James Cameron
credit : http://fortune.com

Pendidikan menjadi peran penting untuk kesuksesan seseorang. Karena itu banyak yang berlomba-lomba menempuh pendidikan setinggi mungkin. Tapi rupanya hal itu tak selamanya benar, ada beberapa orang yang justru bisa sukses walau mereka hanya berpendidikan rendah.

1. Bill Gates

Bill Gates
credit : http://time.com

Tahu kan siapa itu Bill Gates? Dia itu penemu perangkat lunak Microsoft yang banyak menghiasi di komputer-komputer yang kamu gunakan itu. Bill Gates saat ini menjadi orang paling tajir di dunia dengan nilai kekayaan 100,6 miliar atau sekitar Rp 1.400 triliun. Padahal Bill Gates hanyalah seorang yang drop out dari Harvard.

2. Steve Jobs

Steve Jobs
credit : http://time.com

Jika kamu pengguna setia Apple, tentu kamu tahu orang dibalik Apple ini. Dia adalah Steve Jobs yang drop Out dari Reed College karena biaya kuliah yang tinggi. Keputusannya keluar dari kuliah justru memantik semangatnya mendirikan perusahaan Apple bersama temannya hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

3. Larry Ellison

Larry Ellison
credit : www.investopedia.com

Larry Ellison adalah co-founder dan CEO Oracle Corporation, perusahaan perangkat lunak terbesar kedua di dunia. Kini ia masuk orang terkaya ke-5 di dunia dengan kekayaan bersih USD43 miliar, walau sebelumnya Ia dua kali drop out dari University of Illinois dan University of Chicago.

4. Richard Branson

Richard Branson
credit : www.wsj.com

Richard Branson adalah orang yang mengalami disleksia (kesulitan membaca) dan pernah di-drop out dari Stowe School. Meski begitu, ia berhasil membawahi lebih dari 400 perusahaan di seluruh dunia. Mulai dari penerbangan hingga rekaman. Pengalaman drop out bukan akhir segalanya bagi Richard. Ia memutuskan mendirikan toko rekaman bernama Virgin Record hingga akhirnya memiliki 400 perusahaan saat ini.

5. James Cameron

James Cameron
credit : http://fortune.com

James Cameron adalah sutradara, produser dan editor film Hollywood. Ia dikenal sebagai sutradara paling sukses di dunia. Cameron drop out dari Fullerton College. Di bidang film, dirinya telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi mulai dari film terbaik, pengeditan film dan sutradara terbaik plus memiliki kekayaan bersih USD 900 juta.

6. Vidal Sassoon

Vidal Sassoon
credit : www.nytimes.com

Saat ini, potongan gaya rambut banyak sekali modelnya. Tapi mungkin kamu belum mendegar sang maestro potong rambut. Ia adalah Vidal Sassoon. Masa kecilnya dihabiskan di panti asuhan dan baru bertemu ibunya di usia 11 tahun. Dan pada usia 14 tahun harus berhenti sekolah. Ia adalah penata rambut mengikuti gaya ‘bob’ lima titik, yaitu potongan geometris yang amat teliti seperti model Grace Coddington pada era 1960-an dan menjadi salah satu penata rambut yang paling dicari pada zaman itu dan bahkan dibayar $ 5.000.

7. Francois Pinault

Francois Pinault
credit : www.pulse.ng

Gucci adalah merk yang istimewa, dan itu patut diacungi jempol. Orang dibalik Gucci ini memiliki kisah perjalanan panjang yang patut jadi motivasi. Dia adalah Francois Pinault. Dia terlahir dari keluarga yang serba kekurangan, hingga terpaksa putus kuliah karena kehabisan biaya. Tapi dia pantang menyerah menghadapi kenyataan. Dia bekerja diberbagai tempat untuk berusaha mengumpulkan uang. Hingga akhirnya berhasil mendirikan perusahaan bernama Pinault-Printemps-Redoute (PPR). Melalui perusahaannya tersebut, Francois membeli saham perusahaan-perusahaan yang memproduksi merk-merk mewah, seperti Gucci dan Balenciaga.

Kesuksesan seseorang bisa diraih dengan cara sejuta jalan yang tersedia. Bukan berarti hal itu pendidikan tak penting. Karena pondasi kecerdasaan seseorang ada pada pendidikan. Dan yang perlu kamu ingat, suksesnya seseorang adalah bagaimana kamu mengukur kesuksesan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.