Inilah 13 Tempat Yang Dianggap Paling Aneh Di Dunia, Nomor Terakhir Yang Paling Fenomenal

0
168
Inilah 13 Tempat Yang Dianggap Paling Aneh Di Dunia, Nomor Terakhir Yang Paling Fenomenal

Delimun.com – Berbicara mengenai dunia tak akan ada habisnya. Terlalu banyak jika ditulis, dan terlalu sulit untuk dipelajari.

Bukan hal yang aneh jika para peneliti dan ilmuwan merasa kesulitan untuk memecahkan keanehan atau keajaiban atau mungkin keunikan dunia ini. Bahkan, hingga kini masih tak terhitung jumlahnya yang belum terpecahkan.

Kendati demikian, sudah bukan rahasia lagi jika dunia ini menyimpan tempat-tempat yang dianggap aneh oleh sebagian besar orang. Keanehan tempat-tempat ini karena tak bisa dicerna oleh pola pikir manusia. Maka wajar, jika 13 tempat ini dianggap paling aneh di dunia;

1. Movile Cave – Constanța County, Rumania

source : liputan6.com

Gua yang dikenal dengan sebutan Movile Cave ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, gua ini dipenuhi bau telur busuk yang menyengat, udara yang beracun, dan dipenuhi dengan hidrogen sulfida dan karbon dioksida yang 100 kali lipat lebih berbahaya. Anehnya, kurang lebih 33 ekosistem disini justru dapat hidup. Para peneliti menyimpulkan bahwa jika ekosistem yang hidup di gua ini karena mampu beradaptasi dengan atmosfer belerang tersebut, bertahan hidup dengan memakan busa dari bebatuan. Gua ini terletak di bagian tenggara Romania yang tak pernah disinari matahari selama hampir lebih dari 5,5, juta tahun. (Sumber : liputan6.com)

2. Sungai Mayantuyacu (Shanay-Timpishka) – Amazon, Peru

source : liputan6.com

Sungai yang memiliki lebar 25 meter dan kedalaman sekitar 6 meter ini udah melegenda di Peru. Pasalnya, sungai ini berisi air yang beracun dan juga mendidih. Sungai yang ditemukan oleh tentara Spanyol untuk mencari emas ini membingungkan para ilmuwan. Teori yang masuk akal untuk menjelaskan sungai Mayantuyacu ini adalah arteri bumi muncul ke permukaan karena adanya panas bumi yang mengalir melalui retakan dan patahan. (Sumber : liputan6.com)

3. Petrifying Well – Knaresborough, Yorkshire Timur, Inggris

Petrifying Well
source : liputan6.com

Cerita legenda orang dikutuk menjadi batu di Indonesia yangsangat fenomenal adalah cerita Malin Kundang. Di Knaresborough, Yorkshire Timur, Inggris benar-benar ada, malah bukan hanya manusia, benda apapun bisa menjadi batu jika terkena tetesan air yang mengalir dari suatu tebing raksasa yang masih menjadi satu aliran dari Sungai Nidd itu. Dari tebing yang menyerupai tembok itu, airnya menetes pelan-pelan, gak ada yang aneh, sampai kamu menaruh suatu barang di sana. Proses perubahan menjadi benda keras itu terjadi setidaknya selama 3 hingga 5 bulan. Disini, pengunjung akan melihat ada topi, boneka beruang, sepeda, serta sepatu ski yang digantung dan telah berubah menjadi batu. (Sumber : liputan6.com)

4. Pamukkale – Turki

source : dream.co.id

Salah satu situs warisan dunia UNESCO di barat daya Turki ini juga terkenal dengan nama ‘Bangunan Kapas’ yang terbentuk dari reruntuhan kota kuno Hierapolis. Pamukkale ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir yang dibangun sejak ribuan tahun. (Sumber : dream.co.id)

5. Danau Khiluk (Spotted Lake) – Kanada

Danau Khiluk (Spotted Lake)
source : liputan6.com

Danau Khiluk atau yang lebih dikenal dengan nama spotted lake ini dulu dianggap suci dan dihormati oleh penduduk asli Lembah Syilx sejak ratusan tahun yang lalu. Fenomena aneh ini terjadi saat musim panas, air danau menguap dan mineral-mineral kecil tertinggal di dalamnya yang menghasilkan warna berbeda di setiap lapisan. Danau unik ini dapat dilihat dari Highway 3, barat laut kota kecil Osoyoos Kanada. (Sumber : liputan6.com)

6. Giant’s Causeway – Irlandia Utara

source : liputan6.com

Tempat ini sudah menjadi situs warisan dunia UNESCO, karena tempat ini memang unik terdapat sekitar 37 ribu kolom poligon yang tersusun sempurna. Poligon-poligon ini terjadi karena adanya letusan gunung api sekitar enam puluh juta tahun yang lalu yang memuntahkan lahar cair. Seiring berjalannya waktu, lahar tersebut menjadi dingin kemudian menjadi padat. Fenomena ini menciptakan kolom-kolom yang bisa dilihat sampai hari ini. (Sumber : liputan6.com)

7. Nazca Lines – Peru

source : dream.co.id

Figur hewan dan bentuk-bentuk geometris yang terukir dengan Nasca kuno di Peru masih menjadi salah satu misteri besar yang belum terpecahkan. Terlihat dari udara, logam-logam tersebut memililki pola teratur sepanjang 200 meter yang masing-masingnya memiliki garis kontiniti tunggal. (Sumber : dream.co.id)

