Toilet Di Atas Tebing
credit : https://www.facebook.com/UltimateKilimanjaro

Sebuah tempat atau bangunan terbilang unik karena hal tersebut tidak berada di tempat pada umumnya. Beberapa alasan, mengapa bangunan ada di tempat yang tidak biasa, ada yang memang senagaja di bangun untuk menarik perhatian, ada pula karena terjadi pembangunan proyek atau pengembang, dan terjadi karena tidak di sengaja.

Berikut ini, delimun merangkum beberapa bangunan unik yang berada di tempat tidak biasa.

1. Rumah Jomblo

rumah jomblo
credit : www.pegipegi.com

Ternyata ya sobat, yang jomblo gak hanya manusia aja, rumah pun juga bisa jomblo. Rumah jomblo ini mendadak viral dijagat maya karena di tempat yang tak biasa. Rumah ini sendirian diatas gundukan tanah yang tinggi. Tak ada yang istimewa dari segi bangunananya. layaknya rumah orang miskin pada umumnya. Rumah ini terletak diatas gundukan tanah merah di tengah area sebuah perumahan di kawasan Kesatrian Secaba dan Dodiklatpur di Jalan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pemandangan rumah tersebut memang sangat berbeda, kontras sekali dengan perumahan di sekelilingnya sehingga kerap menjadi perhatian pengunjung. Awalnya, rumah ini berdiri sejak 2008 sebagai tempat peristirahatan tukang yang menggali tanah sekitar untuk dijadikan perumahan. Dan, pada akhir Oktober 2017 sempat roboh tersapu angin puting beliung. Untungnya, tak lama kemudian, pihak pengelolah perumahan membangun kembali yang bangunannya dibuat mirip dari sebelumnya. Material kayunya juga dipilih yang lebih kuat agar ikon Banjarbaru ini semakin kokoh. Rumah Jomblo amat mudah ditemukan, karena terletak tak jauh dari jalan raya di kecamatan Cempaka. Tempat ini terletak tepat di belakang komplek perumahan Perum Graha Praja Idaman.

2. Hotel Gantung Di Bukit

Hotel Gantung Di Bukit
credit : travel.kompas.com

Menginap di hotel pinggir laut, atau mungkin di perkotaan, itu mah udah biasa. Cari yang luar biasa biar tambah seru. Cobalah menginap di hotel gantung Padjajaran Anyar di Tebing Parang, Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat. Sebelum bisa menikmati hotel gantung ini, kamu perlu berjuang terlebih dahulu memanjat tebing setinggi 500 meter. Alat pengaman seperti halnya helm, harnes, dan tali temali lainnya sebagai penunjang keamanan saat panjat tebing. Meski berada diatas tebing, fasilitas di hotel ini cukup mewah lho, seperti colokan listrik, pendingin ruangan, empat kasur single bed, bantal, selimut, lampu, televisi, meja makan, handy talkie, air mineral galon, wastafel, microwave, dan toilet portable. Namun, untuk mandi, kayaknya kamu perlu bersabar dulu deh sampai turun ke bawah.

3. Rumah di tengah Jalan

Rumah di tengah Jalan
credit : https://properti.kompas.com/

Rumah di tengah jalan raya, bukan merupakan pemandangan umum. Di distrik Songjiang di pinggiran kota Shanghai, China terdapat sebuah rumah berlantai tiga yang berdiri tegak di tengah jalan milik Zhang Xinguo. Rumah ini bisa berada di tengah jalan karena tidak mencapai kesepakatan untuk kompensasi dengan otoritas relokasi. Keluarga besar Zhang meminta enam apartemen sebagai imbalan. Namun, pemerintah hanya dapat menjanjikan empat. Dari situ yang menyebabkan rumah Zhang berada di tengah jalan sejak tahun 2003 ia menerima surat pemberitahuan dari pemerintah daerah setempat, yang meminta kepadanya untuk pindah. Pasalnya, pemerintah berencana membangun proyek jalan di sekitar distrik itu. Kendati kesepakatan gagal, pemerintah daerah setempat tetap menjamin hak keluarga Zhang, baik itu keamanan, listrik, maupun air. Efeknya, keluarga Zhang harus merasakan kebisingan lalu lintas tiap waktu. Nah, setelah 14 tahun berselisih dengan otoritas setempat, akhirnya kedua belah pihak setuju. Keluarga Zhang sepakat untuk direlokasi pada 21 Agustus 2017. Keluarga ini akan mendapatkan empat apartemen dengan luas total sekitar 400 meter persegi dan uang senilai 2,3 juta yuan atau setara Rp 4,6 miliar sebagai kompensasi.

