addon-domains

Walaupun sebelumnya kamu udah punya domain sendiri, tapi rasanya masih kurang dan pengen beli domain lagi. Boleh-boleh aja sih. Saat udah mau beli. Eh, ternyata malah bingung bagai buah simalakama. Bingung bukan karena beli domainnya tapi masalah nanti domain baru ditaruh dalam satu hosting ato dibeliin sendiri.

Sulit ya mutusinnya. Begini, sebelum nanti ngebahas nambahin domain dalam satu hosting, ada baiknya jika kamu pikirkan sebelum mengambil keputusan. Jangan malah mengambil keputusan dulu baru dipikirkan.

[rpi]

Kelebihan nambah domain (addon domains) dalam satu hosting yaitu kamu gak perlu lagi beli hosting, jadi cukup beli domain aja lebih murah paling cuma 100 ribuan, hostingnya ngompreng di domain lama, itu sah-sah aja. Masalahnya, jika hosting kamu lagi down, ato bandwithnya abis, parahnya lagi jika hosting di hack orang, semua yang ada dalam satu hosting yang sama akan kena dampaknya. Dan ditambah lagi boros di disk space.

Pilihan tergantung pada kamu sendiri. Semunya ada sisi positif dan negatif nya.

Ok deh, diatas cuma mukadimah. Kalo kamu bener-bener mutusin nambah domain dalam satu hosting, berikut caranya. Tapi jangan bingung lho ya, karena setiap tampilan di cpanel berbeda-beda. Namun pada intinya sama.

1. Pastikan kamu udah login ke cpanel kamu

cpanel
via www.delimun.com 

2. Sebelum kamu nambah domain, lihat dulu di cpanel kamu, bisa buat nambah domain ato gak. Misal, jika di addon domains terdapat “0 / 0” itu tandanya gak bisa ditambahin, kamu kudu upgrade lagi. Jika “0 / 1” ato “0 / ∞” itu tandanya bisa buat addon domains. 1 dan ∞ adalah kapasitas addon domains. Kalo cuma 1 artinya cuma bisa buat nambah 1 domain baru aja.

3. Kalo udah, lihat folder Domains => Addon Domains. Kamu klik Addon Domains.

lihat dulu di cpanel
via www.delimun.com

4. Selanjutnya akan masuk ke Create An Addon Domain. Nah, disitu ada kolom-kolom. Kamu isi kolom pertama aja yang ada tulisan New Domain Name. Dan kolom lainnya akan terisi otomatis. Saat menambahkan nama domain harus ditambahin (.com / .net / .org).

5. Yang ada tulisan Create an FTP account associated with this Addon Domain. Kamu centang / checklist ato gak terserah kamu aja, karen itu hukumnya mubah. Dan kalo gak ada yang seperti gambar gak perlu bingung, cuekin aja.

6. Jika di kolom tertera password, kamu tulis aja passwordnya. Itu fungsinya untuk login cpanel domain yang kamu tambahin. Kalo gak ada kolom password ya gak usah kamu cari. Langsung aja klik Add Domain.

Create An Addon Domain
via www.delimun.com

7. Addon Domain kamu udah jadi, tinggal instal cms kamu, entah itu kamu pake wordpress, joomla, blogspot, semua terserah kamu.

Notes:

Domain yang barusan kamu tambahin, letaknya ada di public_html dengan tulisan sama dengan nama domain kamu. Misal; contoh.com di public_html juga sama berupa folder dengan tulisan contoh.com. Makanya, fungsi dari kolom Document Root dikosongin itu nanti buat meletakkan folder domain baru kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.