Sepak Bola
via pixabay.com

Perdebatan mengenai olahraga paling populer dan paling banyak ditonton di dunia udah lama terjadi, tapi banyak perselisihan dan gak setuju jika olahraga yang dicintai gak masuk ato kalah dari olahraga lain. Hal ini yang bikin bingung untuk menentukan olahraga mana yang paling populer. Sebagaimana yang dilansir www.wonderslist.com, 10 olahraga yang paling populer di dunia berdasarkan beberapa faktor seperti berikut, pemirsa TV, stabilitas sistem olahraga, pendapatan yang dihasilkannya, dukungan dan iklan, kehadiran media sosial dll.

10. American Football

Basketball
via pixabay.com

American Football menjadi salah satu olahraga terfavorit di dunia, olahraga yang sangat digemari di Amerika Serikat ini punya penggemar kurang lebih 400 juta dan mendapatkan penghasilan $ 10 miliar per tahun, ato setara Rp 133 triliun per tahun.

9. Bola Basket

Bola Basket
via pixabay.com

Olahraga bola basket juga gak kalah kepopulerannya. Olahraga yang menjadi idaman di masa SMA ini punya penggemar sekitar 400 juta, dan gaji para pemainnya rata-rata $ 4,4 juta per tahun ato setara Rp 58 miliar per tahun. Pemain bintang seperti Kobe Bryant mendapatkan gaji hampir $ 25 juta per tahun, setara dengan 333 miliar per tahun.

8. Golf

Golf
via pixabay.com

Golf dikenal olahraganya orang-orang elit. Entah apa penyebabnya, yang jelas pemain golf rata-rata orang elit. Meskipun begitu, olahraga ini punya 450 juta penggemar di seluruh dunia.

7. Bisbol

Bisbol
via pixabay.com

Mungkin di Indonesia olahraga bisbol sepi peminatnya, tapi di Jepang dan Amerika Serikat, bisbol menjadi salah satu olahraga favorit, kedua negara ini juga punya liga terbesar di dunia yaitu Liga Nippon dan MLB, bahkan banyak yang memilih untuk mengejar karir di bisbol sejak kecil.

6. Tenis Meja

Tenis Meja
via pixabay.com

Tenis Meja adalah satu olahraga yang irit tempat, cukup sediakan meja sebagai lapangannya. Walopun kecil lapangannya, tapi besar penggemarnya. Tenis Meja punya penggemar sekitar 850 juta penggemar di seluruh dunia.

5. Bola Voli

Bola Voli
via pixabay.com

Olahraga sederhana, dan banyak dimainkan di kampung-kampung waktu sore hari. Wajar aja jika olahraga bola voli sangat populer, terutama di negara-negara seperti Turki, Korea, Polandia, Brazil, Italia, Perancis, dan negara-negara Eropa dan Afrika lainnya, termasuk juga Indonesia. Bola voli ini punya penggemar di seluruh dunia sekitar 900 juta dan lebih dari 200 federasi nasional yang terdaftar.

4. Tenis

Tenis
via pixabay.com

Olahraga tenis punya penggemar sekitar 1 miliar penggemar dari seluruh dunia. Sementara Kompetisi terbesar dari tenis adalah grand slam. Olahraga ini kalo di Indonesia juga dikenal dengan sebutan tenis lantai. Cara mainnya gak jauh beda dengan tenis meja.

3. Hoki

Hoki
via pixabay.com

Hoki punya penggemar sekitar 2 miliar orang, mayoritas dari Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Maklum, jika olahraga ini menduduki posisi ketiga sebagai olahraga paling populer di dunia. Di Pakistan, Hoki menjadi olahraga nasional dan paling populer di kawasan Asia Selatan yang mencakup negara-negara seperti India, Pakistan, China, dan Malaysia.

2. Kriket

Kriket
via pixabay.com

Mungkin kamu gak menyadari kalo olahraga kriket menduduki posisi kedua sebagai olahraga paling populer di dunia. Australia, Asia Selatan, Afrika Selatan, dan Inggris adalah tempat di mana kriket paling banyak dimainkan. Dan kriket juga olahraga yang paling banyak ditonton di dunia setelah final Piala Dunia FIFA dan Spanyol el-Classico, terutama dari Pakistan dan India. Dari seluruh dunia, penggemar kriket sekitar 2,5 miliar orang.

1. Sepak Bola

Sepak Bola
via pixabay.com

Sepertinya semua orang setuju kalo sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia daripada olahraga-olahraga lainnya. Sepak bola punya fans 4 miliar orang dari setiap benua. Termasuk Indonesia, sepak bola menjadi olahraga yang paling digemari.

Itu beberapa olahraga paling populer di dunia. Kira-kira kalo kamu olahraga apa yang paling kamu gemari?,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.