4. Makam Di Atas Landasan Pacu Bandara

Makam Di Atas Landasan Pacu Bandara
credit : https://www.findagrave.com/

Bandara Hilton Head International Airport yang berada di Kota Savannah, Georgia, Amerika Serikat merupakan salah satu bandara paling sibuk di Amerika Serikat. Namun, di bandara ini terdapat pemandangan unik, pasalnya di landasan pacu pesawat terdapat dua makam yaitu makam Richard Dotson dan Catherine Dotson yang meninggal sejak tahun 1884 dan 1877. Keberadaan dua makam ini berawal dari perluasan bandara yang sebelumnya adalah bandara militer. Setelah perang dunia II berakhir, lapangan udara militer itu berubah menjadi Bandara sipil. Pembangunan bandara baru dimulai pada tahun 1960 dan terus diekspansi. Pada tahun 1970-an, hukum federal memutuskan untuk tetap mempertahankan makam yang tersisa di landasan udara. Namun menyesuaikan bentuknya. Hingga sekarang, dua makam tersebut masih ada di landasan pacu, kedua makam tertanam di bawah aspal, sekitar 1.100 meter dari ujung barat Runway 10. Kuburan terletak dekat tepi landasan pacu sehingga tidak akan mengganggu jalannya pesawat. Namun penumpang dan pilot tetap bisa melihatnya ketika berada di pesawat.

5. Rumah Kecil Di Tengah Mall

Rumah Kecil Di Tengah Mall
credit : https://www.taringa.net/

Pemandangan kontras ada di kawasan Ballard, Seattle, Washington. Dimana, di wilayah tersebut terdapat mal super besar yang di tengahnya ada sebuah rumah kecil. Pemandangan unik ini dikarenakan pemilik rumah, Edith Macefield, wanita tua yang berusia 84 tahun menolak menjual rumahnya meski ditawar dengan harga miliaran rupiah. Alasan Edith tidak menjual rumahnya karena dia tak lagi punya keluarga. Lebih dari itu, ibu Macefield meninggal di rumah tersebut yang membuat dia semakin berat menjual tempat tinggalnya. Macefield berjanji pada ibunya akan selalu merawat rumah tersebut. Macefield juga ingin rumah tersebut menjadi tempat peristirahatan terakhir hingga ia tutup usia. Disaat ia meninggal di usia 87 tahun, banyak orang terkejut dengan warisan yang dituliskannya. Wanita tua rentah itu justru memberikan rumahnya secara cuma-cuma pada Martin. Kini rumah tersebut telah mengalami rekonstruksi dan tetap tidak digusur meski Macefield telah meninggal.

6. Masjid Di Tengah Hutan

Masjid Di Tengah Hutan
credit : https://hot.liputan6.com/

Masjid megah di tengah hutan di Dusun Langkoa, Desa Bontoloe, Kecamatan Bontolempangang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ramai diperbincangkan di media sosial. Letaknya yang tak biasa ini menggegerkan warganet. Masjid tersebut sebenarnya tidak benar-benar di tengah hutan, tapi di tengah kebun kopi milik Puang Busli yang berada di ujung perkampungan tepatnya di kaki Gunung Lompobattang. Masjid tersebut didirikan untuk tempat sholat karyawan di kebun kopinya yang mencapai 30 orang di lahan seluas lima hektar yang dibeli dari almarhum Haji Tayang, kepala desa di wilayah itu. Masjid ini dibangun pada Februari 2012. Selain masjid megah dalam lokasi lahan seluas lima hektar tersebut, juga berdiri tiga rumah panggung berbahan kayu dengan ornamen rumah adat Bugis Makassar yang digunakan sebagai tempat istirahat sang pemilik.

7. Toilet Di Atas Tebing

Toilet Di Atas Tebing
credit : https://www.facebook.com/UltimateKilimanjaro

Jika biasanya kamu buang air di toilet dengan tenang, tanpa harus was-was. Cobalah kamu buang air di toilet di Barafu Camp, Tanzania ini. Bukan karena ada pocong maupun mbak kuntilanak yang bikin jantung deg-degan. Toilet ini posisinya persis di pinggir tebing di ketinggian 4.600 mdpl. Barafu Camp sendiri, merupakan salah satu trek pendakian menuju ke Puncak Gunung Kilimanjaro yang setinggi 5895 mdpl dan menjadi salah satu dari Seven Summit dunia. Terdapat tiga bilik toilet yang bisa dijadikan uji nyali dengan temen-temen kamu saat mendaki.

Itu tadi beberapa bangunan unik di tempat yang tidak biasa. Sobat delimun, jika kamu mengerti yang lainnya, silahkan share di kolom komentar ya…!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.