Sedlec Ossuary
credit : www.thebohemianblog.com

Travelling menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh tiap orang. Tiap tahunnya, ada tempat-tempat wisata baru yang dibangun, tujuannya supaya menarik minat pengunjung. Kamu bisa memilih objek wisata mana saja yang menarik untuk dikunjungi.

Kali ini, delimun menyajikan informasi seputar tempat wisata di dunia yang tergolong unik menurut delimun.

1. Avanos Hair Museum, Turki

Museum umumnya untuk menyimpan benda-benda bersejarah. Di Turki, ada museum unik yang bernama Avanos Hair Museum. Museum ini menyimpan rambut dari tiap pengunjung yang datang. Disini, tersedia ballpoint, kertas, pin dan gunting buat kamu yang ingin menambahkan potongan rambutmu untuk koleksi. Museum ini bermula dari kisah menyedihkan yang dialami pendiri Avanos Hair Museum, Galip Körükçü. Saat itu, Galip memperoleh seutas rambut tanda perpisahan dari kekasihnya yang pindah ke kota lain. Galip yang kala itu berprofesi sebagai pengrajin gerabah kerap membagikan kisah sedihnya pada setiap pengunjung yang menyambangi studionya. Uniknya, setiap wanita yang mendengar kisah kehilangan Galip dengan sukarela menyerahkan potongan rambut mereka sebab simpati dengan kehilangan yang dialami Galip. Dari sini, Galip mendirikan museum pada tahun 1979 di dalam goa yang kecil dengan tembikar dan rambut yang menempel di dinding-dindingnya.

2. The Corn Palace, Dakota Selatan

The Corn Palace
credit : www.cannalawblog.com

Jagung tak selamanya direbus atau dibakar. Bahkan ada juga sebagai bahan bangunan. Salah satunya ada di Mitchell, Dakota Selatan, Amerika Serikat. Ada sebuah bangunan istana yang disebut sebagai The Corn Palace. Setiap musim semi selama masa panen, seluruh bangunan ini ditutupi dengan hasil panen. Seperti jagung dan gandum yang ditata rapi sepanjang dinding dengan bentuk yang berbeda-beda. Itulah sebabnya mengapa bangunan ini disebut sebagai istana jagung. Istana jagung dibangun pada 1892 sebagai bagian dari enam hari festival pada puncak musim panen. Struktur kayu Kastil yang dipancangkan di tanah merupakan hasil sumbangan penduduk di jalan-jalan utama Mitchell. Sedangkan ide untuk mendesain bagian luar dengan hiasan jagung merupakan wujud syukur masyarakat terhadap kekayaan tanah Dakota Selatan. Serta harapan mereka agar orang-orang betah menetap di wilayah itu. Setiap tahun, seniman lokal mendekorasi ulang Istana dengan bahan-bahan alami berwarna jagung. Para seniman akan memakai 13 warna berbeda dengan nuansa jagung untuk menghias istana.

3. Sedlec Ossuary, Republik Ceko

Sedlec Ossuary
credit : www.thebohemianblog.com

Dari luar, gereja ini seperti gereja-gereja pada umumnya. Namun, ketika masuk ke dalam, kamu jangan kaget karena di dalamnya ngeri-ngeri sedap. Terdapat sekitar 70 ribu tulang dan tengkorak manusia yang dijadikan dekorasi interior di dalam kapel ini. Ada yang dijadikan penghias lampu gantung, pilar gereja bahkan dinding-dinding gereja Sedlec Ossuary tersebut. Semua ini berawal pada tahun 1278, seorang pendeta dikirim oleh Raja Bohemia untuk membawa sebidang tanah suci di Yerusalem dan ditaruh ke wilayahnya. Yang kemudian tanah suci dari Yerusalem ditempatkan pada sebidang tanah lokal, sehingga banyak orang yang ingin dimakamkan di sekitar tanah suci tersebut, sehingga di sekitar tanah suci dari Yerusalem tersebut menjadi area pemakaman. Dua abad kemudian, para penduduk setempat membangun sebuah kapel gereja di area pemakaman tersebut. Pada tahun 1870, seorang pengukir kayu bernama Frantisek Rint merenovasi gereja dan mengekspos sisa-sisa tulang manusia dengan cara artistik yang ia jadikan dekorasi interior di dalam kapel ini.

4. Pulau Boneka, Meksiko

Di Pulau Isla de las Munecas yang terletak di pedalaman Xochimilco Kanal, 17 mil dari kota Meksiko ini seluruh penduduknya diisi oleh boneka-boneka yang menyeramkan. Awalnya, pulau yang terletak di pedalaman Xochimilco Kanal ini dijaga oleh seorang pria bernama Don Julian Santana Barrera yang lahir di La Asuncion, Mexico sejak tahun 1950. Baru beberapa hari tinggal di pulau tersebut, Don melihat tiga gadis kecil bermain air, satu diantaranya tenggelam. Namun, Don Julian tak sempat menyelamatkan nyawa gadis kecil tersebut. Dari tragedi itu, Don Julian terus dihantui oleh arwah gadis yang tenggelam, sehingga membuatnya tak nyaman dan merasa ketakutan. Untuk menenangkan arwah si gadis malang, Don Julian mencari boneka-boneka bekas yang diletakkan bergelantungan di tiap pohon yang ada di pulau ini. Selama 50 tahun ia mengoleksi boneka bekas yang hanyut di sana. Sudah ada ribuan boneka bergelantungan hampir diseluruh pulau ini. Sayangnya, pada tanggal 17 September 2001 silam, Santana pun meninggal karena tenggelam.

5. Dwarf Empire, China

Dwarf Empire
credit : www.globaltimes.cn

Berkunjung ke Dwarf Empire yang berada di Bukit Xishan, pinggiran Kota Kunming, Yunnan, China. Kamu akan terasa seperti di dalam kerajaan kurcaci. Rumah-rumah jamur yang mungil dan unik, yang tinggi rata-rata di bawah 1,3 meter menjadi tempat tinggal manusia kerdil. Setiap harinya, manusia-manusia kerdil di Dwarf Empire akan memberikan pertunjukan bagi wisatawan. Mereka menggunakan kostum yang menunjukkan pekerjaan dan perannya masing-masing. Lucunya, ada yang menggunakan baju ala peri, kaisar, putri, pengusaha, dan lain-lain. Pertunjukan lain seperti ritual unik yang dilakukan oleh kaisar dan permaisuri Dwarf Empire sebelum acara dimulai. Ada juga tarian dan menyanyi yang dilakukan seluruh penduduk Dwarf Empire tiap dua kali sehari, serta pertunjukan-pertunjukan lainnya yang sangat menghibur para wisatawan.

Bagaimana sobat, apakah kalian tertarik berkunjung ke salah satu tempat wisata yang delimun bagikan tadi. Silahkan komen di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.