Haggis
credit : www.scotsman.com

Kalian pasti tahu kan sobat, kalo setiap negara memiliki peraturan yang berbeda-beda. Terkadang peraturan di suatu negara terdengar aneh bin ajaib di telinga kita. Salah satunya adalah aturan di negara digdaya Amerika Serikat.

Daripada kepanjangan mukadimahnya, langsung saja yuk pembahasannya!!!

1. Telur Kejutan

Telur Kejutan
credit : nationalpost.com

Kinder surprise eggs merupakan mainan yang banyak digemari anak-anak seukuran telur ayam. Mainan ini terbungkus coklat pada cangkangnya, dan didalamnya terdapat mainan sebagai kejutan. Pada tahun 1938, Amerika Serikat melarang menjual maupun memproduksi mainan telur ini. Alasan larangan tersebut karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan anak-anak tersedak.

2. Susu Mentah

Susu Mentah
credit : www.suara.com

Selama ini, kita yang tinggal di Indonesia dan beberapa negara lainnya menganggap susu mentah yang habis di perah baik untuk di konsumsi karena masih alami. Lain halnya dengan Amerika Serikat. Negara Paman Sam tersebut melarang konsumsi susu yang dijual tanpa dipasteurisasi atau susu mentah. Menurut Wikipedia, Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikrob pada makanan. Salah satu alasan tidak diperbolehkan menjual dan mengkonsumsi susu ini disebabkan oleh kekhawatiran susu mentah yang mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli, Salmonella, dan Listeria.

3. Minuman Absinthe

Kandungan alkohol pada minuman Absinthe ini berkisar antara 45%-74% yang bisa menyebabkan halusinasi tingkat tinggi. Bahkan banyak orang yang beranggapan bahwa Absinthe dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindak kejahatan. Minuman yang pertama kali dibuat pada 1792 oleh Pierre Ordinaire sempat dilarang di Amerika Serikat pada tahun 1915 dan beberapa negara lainnya. Minuman ini terbuat dari wormwood dan adas serta berbagai jenis herbal yang menghasilkan alkohol secara alami. Saat ini, Absinthe sudah tidak lagi dilarang untuk dikonsumsi.

4. Ephedra

Ephedra

Memiliki tubuh ideal adalah harapan kebanyakan orang. Sehingga mereka rela melakukan berbagai cara diet agar mendapatkan tubuh yang ideal. Ada pil diet yang diklaim paling efektif di dunia menurunkan berat badan. Pil ini dinamakan Ephedra. Namun, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat menyebut, pil ini memiliki efek berbahaya, seperti kerusakan hati, serta berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Pemerintah Amerika Serikat secara resmi melarang produk ini pada tahun 2004.

5. Bola Magnet

Bola Magnet
credit : www.ctvnews.ca

Amerika Serikat melarang permainan Buckyballs Magnets pada tahun 2012 yang dianggap bisa membahayakan bagi anak-anak. Larangan ini sangat beralasan karena Buckyballs Magnets seukuran gotri yang dilapisi magnet sehingga bisa dibentuk sesuka hati. Tentu anak-anak sangat menyukai permainan ini. Namun, perusahaan mainan ini berusaha menjualnya kembali dengan nama yang berbeda untuk menghindari larangan tersebut.

6. Minyak Sassafras

Minyak Sassafras
credit : www.pinterest.at/Michelle Campbell

Dibeberapa negara, Minyak Sassafras digunakan untuk membuat root beer, sabun, dan produk pembersih. Minyak sassafras dianggap memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kanker, muntah, dan kerusakan hati. Mengingat memiliki efek samping berbahaya, Pada tahun 1960, pemerintah Amerika Serikat melarang peredaran Minyak Sassafras.

7. Haggis

Haggis
credit : www.scotsman.com

Hidangan paling terkenal di Skotlandia ini dilarang di Amerika sejak 1971 ketika USDA mengumumkan bahwa makanan yang mengandung paru-paru ternak gak dapat dibuat di AS ataupun diimpor. Sementara, haggis terbuat dari hati dan paru-paru domba, dicampur dengan rempah-rempah, bawang, dan oatmeal. Kemudian dimasukkan ke dalam selubung yang terbuat dari perut domba. Alasan Amerika Serikat melarang mengkonsumsi paru-paru karena para peneliti menganggap mengkonsumsi paru-paru dapat menyebabkan penularan penyakit antar spesies.

Itulah sebagian kecil larangan yang ada di Amerika Serikat. Setiap aturan di berbagai negara memiliki pertimbangan masing-masing yang tak mungkin sama dengan negara lain. Maka dari itu, ambil sisi positifnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.