Acoustic Location
credit : rarehistoricalphotos.com

Semakin canggihnya teknologi informatika membuat sejumlah pekerjaan menjadi mudah. Namun, sebelum kita bisa menikmati yang serba mudah ini, tentu ada sejarah yang perlu diketahui awal mula hingga berkembang seperti sekarang.

Sobat delimun, ada kejadian-kejadian unik pada masa lampau yang mungkin tak pernah terlintas di benak sobat masa kini. Oleh karena itu, delimun menyajikan informasi unik masa lampau yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

1. Tilang Pertama

Walter Arnold
credit : www.logistikauudised.ee

Siapa yang sering kena tilang? Makanya patuhi tuh aturan lalu lintas, hehehehe. Sobat pernah gak sih berifikir, siapa kira-kira orang yang pertama kali kena tilang? Nah sobat! orang yang pertama kali kena tilang itu adalah Walter Arnold yang berasal dari Eat Peckham, Kent, Inggris pada 28 Januari 1896. Arnold yang pada saat itu menyopir mobilnya dengan kecepatan 12,8 km/jam (kilometer per jam). Padahal, di kota tersebut memiliki aturan batas maksimal kecepatan hanya 2 mph atau sekitar 3,2 km/jam. Akhirnya, polisi mengejar Arnold sejauh 5 mil atau setara 8 km. Uniknya, polisi mengejarnya hanya menggunakan sepeda onthel. Tanpa basa basi, Arnold di denda sebesar 1 shilling atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 180.

2. Baterai Pertama

voltaic pile
credit : artikelnesia.com

Era sekarang ini mah udah beragam model baterai. Yang perlu kamu tahu nih sobat, baterai pertama kali di temukan pada tahun 1800 oleh seorang ilmuwan Italia beranama Alessandro Volta. Baterai ini terdiri dari tiga puluh cakram logam berlainan jenis tembaga dan seng yang dipisahkan oleh kain-kain rendaman garam. Nah! Apa yang telah Volta lakukan terinspirasi dari apa yang telah Galvani lakukan. Volta adalah orang yang pertama kali merespon percobaan Galvani hingga ia berhasil menciptakan baterai pertama yang bertajuk “voltaic pile” yang menjadi cikal bakal baterai modern sekarang ini.

3. Makanan Pertama Luar Angkasa

Makanan Pertama Luar Angkasa
credit : www.mainmain.id

Perjalanan ke bulan memang tak seperti vakansi singkat ke tepi pantai. Segala tetek bengek yang berkaitan dengannya harus mengikuti berbagai aturan yang tersimpan dalam Lunar Landing Module, termasuk di antaranya adalah makanan. Nah! makanan pertama kali dimakan di bulan terdiri dari daging bacon, buah persik, gula batu, minuman nanas, dan kopi yang dibawa oleh Neil Armstrong dan Buzz Aldrin pada tahun 1969 silam. Perlu diketahui, yang pertama kali ke luar angkasa bukanlah mereka berdua, melainkan Yuri Gagarin asal Rusia pada 12 April 1961. Namun, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin yang berhasil mendarat di bulan dan menikmati hidangan pertama kalinya sambil minum kopi dengan santuy.

4. Acoustic Location

Acoustic Location
credit : rarehistoricalphotos.com

Sebelum radar pesawat ditemukan, ternyata nih sobat, cara tentara mendeteksi pesawat dengan cara seperti mendengarkan musik dengan headset. Busyet dah.

Metode acoustic location atau Lokasi akustik digunakan dari pertengahan PD I hingga ke tahun-tahun awal PD II. Cara kerja metode ini adalah mendeteksi suara atau getaran yang dibuat oleh objek yang sedang dideteksi, yang kemudian dianalisis untuk menentukan lokasi objek yang dimaksud. Akurasi alat ini dalam mendeteksi gelombang radio dan pesawat cukup baik, sehingga alat tersebut bertahan selama lebih dari 20 tahun digunakan oleh beberapa negara di Eropa. Kekurangan terbesar dari metode deteksi ini adalah ketergantungan mereka pada kondisi cuaca.

5. Pengisian Bahan Bakar Pesawat

Pengisian Bahan Bakar Pesawat
credit : fly.historicwings.com

Di tengah jalan, kadang pesawat juga butuh ngisi BBM lho sobat, tidak seperti ngisi bbm di SPBU, pengisian BBM pesawat dilakukan di udara. Ternyata ya sobat, orang yang pertama kali melakukan pengisian bahan bakar pesawat adalah Wesley May, Earl Daugherty, dan Frank Hawks pada tahun 1921. Wesley May berjalan dari sayap pesawat pembawa bahan bakar menuju pesawat penerima dengan membawa beberapa galon bahan bakar. Walau berhasil, metode ini terlalu berisiko untuk dilakukan selanjutnya. Seiring berjalannya waktu, pengisian BBM pesawat di udara semakin canggih.

6. PR Pertama Kali

Roberto Nevilis
credit : www.hitekno.com

Setiap siswa-siswi sekolah pasti tak asing dong dengan istilah Pekerjaan Rumah alias PR. Beberapa diantara sobat pasti ada yang pernah merasa malas dan ogah-ogahan ketika hendak mengerjakan PR. Terlebih saat guru mengatakan ada PR, terasa perang dunia ketiga sudah dimulai.
Mungkin dipikiran kita pernah terngiang-ngiang kenapa ada PR di dunia ini?

Sobat! PR itu tidak muncul secara tiba-tiba, bukan pula karena ketidaksengajaan, namun memang sengaja diciptakan. Pencetus dan pencipta PR pertama kali ialah seorang bapak guru asal Venice, Italia bernama Roberto Nevilis pada tahun 1905. Roberto Nevilis melihat murid-muridnya ialah anak dari keluarga mampu secara ekonomi yang memiliki banyak waktu luang setelah selesai pelajaran di sekolah. Maka Roberto Nevilis berpikir jika ia harus memberikan sebuah pelajaran tambahan sekaligus hukuman bagi para siswanya. Hingga saat ini, nama itu masih melegenda dan menjadi momok bagi para siswa-siswi.

7. Pemindahan Gedung

Pemindahan Gedung
credit : www.visitalbaiulia.com

Mungkin ini salah satu yang tak masuk akal. Bahkan di era modern sekarang ini belum pernah ada yang melakukannya. Pada tahun 1987, ada moment langkah. Dimana, pemerintah kota Alba Iulia yang dipimpin oleh Ceausescu pernah memindahkan segelondong apartement seberat 7.000 ton beserta isi dan orang-orangnya. Misi mustahil ini dilakukan karena di kota tersebut akan dibangun jalan raya. Karena biaya pemindahan jauh lebih murah daripada harus menggusur dan membuatkan apartement baru. Apartement tersebut dibelah menjadi dua bagian. Satu bagian dipindahkan ke kiri jalan dan bagian lainnya dipindahkan ke kanan jalan. Mereka menggali di bawah gedung, meletakkan rel kereta api dan roda lalu kemudian menggesernya sejauh 55 meter. Dan hebatnya seluruh pekerjaan hanya memakan waktu 5 jam 40 menit.

Itu tadi beberapa kejadian unik masa lampau sebelum kita dilahirkan ke dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.