Tinju
credit : pixabay.com

Obat paling manjur untuk membakar kalori bukanlah api, melainkan olahraga. Iya kan! Meski ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori, tetep saja olahragalah yang paling juara.

Semua jenis olahraga adalah baik, dan hampir semua olahraga bisa membakar kalori. Namun, cuma ada beberapa jenis olahraga yang diklaim paling efektif membakar kalori.

Apa saja itu, inilah mereka olahraga yang paling efektif membakar kalori;

1. Sepakbola (612 kalori/jam)

Sepakbola
credit : pixabay.com

Olahraga yang satu ini sudah pada hafal semuanya. Bahkan anak baru lahirpun tahu olahraga ini, hahaha. Sepakbola merupakan olahraga paling popular sejagad raya. Para pemainnya juga banyak yang kaya raya. Hebatnya lagi, olahraga yang cuma lari dan nendang bola ini bisa membakar 612 kalori dalam satu jam permainan. Serta para supporternya yang teriak-teriak menyemangati tim kesanyangannya itu mungkin bisa lebih banyak lagi kalori yang terbakar.

2. Rugby (614 kalori/jam)

Rugby
credit : pixabay.com

Olahraga rugby kedengarannya agak asing ya, meskipun kamu tau, agak sulit membedakannya dengan American Football. Tak apalah, pada intinya, rugby bersaudaraan dengan American Football. Dalam permainan rugby, seperti waktu kecil rebutan bola, terus dibawa lari sekencang-kencangnya. Dari situlah, rugby dinyatakan mampu membakar 614 kalori dalam satu jam permainan. Cukup untuk menguras tenaga.

3. Berenang gaya kupu-kupu (680 kalori/jam)

Berenang gaya kupu-kupu
credit : pixabay.com

Berenang adalah olahraga yang paling berkeringat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, sampai-sampai celananya juga ikutan basah. Semua gaya berenang yang popular saat ini bisa melatih banyak otot yang tidak biasa digunakan, serta memaksa jantung dan paru-paru untuk bekerja lebih keras dalam mengedarkan oksigen. Namun, gaya berenang yang paling berhak menduduki podium teratas adalah berenang gaya kupu-kupu. Dalam waktu satu jam bisa membakar 680 kalori. Hal ini karena gaya tersebut yang paling berat untuk dilakukan. Selain harus bertubuh lentur, juga harus memiliki kekuatan lengan yang cukup untuk mendayung maju dan menghirup udara.

4. Berlari Cepat (700 kalori/jam)

Berlari cepat
credit : pixabay.com

Lari adalah olahraga yang paling murah meriah, tapi sangat sulit dilakukan karena terkena penyakit ‘malas’. Lari lebih dikenal sebagai latihan kardio untuk memelihara kesehatan jantung. Selain untuk memelihara kesehatan jantung, lari juga bermanfaat untuk memangkas berat badan. Para pelatih kebugaran telah membuktikan bahwa lari selama satu jam bisa membakar 700 kalori, sehingga lari merupakan salah satu cara paling efisien untuk membakar lemak. Tapi banyak yang malas-malasan, padahal mudah dilakukan gak butuh banyak biaya lagi.

5. Mendayung (740 kalori/jam)

Mendayung
credit : pixabay.com

Para nelayan pasti sudah biasa soal mendayung. Tapi kalau yang belum biasa pasti kesulitan, karena memang sulit, bisa-bisa cuma muter-muter doang kayak kitiran. Kekuatan utama pada olahraga dayung adalah tangan. Oleh karena itu, olahraga mendayung menguatkan otot lengan dan melatih otot bagian atas yang akan banyak menguras tenaga, sehingga olahraga ini dikatakan bisa membakar 740 kalori dalam satu jam.

6. Squash (748 kalori/jam)

Squash
credit : www.washingtoncitypaper.com

Olahraga squash ini masih bersaudara dengan badminton dan tenis, tapi dia tak terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tak apalah, yang penting sekarang kamu sudah tau. Squash biasanya dikenal dengan nama tenis dinding, karena olahraga ini memukul bola ke arah dinding, bukan ke arah lawan. Cara mainnya hampir sama dengan tenis, yaitu satu kali pantulan bola secara bergantian. Olahraga dari Inggris ini dipercaya mampu membakar 748 kalori dalam 1 jam latihan. Pemain squash biasanya akan banyak gerakan mengejar bola, memukul, dan memutar tubuh, yang kesemuanya mampu menguras tenaga. Oleh karena itu, squash begitu diandalkan dalam mengembalikan postur tubuh ideal seseorang. Jika tak ada lawan bermain, kamu bisa main sendirian.

7. Tinju (800 kalori/jam)

Tinju
credit : pixabay.com

Kalau kamu tahu Muhammad Ali atau Mike Tyson, atau paling tidak Crish John tentu kamu tahu olahraga ini. Ya! olahraga tersebut adalah tinju. Tinju atau dalam Bahasa kerennya “boxing” dipercaya mampu nembakar hingga 800 kalori dengan menghabiskan waktu satu jam di sasana tinju. Olahraga tinju dinilai mampu membuat seluruh otot tubuh bekerja. Hal itulah yang mungkin menyebabkan tubuh lebih cepat lelah. Memukul dan bergerak secara konstan juga dinilai mampu mengaktifkan otot inti (core muscle) dan membantu efisiensi kerja jantung. Keuntungan lain yang bisa didapat dari tinju adalah peningkatan daya tahan otot, kelincahan, dan kekuatan. Jadi, cobalah untuk memulai, tapi jangan untuk tawuran.

Dari beberapa olahraga yang delimun sebutkan tadi, olahraga-olahraga lainnya juga baik untuk membakar kalori, misalnya bersepeda 604 kalori/jam, angkat beban 590 kalori/jam, bercinta 200 kalori/jam, mandi 35 kalori/jam, dan olahraga lainnya, tinggal seberapa sungguh-sungguh sobat menjalani pola hidup sehat. Jadi tak perlu melakukan diet ekstrim, sampai-sampai tak makan. Lebih baik puasa dapat pahala, dan juga baik untuk diet.

Ambil yang positif, tinggalkan yang negative. Bawalah hikmahnya, jika sudah dapat ijin dari orang tuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.