Minuman bersoda
credit : doktersehat.com

Kalian tau kan, Kanker adalah salah satu penyakit terganas di dunia yang sulit diobati. Sebagian besar penderita kanker mengalami kematian.

Bahan kimia seperti karsinogen, radiasi, obesitas, hormon, peradangan kronis, merokok, virus, dan sejumlah faktor lain telah ditemukan sebagai penyebab kanker.

Selain yang disebutkan diatas tadi, ada sejumlah makanan yang juga bisa mengakibatkan kanker otak. Hati-hati lho ya…!!!

Berikut tujuh makanan yang bisa menyebabkan kanker. Yuk simak videonya sobat

1. Makanan Kaleng

Makanan Kaleng
credit : https://www.idntimes.com

Alasan utama makanan kaleng menimbulkan penyakit kanker karena kaleng terdiri dari produk yang disebut bisphenol-A (BPA). Selain kaleng, barang-barang seperti plastik, kertas termal juga mengandung BPA.

Bisphenol A adalah senyawa sintetis organik yang termasuk dalam kelompok turunan diphenylmethane dan bisphenol, dengan dua gugus hidroksifenil. Ini adalah padatan tak berwarna yang larut dalam pelarut organik, tetapi tidak larut dalam air. BPA pertama kali ditemukan pada tahun 1890-an, tetapi ahli kimia pada 1950-an menyadari bahwa ini dapat dicampur dengan senyawa lain untuk menghasilkan plastik polikarbonat yang kuat dan tangguh.

Sobat delimun, sebaiknya mengonsumsi makannan yang fresh saja ya..!!

2. Makanan Yang Dimodifikasi Secara Genetik (GMO)

Makanan Yang Dimodifikasi Secara Genetik (GMO)
credit : https://www.purdue.edu

Sobat delimun mungkin pernah mendengar tanaman yang di modifikasi. Misalnya jagung dan kedelai dimodifikasi secara genetis. Tanaman ini biasanya disebut sebagai GMO. GMO singkatan dari (Genetically Modified Organisms) merupakan organisme yang material genetikanya telah dimodifikasi menggunakan metode rekayasa genetika. Organisme yang telah diubah material genetikanya akan memiliki sifat yang berbeda dengan organisme biasa. tanaman yang biasanya masuk dalam lingkup GMO adalah : tomat, kentang, daging, susu dari hewan yang diberi makan non organik, serta beras. Sedangkan untuk makhluk hidup diantaranya bakteri serangga, dan ikan. Makanan yang berlabel GMO dianggap menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker. Karena itu, sobat delimun sebaiknya beli sayur dan buah-buahan organik saja yang tidak ada label GMO-nya

3. Microwave Popcorn

Microwave Popcorn

Microwave popcorn sebagai pusat perdebatan sengit soal penyebab kanker paru-paru dunia. Hal ini lantaran, wadah microwave popcorn dilapisi bahan kimia hingga ke isi yang sebenarnya. Jika ingin makan popcorn yang tidak mengkhawatirkan, sobat bisa buat sendiri popcorn organik dengan cara kuno. Tapi agak ribet sih, hehehe

4. Daging Merah Panggang

Daging Merah Panggang
credit : www.alodokter.com

Memanggang daging merah sampai matang dapat mengubah struktur kimia dan molekuler daging. Akibatnya, Daging olahan tersebut melepaskan karsinogen yang disebut heterocyclic aromatic amines, zat yang dapat menyebabkan kanker. Lebih baik sobat mengolah daging dalam wajan daripada di atas panggangan.

5. Gula Halus

Gula Halus
credit : www.kanal247.com

Manis tak selalu menyenangkan. Buktinya, sejauh ini makanan penyebab kanker terbesar di dunia adalah sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) dan gula olahan lainnya. Seperti kita tahu, gula adalah bahan bakar untuk sel-sel kanker. Bahkan, sebenarnya gula adalah bahan bakar untuk semua sel dalam tubuh. Gula adalah jenis karbohidrat sederhana. Ketika kamu mengonsumsinya, pankreas menghasilkan insulin, suatu hormon yang membantu mengubah gula menjadi energi untuk sel-sel manusia. Mengonsumsi terlalu banyak gula, dapat menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Selain itu, tubuh juga akan menghasilkan lebih banyak hormon IGF (insulin-like growth factor). “IGF ini yang tampaknya merangsang pertumbuhan dan menghambat kematian sel kanker”.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda
credit : doktersehat.com

Soda telah menjadi pusat perdebatan kesehatan selama dua dekade sebagai penyebab utama kanker. karena apa? Karena soda terbuat dari sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS), pewarna, dan sejumlah bahan kimia lainnya, yang dampaknya sangat buruk untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, soda juga memberikan nilai gizi nol dan mencuri nutrisi dari tubuh.

7. Tepung Putih

Tepung Putih
credit : https://www.andaromesin.com

Tepung sebenarnya berwarna krem sesuai warna gandum. Tepung yang warnanya putih seperti yang banyak ditemukan di pasaran itu sudah dimurnikan. Tepung yang sudah dimurnikan atau diputihkan menggunakan gas klorin yang tidak memiliki nilai gizi, artinya semua nilai gizinya dihapus. Indeks glikemik untuk tepung putih sangat tinggi, yang berarti mereka dapat meningkatkan kadar insulin tanpa nutrisi. Karbohidrat diubah menjadi gula oleh tubuh, sehingga produk berlebih yang mengandung tepung putih dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin. Gula sederhana (seperti karbohidrat olahan) adalah sumber bahan bakar yang lebih disukai untuk kanker.

Sobat delimun, selama kita masih hidup tidak bisa terhindar dari penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit yang sangat membahayakan. Oleh karenanya, kita sebaiknya menjaga kesehatan sebisa mungkin agar terhindar dari segala penyakit, terutama penyakit yang mematikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.