Awas Jangan Muntah! 11 Hal di Tubuh Yang Kamu Anggap Menjijikkan Ini Sangat Berguna Untuk Kesehatan

0
171
serumen
image via: wikimedia.org

Sebelumnya delimun menghimbau, persiapkan mental kamu terlebih dahulu sebelum membuka, takutnya entar kamu muntah-muntah dan gak nafsu makan lagi. Kalo udah siap, ok dah.

Mungkin kamu merasa jijik ketika ada orang lain ngupil, ato mungkin juga kamu jijik sendiri memegang hasil tambang kamu di toilet. Sesuatu yang menjijikkan itu pasti ad tiap manusia. Meskipun kamu hindarin sebisa mungkin tetep aja nempel terus. Dan justru, hal-hal yang menjijikkan di tubuh kamu itu justru sangat baik untuk kesehatan. Berikut 11 hal menjijikkan yang justru bisa menjaga kesehatan kamu.

11. Bakteri

Bakteri
image via: pixabay.com

Bakteri sering kambing hitamkan karena menyebabkan infeksi jahat. Seperti yang kamu ketahui bahwa gak semua bakteri itu berbahaya dan sumber penyakit. Kurang dari 15% bakteri di dalam tubuh menyebabkan penyakit, dan 85% bakteri membantu kita bertahan hidup. Bakteri membantu kita memecah dan mencerna makanan, meningkatkan sistem kekeballan tubuh, mensintesis vitamin untuk kelangsungan hidup, dan menjaga vagina dari sejumlah penyakit termasuk infeksi ragi/jamur.

10. Bersendawa

Bersendawa
image via: pixabay.com

Kalo ini mah gak terlalu menjijikkan lah, tapi terkadang ada yang sampe ngeluarin suara yang bikin bulu kuduk merinding, terlebih kalo yang keluar dari mulut itu bau, hadeeh. Bersendawa ato istilah kerennya angop bermanfaat untuk mengeluarkan gas ato udara yang menumpuk di dalam perut sehingga mengurangi rasa tidak nyaman dan membantu pencernaan.

9. Keringat

Keringat
image via: pixabay.com

Banyak orang yang gak suka dengan keringat, apalagi keringatnya orang lain. Kamu jangan enggep remeh si keringat itu. Karena keringat berfungsi untuk mendinginkan tubuh, membersihkan racun dari tubuh, memperlancar sirkulasi darah, melawan infeksi. Dan yang perlu kamu ketahui, keringat sebenernya gak bau, yang menjadikan bau itu ketika ada bakteri di tubuh kamu, gak heran kalo keringat di ketiak itu bau banget, karena banyak bakteri nongkrong disana. Bau keringat juga dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi.

8. Kantung air (Melepuh)

Kantung air
image via: wikimedia.org

Melepuh biasanya terjadi karena kena gesekan ato luka bakar. Yang biasanya sering terjadi itu kena knalpot. Gak jijik amat emang, tapi rasanya geli dan pengen ngebuang secepatnya. Yang perlu kamu ketahui, fungsi kantung air itu punya tugas untuk melindungi kulit sari infeksi dan membantu menyembuhkan. Cairan di dalam blister yang akhirnya akan menyerap kembali ke dalam tubuh. Jadi, jangan kamu pecahkan kantung blister itu, karena entar akan mengering dengan sendirinya.

7. Kentut

Kentut
image via: www.flickr.com

Kamu pasti benci banget kalo ada orang di pinggir kamu mengeluarkan bom, terlebih lagi baunya yang amit-amit tujuh keturunan, rasanya pengen nendang aja tuh orang. Ato mungkin kamu sendiri justru malu-malu ngeluarinnya yang sampe akhirnya keluar tiiiiiit, saking ditahannya. itu emang sangat menjijikkan dan memalukan banget. Eits, kamu jangan menganggap ini jijik, justru kalo kamu tahan bisa-bisa masuk ruang ACU. Karena kentut itu membantu untuk proses pencernaan di dalam perut.

6. Nanah

Nanah
image via: pixabay.com

Nanah yang kelihatannya menjijikkan justru malah sangat bermanfaat buat tubuh kamu ketika luka ato infeksi. Nanah merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Semakin banyak sel darah putih yang keluar, akan semakin banyak nanah yang muncul di permukaan, dan itu bagus untuk melawan infeksi.

5. Kotoran kuping (serumen)

serumen
image via: wikimedia.org

Kamu tentu sering membersihkan kuping kamu agar tetep bersih. Tahukah kamu, kalo membersihkan kuping terlalu sering sangat gak dianjurkan dokter. Karena kotoran kuping bagian penting bagi tubuh. kotoran kuping ato serumen berfungsi melumasi daerah liang kuping dan juga mencegah bakteri dan jamur agar gak tumbuh karena kelenjar telinga itu bersifat asam.

4. Umbel (lendir)

Umbel
image via: wikimedia.org

Jijik ya?. Ehmmm, iya iya emang jijik tapi siapa sih yang gak pernah ngalamin seperti itu. Kamu pilek ato gak, lendir di hidung itu pasti ada. Tubuh yang sehat akan menghasilkan setengah galon lendir setiap hari. Banyak kan?. Nah, lendir itu berfungsi melumasi saluran pernapasan, melindungi saluran pencernaan, dan hebatnya lagi, lendir punya antibodi dan enzim yang membunuh bakteri untuk mencegah virus masuk.

3. Muntah

Muntah
image via: www.flickr.com

Sakit banget rasanya kalo pas lagi muntah. Tapi munta itu sendiri sebenernya membersihkan sesuatu yang dianggap zat berbahaya di dalam tubuh kita dan menyingkirkan apa aja yang gak bisa didukung oleh tubuh. Sayangnya, tubuh kita gak selalu bisa melindungi dari sesuatu yang berbahaya. Jadi, muntah itu gak selalu bisa membantu.

2. Poop

Poop
image via: wikimedia.org

Hayo siapa yang gak pernah BAB. Apa kamu merasa jijik dengan yang satu ini. Jijik ato gak, yang pasti kamu akan tetep berurusan dengan dia. Jangan anggap jijiknya, karena si kuning bermanfaat untuk indikator kesehatan kamu. Setiap yang keluar dari lubang bawah, si kuning bisa dijadiin referensi mengenai kesehatan kamu. Tapi, kalo gak kamu keluarkan, ya siap-siap gelimpungan kayak cacing kepanasan.

1. Transplantasi tinja

Transplantasi tinja
image via: www.mprnews.org

Kotoran manusia dianggap paling jijik sedunia. Namun, seperti yang kamu ketahui bahwa kotoran sangat membantu untuk pengobatan. Yups, kotoran bisa membantu menyembuhkan dari gangguan pencernaan dan jenis infeksi lainnya. Kotoran dari orang yang sehat ditransplantasikan melalui enema untuk orang sakit. Dalam studi yang melibatkan lebih dari 300 orang yang menderita penyakit pencernaan, menemukan bahwa 92% pasien bisa sembuh setelah melakukan transplantasi tinja.

Itu tadi beberapa hal menjijikkan di tubuh kamu yang ternyata besar manfaatnya. Iya sih, dari beberapa bahkan semunya yang ada diatas itu menjijikkan. Tapi, itulah fungsinya mereka ada dan diciptakan untuk tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here