Ini Dia Sang Penemu Video Game Pertama di Dunia

0
538
Ini Dia Sang Penemu Video Game Pertama di Dunia
source: www.npr.org

Game banyak digemari mulai dari anak-anak hingga dewasa. Game yang mudah dimainkan maupun yang sulit sekalipun. Banyak ratusan bahkan mungkin sampai jutaan game yang tersebar di seluruh dunia yang bisa dimainkan melalui komputer maupun perangkat smartphone kamu.

Kepopulerannya game yang mampu menghibur para penggemarnya, mungkin kamu pernah bertanya-tanya siapa penemu game pertama kali, dalam hal ini adalah video game atau game konsol.

Diketahui bahwa penemuan video game pertama kali diberi nama Brown Box dan dipatenkan pada 1968. Paten ini masih tercatat sebagai video game pertama di dunia. Selanjutnya, paten temuan video game ini dilisensi oleh Magnavox Oddysey yang sekaligus sebagai game konsol pertama di dunia pada 1972.

Lalu siapakah sang penemu game ini?

Dia adalah Ralph H. Baer, seorang warga Jerman yang tinggal di Amerika Serikat yang lahir pada 8 Maret 1922. Ralph merupakan seorang insinyur televisi yang saat itu masih jarang di Amerika Serikat. Ralph H. Baer pun menciptakan sebuah permainan di televisi pada 1966 di perusahaan bernama Sanders. Dengan penemuannya tersebut, Ralph mendapat julukan sebagai pemulai di era industri video games.

Setelah mendapat lisensi pada 1972. Tak berselang lama, Ralp H. Baer juga menemukan kontrol pistol untuk video game yang bisa dimainkan oleh gamer di televisi. Penemuan itu juga merupakan yang pertama di dunia dan digunakan di Magnavox Oddysey. Ralph Baer tetap bekerja di Sanders hingga pensiun pada 1987.

Sejak 1983, Baer bersama beberapa temannya menciptakan beberapa peralatan permainan yang di bawah perusahan MicroPROS Technology Solutions. Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE.

 Atas dedikasinya tersebut, Ralph mendapatkan penghargaan National Medal of Technology dari Presiden Amerika Serikat saat itu, George W. Bush pada 13 Februari 2006.

Pada 6 Desember 2014 dilaporkan Ralph H. Baer meninggal dunia. Ia meninggal di usia 92 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.