Fakta Terpilihnya Bendera Indonesia Merah Putih

Sebagai warga negara Indonesia, kita pasti sangat mengenal warna bendera kita yang terdiri dari dua warna ato dengan kata lain dwiwarna, yang terdiri dari merah dan putih.

Terpilihnya bendera Indonesia dengan warna merah dan putih dimulai sejak 6.000 tahun sebelum proklamasi. Yang mana nenek moyang bangsa Indonesia sejak enam millennium yang lalu telah melakukan pemujaan terhadap bulan dan matahari. Adapun, matahari melambangkan warna merah, sedangkan bulan melambangkan warna putih.

Sementara, bukti lain mengenai cikal bakal munculnya merah putih adalah ukiran pada dinding Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-9. Ukiran tersebut menggambarkan tiga orang orang hulubalang membawa umbul-umbul berwarna gelap dan terang. Tak cuma itu, catatan lain di sekitar Borobudur juga sering menyebut bunga tanjung mabang (merah) dan tunjung maputeh (putih).

Terpilihnya warna merah dan putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia yang cukup terkenal adalah dimulai pada kerajaan Majapahit pada Abad ke-13 yang menjadi warna panji-panji prajurit Kerajaan Majapahit kala itu. Desain bendera Majapahit itu sendiri terdiri dari sembilan garis berwarna merah dan putih yang tersusun selang-seling atau bergantian. Merah putih ini juga punya makna filosofi pada penamaan pasukan Kerajaan Majapahit yang dinamakan Prajurit Gula Kelapa. Gula Kelapa itu berwarna merah dan terbuat dari sari buah kelapa yang berwarna putih. Selain itu, prajurit Majapahit ada juga yang menyebutnya sebagai Prajurit Getih-Getah yang bermakna Getih (darah) berwarna merah dan Getah berwarna putih.

sumber: www.boombastis.com, kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.