Ordo Militer Berdaulat Malta
credit : http://hargo.co.id/

Saat ini, negara di seluruh dunia ada sekitar 195 negara berdaulat menurut PBB. Namun, jika termasuk negara De Facto Sovereign State (negara berdaulat de facto), maka total negara di dunia sekitar 204 negara.

Saking banyaknya negara di dunia ini, tentu ada beberapa negara yang jarang dan bahkan asing kita ketahui keberadaannya, meski negara tersebut sudah berdaulat dan diakui oleh PBB.

Nah, berikut ini, delimun menyajikan negara-negara misterius yang jarang diketahui banyak orang.

1. Republik Demokratik Sahara Arab

Republik Demokratik Sahara Arab
credit : http://english.alarabiya.net/

Negara ini terletak di bagian barat gurun Sahara yang telah memproklamasikan kemerdekaan mereka pada tanggal 27 Februari 1976. Negara ini sering dianggap misterius, karena selain keberadaannya yang jarang diketahui orang, Republik Demokratik Sahara Arab ini juga masih terlibat sengketa penguasaan lahan dengan Maroko. Sampai saat ini, negara Republik Demokratik Sahara diperkirakan hanya memiliki otoritas penuh atas wilayah 20% saja, Sedangkan 80% lainya masih dikuasai oleh Maroko.

2. Comoros

Comoros
credit : https://www.iexplore.com/

Pernahkah kamu mendengar nama negara Comoros? Kedengarannya asing bukan. Comoros merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Hindia. Negara ini terletak di antara Mozambik dan Madagascar. Yang perlu kamu ketahui adalah, Comoros merupakan negara penghasil vanila terbesar.

3. Ordo Militer Berdaulat Malta

Ordo Militer Berdaulat Malta
credit : http://hargo.co.id/

Percaya atau tidak, Negara ini merupakan Negara yang amburadul, karena tak memiliki wilayah teritorial yang jelas. Uniknya, mereka punya atribut kenegaraan yang lumayan lengkap, diakui PBB, memiliki hubungan diplomatik dengan negara-negara lain, dan juga punya paspor sendiri. Kisah ini diawali oleh sekelompok kesatria Katolik yang menemukan sebuah pulau Malta. Lalu tak lama kemudian Napoleon menginvasi Malta dan mengusir semua penduduknya. Kemudian mereka berdiri sendiri di tanah Malta. Perlu diingat jika Ordo Militer Berdaulat Malta berbeda dengan Malta.

4. Abkhazia

Abkhazia
credit : http://eurasia.travel/

Meski memiliki sejarah yang panjang, Negara bernama Abkhazia jarang terdegar, dan bahkan hampir tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Sebenarnya, Negara ini sudah berdiri sejak tahun 1.008 yang awalnya berbentuk sebuah kerajaan. Namun, menyusul runtuhnya Uni Soviet, Abkhazia memutuskan untuk memisahkan diri dari kesatuan Georgia. Sehingga, Georgia mengirimkan anggota perangnya untuk menaklukan Abkhazia pada tahun 1992, karena tak ingin salah satu wilayah kekuasaanya lepas dari genggaman nya.

5. Seborga

Seborga
credit : https://internasional.kompas.com/

Meski sebagai negara yang mungil, Seborga merupakan salah satu negara tertua di Eropa. Negara yang berada di wilayah puncak bukit ini didirikan pada tahun 954 Masehi, yang awalnya merupakan sebuah kota suci bagi Kekaisaran Romawi. Sejak runtuhnya Kekaisaran Roma pada tahun 1806, hingga Italia yang pada akhirnya secara resmi menjadi sebuah negara pada abad ke 19, Sejak itu pula Seborga menjadi sebuah negara yang berdiri sendiri dan berada di wilayah daratan Italia yang masih bertahan hingga saat ini.

6. Transnistria

Transnistria
credit : http://transnistria.anton-polyakov.com/

Negara Transnistria ini terletak di sepanjang tepi timur Moldova yang telah merdeka sejak tahun 1990. Yang menjadi unik dari negara ini adalah, tak memiliki tentara dan hanya mengandalkan keamanan negaranya dari bantuan Rusia. Transnistria juga mempertahankan gaya klasik masa perang dingin masa dulu. Hal ini semakin kuat, karena Transnistria masih menggunakan mata uang, paspor dan temasuk juga sistem pemerintahan ala Uni Soviet.

7. Vanuatu

Vanuatu
credit : https://www.beautifulworld.com/

Vanuatu adalah sebuah negara republik yang berada di Samudera Pasifik Selatan, tepatnya di sebelah timur Australia. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Oh iya, ada yang paling unik dari Negara ini. Salah satu suku bernama Kastom yang tinggal di Desa Yaohnanen di Pulau Tanna, Mereka memuja Pangeran Philip, suami dari ratu Inggris. Bahkan mereka menganggap Pangeran Philip sebagai salah satu dari keturunan dewa mereka.

Itu tadi beberapa negara misterius yang jarang di ketahui versi delimun. Dari daftar negara-negara misterius tadi, pastinya masih ada yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.