8 Fakta Presiden Soekarno, Sang Proklamator Indonesia Yang Dikagumi

0
1006
8 Fakta Presiden Soekarno, Sang Proklamator Indonesia Yang Dikagumi
source : liputan6.com

Pastinya kamu tak akan asing dengan sosok Ir. Soekarno. Beliau merupakan sang proklamator Indonesia yang sangat besar jasanya. Semasa hidup sang presiden pertama RI ini selalu menarik perhatian. Meskipun kini beliau sudah wafat, nama beliau masih tetap harum. Berikut ini 8 fakta Presiden Soekarno:

1. Nama Masa Kecil Bung Karno

Nama Masa Kecil Bung Karno
source : www.katailmu.com

Soekarno, nama yang melekat pada sang proklamator. Namun, sebelum menjadi Soekarno, beliau terlahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo pada 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Pergantian nama menjadi Soekarno karena sering sakit-sakitan dan sekaligus menjadi anak angkat RM Soemosewoyo saat berusia dua tahun.

2. Sembilan Istri Bung Karno

Sembilan Istri Bung Karno
source : konfrontasi.com

Selain jago dalam bidang politik, tapi juga handal memikat hati wanita. Tak heran jika kemudian tokoh besar ini memiliki lebih dari satu istri. Tercatat, Soekarno memiliki sembilan istri diantaranya Oetari Tjokroaminoto, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Haryati, Kartini Manoppo, Yurike Sanger, Heldy Djafar.

Baca Juga: 9 Wanita Cantik Yang Pernah Menemani Hidup Bung Karno

3. Perjalanan Pendidikan Ir. Soekarno

Perjalanan Pendidikan Ir. Soekarno
source : www.jelajah-nesia.blogspot.com

Kala itu untuk menempuh pendidikan sangat sulit gak seperti sekarang. Namun, Ir. Soekarno berhasil menempuh pendidikan hingga menjadi Insinyur Sipil. Dalam perjalanannya, beliau pernah menempuh pendidikan Pendidikan Sekolah Dasar di Eerste Inlande School (EIS), Mojokerto, Pendidikan Sekolah Dasar di Europeesche Lagere (ELS), Mojokerto (1911), Hoogere Burger School (HBS), Surabaya (1911-1915), Technische Hoge School (sekarang ITB), Bandung (1920).

4. Presiden Pertama Republik Indonesia

8 Fakta Presiden Soekarno, Sang Proklamator Indonesia Yang Dikagumi
source : www.liputan6.com

Pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, bung Karno terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pertama yang dipilih secara aklamasi pada 18 Agustus 1945 hingga 12 Maret 1967. Selang tiga tahun, sang proklamator ini menghembuskan nafas terakhir, tepatnya hari Minggu, 21 Juni 1970.

5. Menguasai Tujuh bahasa Asing

Menguasai Tujuh bahasa Asing
source : www.cakrudi.com

Selain sebagai oratur ulung, presiden Soekarno juga menguasai 7 bahasa asing. Yaitu, bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Arab, Cina dan bahasa Latin. Gak heran kalo Presiden Pertama RI ini berhasil menyandang 26 gelar Doktor HC.

Baca Juga: Inilah Rekor Perjalanan Pemimpin Indonesia Satu Dari Presiden Pertama Hingga Ketujuh

6. Keluar Dari Anggota PBB

Keluar Dari Anggota PBB
source : www.viva.co.id

Indonesia masuk ke PBB pada 28 September 1950 sebagai anggota ke-60. Namun, pada 7 Januari 1965, Ir. Soekarno menyatakan keluar dari PBB karena gak suka akan sikap PBB yang menerima Malaysia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB. Hal ini bertentangan dengan Soekarno yang menganggap Malaysia hanya negara boneka bikinan imperialis Inggris. Indonesia masuk lagi menjadi anggota PBB pada 28 September 1966 dan tetep dinyatakan sebagai anggota ke-60.

7. Putra dan Putri Sang Proklamator Indonesia

Putra dan Putri Sang Proklamator Indonesia
source : www.netralnews.com

Semasa masih hidup, bung Karno diketahui punya sembilan istri. Wajar aja kalo bung Karno punya keturunan yang banyak, beberapa putra putri Ir. Soekarno adalah Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Sukarnoputri, Guruh Sukarnoputra, Kartika Sari Dewi Soekarno, Rukmini Soekarno, Toto Suryawan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Ayu Gembirowati, Guntur Sukarnoputra, Taufan Sukarnoputra.

8. Pohon Soekarno Yang Tumbuh Subur di Padang Arafah

Pohon Soekarno Yang Tumbuh Subur di Padang Arafah
source : kemenag.go.id

Arab Saudi ato Timur Tengah dikenal luar memiliki cuaca yang ekstrim. Hal ini menjadi perhatian Bung Karno saat menunaikan ibadah haji. Kedekatan Bung Karno dengan Raja Fahd terukir pada pohon Soekarno di Padang Arafah. Pohon sejenis pohon mindi ini dibawa Soekarno ketika berkunjung ke Arab Saudi pada 1955 yang terkenal dengan suhu 38-42 derajat Celcius saat musim panas.

Meskipun beliau udah meninggal, sang proklamator kita ini masih dikenang hingga kini. Ya, semoga kita gak melupakan jasa-jasa beliau yang sangat berharga di Republik Indonesia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.