9 Wanita Cantik Yang Pernah Menemani Hidup Bung Karno
image source: www.vebma.com

Bung Karno adalah presiden pertama Indonesia yang memiliki kharisma luar biasa. Sang proklamator ini gak hanya handal dalam bidang politik, gak sekedar oratur ulung, tapi juga jago memikat hati wanita. Gak heran lah ya kalo Bung Karno sapaan akrab Ir. Soekarno bisa bikin wanita klepek-klepek.

Bung Karno ini semasa hidup diketahui publik punya sembilan istri yang cantik-cantik. Bahkan, cewek Jepang pun terpikat dengan presiden kita ini. Berikut ini 9 wanita yang menemani Bung Karno semasa hidup.

1. Oetari Tjokroaminoto

Oetari Tjokroaminoto
image source: wikipedia.org

Soekarno menikahi Oetari saat usianya baru 20 tahun, sedangkan Oetari sendiri baru 16 tahun. Oetari dinikahi oleh Soekarno bukan karena cinta melainkan untuk meringankan beban gurunya yang sekaligus orang tua Oetari, HOS Tjokroaminoto yang kala itu istri Tjokro baru saja meninggal. Soekarno dan Oetari menikah tahun 1921 di Surabaya, pernikahan tersebut hanya seumur jagung. Soekarno menceraikan Oetari tak lama setelah kuliah di Bandung.

2. Inggit Garnasih

Inggit Garnasih
image source: tirto.id

Kisah cinta Soekarno dengan Inggit bak film-film percintaan. Kala itu tahun 1921, Soekarno tinggal di kos-kosan di Bandung. Sang pemilik kos tak lain Inggit Garnasih. Meskipun usianya Inggit jauh lebih tua dari Soekarno dan udah menjadi istrinya Haji Sanusi gak menyurutkan hati Soekarno untuk mencintainya. Soekarno waktu itu berusia 20 tahun dan Inggit berusia 33 tahun. Mereka menikah tahun 1923 hingga tahun 1943 karena gak mau dimadu.

3. Fatmawati

Fatmawati
image source: tribunnews.com

Karena Inggit gak mau dimadu oleh Soekarno, akhirnya Inggit diceraikan pada 1943. Dan pada tanggal 1 Juni 1943, Soekarno dan Fatmawati menikah. Soekarno berusia 42 tahun dan Fatma 20 tahun. Fatmawati merupakan putri tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Kisah cinta Soekarno dan Fatmawati bermula saat masa pembuangan Sang Presiden di Bengkulu. Dari Fatmawati, Soekarno mendapatkan lima orang anak, antara lain, Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

4. Hartini

Hartini
image source: www.cnnindonesia.com

Istri ke empat presiden pertama ini adalah seorang janda lima anak yang berusia 29 tahun yang terjadi saat kunjungan kerja di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Soekarno meminang Hartini pada 1953 dan dikaruniai dua anak, yakni Taufan Soekarnoputra dan Bayu Soekarnoputra. Hartini ini tetep setia menjadi istri Bung Karno hingga ajal menjemput, bahkan Di pangkuan Hartini lah, Putra Sang Fajar menutup mata untuk selamanya di RS Gatot Subroto pada 21 Juni 1970.

7. Kartini Manoppo

image source: bangka.tribunnews.com

Awal mula Bung Karno jatuh hati pada wanita yang pernah jadi pramugari Garuda Indonesia itu saat melihat lukisan karya Basuki Abdullah. Soekarno dan Kartini menikah pada 1959. Pada tahun 1967 mereka dikaruniai seorang putra bernama Totok Suryawan Soekarno. Kartini menutup rapat-rapat pernikahannya dengan Bung Karno karena Dia terlahir dari keluarga terhormat.

5. Ratna Sari Dewi

image source: jpnn.com

Gak cuma cewek lokal aja yang kepincut akan rayuan Bung Karno, gadis cilik asal Jepang yang berusia 19 tahun pun terpikat kepada sang proklamator yang udah berusia 57 tahun. Dia adalah Ratna Sari Dewi lahir dengan nama Naoko Nemoto di Tokyo, Jepang, 6 Februari 1940. Dewi menikah dengan Soekarno pada tahun 1962. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai seorang putri yang bernama Sari Dewi Soekarno.

6. Haryati

image source: www.viva.co.id

Pada 21 Mei 1963, Soekarno menikahi Haryati yang berusia 23 tahun. Haryati merupakan mantan penari istana sekaligus Staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian sehingga dekat dengan sang proklamator. Dari pernikahannya dengan Haryati, beliau gak diberi keturunan dan selang tiga tahun, Haryati diceraikan pada tahun 1966.

8. Yurike Sanger

image source: www.topmetro.co.id

Benih-benih cinta dimulai saat Yurike menjadi salah satu anggota Barisan Bhinneka Tunggal Ika pada acara Kenegaraan yang masih berstatus pelajar pada tahun 1963. Pada 6 Agustus 1964, dua insan ini melangsungkan pernikahan secara Islam di rumah Yurike. Tahun 1967, saat kondisi politik gak menentu, bung Karno menyarankan agar Yurike meminta cerai, dan pada tahun 1968, Yurike diceraikan meskipun masih saling cinta.

9. Heldy Djafar

image source: www.vebma.com

Heldy Djafar merupakan istri terakhir Soekarno. Keduanya menikah pada 1966, kala itu Bung Karno berusia 65 tahun, sedangkan Heldy gadis asal Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur itu, masih berusia 18 tahun. Namun, kondisi politik semakin gak menentu dan Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat minta berpisah dengan Soekarno, tapi Soekarno gak mau berpisah. Akhirnya, mereka bercerai, dan Heldy yang udah berusia 21 tahun menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor pada 19 Juni 1968.

Begitulah kisah asmara bung Karno semasa hidup. Bukti kalo bung Karno gak cuma jago dalam hal politik tapi juga soal asmara gak kalah dengan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.