9 Hewan Ini Pernah Pergi Ke Luar Angkasa Untuk Penelitian

0
329

Ruang angkasa sejak dulu dipelajari dan diteliti oleh para ilmuwan. Mereka gak hanya melibatkan manusia, tapi juga beragam jenis hewan dilibatkan dalam melakukan misi ini untuk menguji apakah kondisi luar angkasa aman untuk astronaut. Oleh karena itu, beberapa hewan ditugaskan untuk melakukan kegiatan di antariksa. Seperti kera, anjing, kucing, dan bahkan domba. Berikut ini beberapa hewan yang pernah terbang ke luar angkasa

ALBERT II

Monyet bernama Albert II pernah terbang ke luar angkasa. Dia terbang hingga ketinggian lebih dari 83 mil dengan roket V2. Sayang, dia meninggal karena parasutnya gagal mengembang.

LAIKA

Laika adalah anjing yang pertama kali mencapai orbit menggunakan Sputnik 2 yaitu pesawat ruang angkasa yang mengantarkan Laika hingga mencapai orbit. Laika meninggal akibat panasnya orbit.

DEZIK & TSYGAN

Dua pasangan anjing ini merupakan organisme pertama yang berhasil sampai ke luar angkasa dan kembali ke bumi dengan selamat. Seminggu kemudian, Dezik melakukan misinya, dia meninggal karena parasut yang tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga: 8 Kesalahan Kasus Operasi Plastik Yang Berakibat Fatal

BELKA & STRELKA

Belka dan Strelka adalah anjing pertama yang memasuki orbit dan kembali ke bumi dengan selamat. Sekembalinya mereka, Nikita Krushchev memberikan salah satu anak anjing Strelka kepada Caroline Kennedy sebagai hadiah.

VETEROK & UGOLYOK

Veterock dan Ugolyok meneruskan misi yang dibangun oleh Belka dan Strelka. Mereka juga mencapai orbit, kali ini, Veterock dan Ugolyok tinggal di luar angkasa selama 22 hari sebelum kembali ke bumi dengan selamat.

Baca Juga: 7 Misteri Yang Belum Bisa Terpecahkan Hingga Sekarang

GORDO

Meskipun Gordo bukan hewan pertama kali di luar angkasa, tapi Gordo dicintai oleh NASA. Dia terbang mencapai ketinggian 310 mil. Namun, dalam perjalanan pulang, Gordo meninggal karena kegagalan sistem parasut. Sampai hari ini, kapsul yang membawa Gordo belum ditemukan.

FELICETTE

Selain monyet dan anjing, kucing juga menjalankan misi ke luar angkasa, kali ini kucing bernama Felicette. Dalam perjalanannya, kucing tersebut ditanami elektroda ke otaknya yang berfungsi mengirim data berharga tentang organisme yang hidup di luar angkasa.

Baca Juga: 6 Predsiki Kiamat Yang Meleset Gagal Total, Bukti Rahasia Kebesaran Tuhan

HAM THE CHIMP

Ham The Chimp dikirim ke luar angkasa untuk menjalan misi bersejarah. Dia dikirim untuk melakukan penelitian mengenai efek pengambil keputusan pada otak di ruang angkasa oleh para peneliti.

Itu tadi beberapa hewan yang pernah terbang ke luar angkasa. Hewan aja pernah ke luar angkasa, kamu kapan nih?…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.