Fakta Air mata Yang Pasti Bikin Kamu Takjub

0
136
Fakta Air mata Yang Pasti Bikin Kamu Takjub
credit: www.the-pool.com

Baik dikala kamu menangis, disaat kepedesan, ato mungkin terkena angin, terkadang air mata itu keluar dengan sendirinya. Yang jelas disini bukan air mata buaya ya…!!!

Kamu mungkin cuek aja soal air mata yang keluar dari mata kamu, karena gak terlalu penting untuk dimengerti. Yang terpenting, air mata itu keluarnya dari mata bukan dari hidung.

Nah, meski hanya sebatas air, ternyata air mata itu punya banyak manfaat lho. Selain sebagai pelumas dan pembersih kotoran yang ada di mata, air mata juga dapat memperjelas pembentukan ‘gambar’ yang dibentuk di retina.

Di dalam air mata terkandung ACTH (Adrenocorticotrophic), yaitu zat kimia yang merangsang pembentukan hormon kortisol/hormone penyebab stres. Makanya, seringkali kalo habis nangis terasa lebih lega.

Air mata sendiri terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, air, dan mukus. Lapisan air mengandung elektrolit (seperti natrium dan kalium), protein (paling banyak dalam bentuk enzim), glukosa, dan zat lain. Sedangkan lapisan minyak terluar berfungsi untuk memperlambat penguapan. Sementara lapisan mukus adalah bahan yang membuat air mata kita terasa lengket, tidak seperti air biasa. Tetapi, komposisi spesifik dari air mata dapat berubah dari hari ke hari tergantung pada kesehatan dan kondisi kita.

Sumber: grid.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.