8. Kota Monowi – Amerika Serikat

Kota Monowi
source : idntimes.com

Tak seperti kota pada umumnya yang dihuni banyak orang. Di Monowi, Amerika Serikat justru dihuni hanya seorang saja yang sekaligus berperan sebagai walikota yang memilih dirinya sendiri, membayar pajak dari kantongnya sendiri, serta membuat rencana tahunan sendiri. Sebenarnya, pada 1930-an, Monowi merupakan kota yang ramai dihuni sekitar 150 orang dengan berbagai fasilitas, seperti stasiun KA Elkhorn, toko, restoran, bahkan penjara. Namun, tempat ini mulai sepi sejak masyarakatnya hijrah untuk mencari pengalaman dan karir lebih baik. Sensus tahun 2000, kota ini dihuni dua orang sepasang suami-istri, Rudy dan Elsie Eiler. Namun, pada tahun 2004, Rudy meninggal dunia dan Elsie Eiler sabagai satu-satunya penduduk di Monowi. (Sumber : idntimes.com)

9. Danau Hillier – Australia Barat

source : dream.co.id

Danau yang ditemukan pada tahun 1802 di kepulauan di Australia Barat ini selalu memancarkan warna pink sepanjang tahun. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya kandungan salinitas yang tinggi, serta spesies alga jenis Dunaliella Salina dan bakteri merah muda yang dikenal sebagai halobacteria. Danau ini hanya dipakai untuk sebuah penelitian, pengunjung bisa menikmati danau cantik ini dari atas helikopter. (Sumber : liputan6.com)

10. The Beacon of Marcaibo – Venezuela Barat

The Beacon of Marcaibo
source : liputan6.com

Kilat abadi yang tak pernah berhenti selalu menyambar Sungai Catatumbo di Venezuela Barat yang dimulai dari pukul 19:00 setiap malam. Fenomena unik ini membuat bingung para peneliti, beberapa teori bermunculan, teori yang dianggap masuk akal menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena sesuatu yang berhubungan dengan uranium di batuan dasar. Namun teori ini diragukan. Muncul teori baru, bentuk pegunungan yang mengelilingi sungai itu menimbulkan angin hangat. Sehingga, hembusan angin itu bertabrakan dengan udara dingin dari Andes. Tabrakan tersebut lalu menimbulkan percikan api yang diduga berasal dari ladang minyak tak jauh dari lokasi tersebut. Pada tahun 2010 sambaran kilat sempat berhenti total selama 6 minggu. Setelah itu, kilat tersebut kembali ‘hidup’ dan semakin menggila hingga saat ini. (Sumber : liputan6.com)

11. Danau tengkorak (Danau Roopkund) – Himalaya, India

source : kompas.com

Pada tahun 1942 penjaga hutan di seputar Danau Roopkund, India, yang terletak pada ketinggian 5.029 meter dari permukaan laut di Pegunungan Himalaya, menemukan sesuatu yang unik, yaitu sebuah danau yang berisi kerangka manusia, bahkan ada yang masih terlihat sisa daging dan rambut. Para antropologi kebingungan akan hal ini, ada yang mengatakan bahwa mereka tewas karena akibat hantaman benda bundar di kepala, ada pula yang mengatakan tewas akibat badai yang menghasilkan ribuan bola es, sehingga bola-bola es tersebut menghantam kepala mereka. Ratusan kerangka itu terbagi dalam dua kelompok, yaitu orang dekat dalam satu keluarga, satu suku, dan sejumlah kelompok penduduk lokal yang lebih kecil. Kerangka ini ditemukan dengan cincin, tombak, sepatu kulit, dan kayu. (Sumber : kompas.com)

12. Lava Biru Kawah Ijen, Indonesia

source : liputan6.com

Tempat yang dianggap aneh juga terjadi di Indonesia, yaitu Kawah Ijen di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen ini memiliki lava berwarna biru terang dengan asap putih yang menggumpal. Menurut seorang ahli, terjadinya lava biru karena hidrogen klorida yang dilepaskan gunung bercampur dengan air danau. Gas belerang berubah menjadi biru saat terkena udara pada suhu si atas 360 derajat Celcius. Hidrogen klorida dari gas sulfur tersulut yang mengalir di sisi gunung.Gas itu berasal dari retakan gunung berapi serta dilepaskan pada tekanan tinggi dengan suhu sampai 600 derajat celcius. (Sumber : liputan6.com)

13. Segitigia Bermuda – Samudera Atlantik Utara

source : grid.id

Bukan asing lagi dengan nama segitiga bermuda, wilayah seluas 500.000 mil persegi ini sangat kental dengan mitos dan misteri yang belum terpecahkan hingga kini. Segitiga ini juga dijuluki segitiga paling mematikan, banyak kapal dan pesawat hilang tanpa jejak dan membuat bingung para ilmuwan. (Sumber : dream.co.id)

Bukan tak mungkin, masih ada banyak sekali tempat-tempat yang aneh di dunia ini. Tiga belas tempat-tempat aneh yang kami rangkum ini sebagai bukti bahwa di dunia menyimpan banyak misteri.

Kita sebagai manusia tak perlu menyombongkan diri, karena ternyata, sehebat-hebatnya manusia masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.