Dalam dunia blogging, kita udah sangat mengenal dengan namanya google adsense. Yups, google adsense merupakan jasa periklanan yang membayar para blogger yang udah menjadi mitranya. Google adsense merupakan impian besar para blogger agar diterima menjadi mitranya. Namun, itu bukan perkara gampang agar tergabung menjadi mitranya.

Sebagai perusahaan jasa periklanan terbesar di dunia, google adsense mampu melihat peluang dan bertambah kreatif dalam pelayanannya agar gak saling dirugikan antara pengiklan, mitra adsense dan tentu pihak google sendiri. Kita tahu, perkembangan teknologi semakin pesat, hal inilah menjadi tuntutan para perusahaan untuk mencurahkan ide kreatifnya agar gak terlempar dalam persaingan termasuk google sendiri dalam hal ini google adsense.

Google adsense kembali membuat terobosan menakjubkan dengan menambahkan page level ads pada tampilan google adsense. Yah, page level ads adalah terobosan baru bagi google ads dengan tujuan agar para mitra adsense penghasilannya bertambah.

Baca Juga: Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima Yang Penuh Misteri

Satu alasan google membuat terobosan dengan membuat page level ads karena dewasa ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan smartphone. Dengan hadirnya smartphone inilah akhirnya google berfikir membuat ruang iklan yang mobile friendly. Dengan hadirnya iklan mobile friendly ini diharapkan pengguna dapat melihat maupun mengklik iklan yang tampil.

Pada iklan page level ads sangat berbeda dengan unit iklan yang ada pada google adsense. Page level ads ini gak tampil tiap waktu melainkan akan tampil secara otomatis sesuai pendapat google jika performanya bagus. Saat ini ada tiga macam jenis page level ads yaitu:

Iklan QuickStart

Iklan ini bisa tampil di desktop maupun seluler yang akan disematkan di halaman secara otomatis. Iklan ini secara otomatis ditampilkan jika google berpendapat kalo performanya bagus. Iklan QuickStart biasanya muncul di footer, header, dan bahkan mungkin pop up.

Iklan anchor/overlay

Iklan ini khusus di seluler kelas atas (android dan IOS). Iklan ini sama dengan Iklan QuickStart yaitu gak mucul tiap kali buka website, melainkan akan muncul jika pendapat google performanya bagus. Biasanya, iklan anchor ini muncul di footer smartphone jika website dibuka.

Iklan Vinyet

Iklan ini juga khusus tampil di seluler kelas atas (android dan IOS) yang akan muncul memenuhi layar seluler ketika membuka website di antara pemuatan halaman di situs dan dapat ditutup dengan mudah oleh pengguna. Maksudnya adalah, ketika pengguna mungkin membuka kategori maupun postingan akan muncul iklan vinyet sebelum diarahkan ke halaman yang kamu buka. Iklan ini juga sama yaitu gak muncul tiap kali buka website.

Baca Juga: Satu Hosting Untuk Satu Domain, Atau Satu Hosting Untuk Banyak Domain? Berikut Jawabannya

Keberadaan page level ads ini berada di menu my ads => content => page-level ads. Disitu tersedia tiga pilihan seperti diatas dengan mengaktifkan terlebih dahulu tombolĀ  disisih masing-masing tipe iklan agar menjadi biru, atau dengan menggeser ke kanan.

Dan setelah itu langkah yang harus dilakukan untuk semua mitra adsense adalah copy code iklan page level ads ke tag <head> atau dibagian atas <body> yang letaknya biasanya di bagian header.php. seperti contoh berikut:

Jika kode ditaruh di tag <head>

<html>
<head>
<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-123456789",
enable_page_level_ads: true
});
</script>

Ini adalah bagian atas laman Anda.
<title>Contoh laman HTML</title>
</head>
<body>
Ini adalah bagian isi laman Anda.
</body>
</html>

Ini kalo kode ditaruh dibagian isi ato <body>

<html>
<head>
Ini adalah bagian atas laman Anda
<title>Contoh laman HTML</title>
</head>
<body>
<script async src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-123456789",
enable_page_level_ads: true
});
</script>

Ini adalah bagian isi laman Anda.
</body>
</html>

Setiap mitra adsense gak perlu mengubah kode yang diberikan oleh pihak adsense. Karena pada dasarnya kode iklan ini sama untuk setiap halaman dan situs. Cukup salin kodenya dibagian bawah iklan tingkat halaman ato page-level ads

Setelah menyalin code ke tag <head>, langkah yang perlu dilakukan adalah test iklan dengan cara buka website kamu dan ditambah #googleads, misal; www.delimun.com/#googleads. Biasanya dalam percobaan akan muncul pesan berikut;

Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, sejatinya iklan udah bekerja dengan baik. Yang perlu diingat adalah page level ads gak didukung oleh semua browser dan seluler mode landscape. Mungkin kedepannya google akan melakukan hal yang baru lagi yang menguntungkan bagi para mitra adsense.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.