Presiden Pertama Hingga Ketujuh

Republik Indonesia merdeka dari penjajah pada 17 Agustus 1945. Setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya, Indonesia udah mengalami beberapa pergantian presiden yang memimpin Republik Indonesia. Disini, delimun tertarik membahas perjalanan para pemimpin nomor satu di Indonesia dari presiden pertama hingga presiden ketujuh.

1. Ir. Soekarno adalah presiden pertama di Indonesia

Ir. Soekarno
via id.wikipedia.org

Dr. Ir. H. Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 dengan nama Kusno Sosrodihardjo. Ir. Soekarno menjadi presiden pertama di Indonesia setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari penjajah 17 agustus 1945. Pada 18 Agustus 1945, Sang proklamator ini diangkat menjadi presiden hingga akhirnya digantikan oleh Soeharto pada 12 Maret 1967

2. H. M. Soeharto adalah presiden terlama di Indonesia

H. M. Soeharto
via www.wikiwand.com

Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto menjadi satu-satunya presiden terlama di Indonesia. The Smiling General ini menjabat dalam kurun waktu 31 tahun sejak 12 Maret 1967 hingga 21 Mei 1998 menggantikan presiden pertama Ir. Soekarno.

3. B. J. Habibie adalah presiden tersingkat di Indonesia

B. J. Habibie
via www.wikiwand.com

Menarik, setelah Indonesia punya presiden terlama, gantian Indonesia punya presiden tersingkat ato terpendek masa jabatannya. Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng menjabat sebagai presiden dalam kurun waktu hanya 1 tahun dan 5 bulan sejak dilantik pada 21 Mei 1998 menjabat hingga 20 Oktober 1999. Beliau juga dinobatkan sebagai wakil presiden terpendek di Indonesia dalam kurun waktu 2 bulan dan 7 hari dari 11 Maret 1998  sampai 21 Mei 1998. Selain itu, B. J. Habibie juga satu-satunya presiden Indonesia yang gak punya wakil presiden.

4. Abdurrahman Wahid adalah presiden pertama di Indonesia dari kalangan kyai

Gus Dur
via www.wikiwand.com

Dari kalangan kyai yang pernah menjadi presiden adalah Dr.(H.C.) K. H. Abdurrahman Wahid yang sekaligus presiden pertama di Indonesia dari kalangan kyai. Gus Dur menjadi presiden pada 20 Oktober 1999  sampai 23 Juli 2001 yang merupakan presiden keempat di Indonesia.

5. Megawati Soekarnoputri adalah presiden wanita pertama di Indonesia

Megawati Soekarno Putri
via id.wikipedia.org

Indonesia patut bangga nih karena udah pernah punya presiden wanita. Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri merupakan presiden wanita di Indonesia yang pernah ada. Beliau jadi presiden pada 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004. Dan Megawati merupakan presiden kelima menggantikan Gus Dur yang waktu itu Megawati menjadi wakilnya Gus dur.

6. Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden pertama yang dipilih oleh rakyat secara langsung

Susilo Bambang Yudhoyono
via id.wikipedia.org

Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden ke enam dan menjadi presiden pertama yang dipilih oleh rakyat secara langsung. SBY sendiri pernah menjadi presiden Indonesia dua periode sekaligus,  yaitu pada periode pertama tahun 20014 hingga 2009, dan periode kedua pada tahun 2009 hingga 2014.

7. Joko Widodo adalah presiden pertama yang bukan dari ketua umum partai

Joko Widodo
via politik.rmol.co

Ir. H. Joko Widodo terpilih menjadi presiden Indonesia ketujuh dan mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Terpilihnya Jokowi menjadi presiden, Indonesia bikin sejarah baru. Gimana gak, Jokowi menjadi presiden gak menjabat sebagai ketua umum partai seperti presiden-presiden sebelumnya. Jokowi sendiri diusung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Nah, itu tadi perjalanan presiden Indonesia dari mulai presiden pertama hingga presiden ketujuh. Semoga bisa membantu menambah wawasan kamu ya sobat. Happy reading.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.