggak dibenarkan. Hal ini berlaku untuk dimanapun kamu berada. Terkadang, orang itu terlena untuk melakukan sesuatu, misal mengambil view yang bagus, atau yang lainnya. Oleh karenanya, kita seharusnya berhati-hati ketika melakukan sesuatu.

4. Membuang sampah sembarang

Membuang sampah sembarang
source : hype.idntimes.com

Meskipun di tempat wisata nggak ada tempat sampah, kamu jangan pernah membuangnya sembarangan. Bawalah sampahmu sampai kamu menemukan tempat sampah. Kebiasaan ini bisa kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari supaya kamu terbiasa menjaga kebersihan dan alam kita bebas dari sampah.

Baca Juga : 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia Yang Bikin Detak Jantung Kamu Berdetak

5. Mencorat coret di tempat tujuan

Mencorat coret di tempat tujuan
source : hype.idntimes.com

Iya, aku tahu kalau kamu punya jiwa seniman banget. Tapi nggak harus corat coret di tempat umum dong, termasuk juga tempat wisata. Misalkan di pohon, papan penunjuk, tembok, pagar dan di bangku-bangku tempat wisata. Terlebih lagi corat coretnya dengan kata-kata alay, hadeeh biyunggg….

6. Mengambil sesuatu di tempat wisata

Mengambil sesuatu di tempat wisata
source : hype.idntimes.com

Tindakan ini jangan sekali-kali kamu praktikkan, ini bukan tindakan yang sama sekali tak terpuji, walaupun kamu sangat ingin memilikinya. Buang jauh-jauh tindakan seperti itu. Biarkan dia di tempatnya agar dapat menambah daya tarik di tempat wisata yang kamu kungi itu dan biar tetap lestari.

7. Melanggar adat dan tradisi warga lokal

Melanggar adat dan tradisi warga lokal
source : hype.idntimes.com

Setiap daerah dan negara pasti punya adat dan tradisi masing-masing yang wajib dipatuhi oleh warga masyarakatnya. Sebagai pengunjung di tempat orang lain, kamu juga harus dan wajib menghargai adat dan tradisi warga lokal. Terkadang traveler malah merasa sebagai tamu yang harus dihormati dan dilayani. Toh nggak harus mengikuti, cukup menghargai aja udah cukup kok.

Larangan-larangan diatas sebenernya nggak hanya untuk kegiatan travelling saja, namun juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari. Karena kita ketahui, tindakan dan ucapan kita yang kurang berkenan bisa menimbulkan konflik. Oleh karenanya, kita harus menjaga perilaku kita dan lisan kita untuk selalu berhati-hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.