Poveglia
credit : www.travelbook.de

Berkunjung ke tempat terindah dan terpopuler di dunia tentu menambah pengalaman tersendiri yang tak bisa dikatakan dengan kata-kata. Namun, tempat-tempat tersebut terkadang dilarang dikunjungi karena berbagai alasan. Terpaksa kita hanya mengenal nama dan dibuat penasaran olehnya. Dan berikut ini, delimun merangkum tujuh tempat-tempat terlarang yang tak boleh dikunjungi oleh siapapun.

1. Lascaux Caves, Perancis

Lascaux Caves
credit : www.nytimes.com

Goa paling bersejarah ini dilarang dikunjungi karena menyimpan banyak lukisan yang berusia sekitar 17.000 tahun geng. Lukisan tersebut menggambarkan hewan besar sekitar era Paleolitik yang ditemukan pada tahun 1940. Demi menjaga kelestarian goa dan lukisan bersejarah itu, UNESCO menetapkan Goa Lascaux ditutup untuk umum pada tahun 1963. Sebelumnya, Goa ini dibuka untuk umum sehingga banyak pengunjung yang datang ke goa Lascaux ini. Karena dikhawatirkan terjadi kerusakan pada lukisan paling berharga itu akibat banyaknya pengunjung yang datang, mau gak mau goa ini harus ditutup.

2. Area 51, Nevada, Amerika Serikat

Area 51
credit : www.thenewsgeeks.com

Area 51 secara resmi dikenal dengan sebutan Groom Lake atau Homey Airport merupakan sebuah landasan kecil Edward Air Force Base. Area ini adalah pangkalan militer Angkatan Udara di selatan Nevada, Amerika Serikat. Walau sebagai pangakalan, landasan ini gak ada kegiatan sama sekali, justru terdapat tulisan ‘Dilarang Masuk’ yang terlihat dijaga para petugas jaga yang garang lengkap dengan senjata militernya. Gak ada yang tahu alasan pasti mengapa landasan ini gak boleh dilewati. Tapi banyak yang berkonpirasi bahwa landasan ini sebagai tempat pengujian alat-alat militer, dan ada pula yang bilang sebagai tempat untuk menyembunyikan alien dan pesawatnya.

3. Ise Grand Shrine, Jepang

Ise Grand Shrine
credit : www.hisgo.com

Kuil Ise merupakan kuil Shinto yang didedikasikan untuk Dewi matahari Amaterasu-Omikami. Kuil yang berada di kota Uji-tachi, Ise, di Prefektur Mie, Jepang ini sudah ada sejak abad ketiga, namun bangunannya dibangun ulang setiap 20 tahun sekali, sesuai ajaran Shinto tentang kematian dan pembaruan. KuilI Ise adalah kompleks kuil yang terdiri dari sejumlah besar kuil Shinto yang terpusat di dua kuil utama, Naikū dan Gekū. Serta terdapat 125 kuil lainnya. Alasan kuil ini tidak dibuka untuk umum karena sering digunakan untuk upacara sesembahan kepada Dewi Matahari yang bernama Amaterasu-Omikami.

4. Poveglia, Italia

Poveglia
credit : www.travelbook.de

Poveglia merupakan pulau kecil yang terletak di antara Venesia dan Lido di Venetian Lagoon, Italia Barat. Sebuah parit kecil membagi pulau menjadi 2 bagian dan parit itulah yang menjadi batasan wisatawan tidak boleh melewati daerah terlarang. Sejarah mencatat pulau ini dulunya benteng yang digunakan sebagai tempat karantina saat Wabah Hitam melanda Eropa 1300-an, Pada abad ke-20 pertengahan, Poveglia mulai di konversi kepusat geriatri, yang sayangnya ditutup pada 1975, membuat pulau ini ditinggalkan dan kosong. Banyak yang percaya bahwa hantu dari Wabah Hitam dan dokter rumah sakit jiwa masih gentayangan yang mengakibatkan Poveglia dikenal sebagai salah satu tempat paling menyeramkan di dunia. Selain itu, Pulau ini terkenal sering digunakan untuk acara reality show aktivitas paranormal seperti ‘Death in Venice: Demon Doctor’, ‘Ghost Adventures’, dan ‘Scariest Places on Earth’.

5. Pine Gap, Australia

Pine Gap
credit : www.davidicke.com

Pine Gap adalah nama dari stasiun pelacakan satelit yang berada di 18 km (11mil) selatan-barat dari Kota Alice Spring di pusat Australia yang dioperasikan oleh Australia dan Amerika Serikat untuk mengendalikan semua satelit Spy A.S. Fasilitas yang berada di stasiun pelacakan satelit ini meliputi kompleks computer besar dengan 14 atap untuk melindungi antenna dan memiliki sekitar 800 karyawan. Karena itu, tempat ini tidak dibuka untuk umum.

6. Pusat Penelitian Nuklir Negev, Israel

Pusat Penelitian Nuklir Negev
credit : www.bbc.com

Diketahuinya Israel mengembangkan nuklir yang diperkirakan mencapai 80 hulu ledak oleh salah seorang teknisi di Pusat Penelitian Nuklir Negev, dekat kota Dimona, Israel, pada media, 5 Oktober 1986 yang bernama Mordechai Vanunu. Akibatnya, Vanunu ditangkap dari persembunyiannya di Roma dan dihukum penjara selama 18 tahun. Alasan Israel membuat nuklir karena bukan salah satu penandatangan traktat, sehingga, Israel tidak berkewajiban menerima penyidik Badan Energi Atom Internasional, IAEA, untuk memeriksa Negev. Selain itu, setelah presiden Nixon, tidak adalagi presiden AS yang mendesak Israel menandatangani Traktat Non-Proliferasi Nuklir yang mengatur larangan pembuatan senjata nuklir.

7. Arsip Rahasia Vatikan, Italia

Arsip Rahasia Vatikan
credit : www.ancient-origins.net

Dinding gedung bawah tanah kota Vatikan, Italia adalah rumah bagi pencatatan sejarah paling rahasia sejak abad 18. Barang-barang tersebut antara lain surat-surat kenegaraan, korespondensi, buku-buku catatan para paus, surat-surat Michelangelo, surat Ratu Mary Skotlandia sebelum dia dieksekusi, dan permintaan Raja Henry VIII yang minta pernikahannya dibatalkan, dan banyak dokumen lainnya yang telah dikumpulkan oleh Gereja selama berabad-abad. Arsip – arsip penting tersebut tersimpan dalam rak sepanjang 52 mil (hampir 85 kilometer). Tak ada yang boleh masuk gedung arsip ini, karena dikhawatirkan arsip-arsip tersebut.

Itulah tujuh tempat terlarang untuk dikunjungi versi delimun. Dari ketujuh tempat terlarang yang delimun sebutkan tadi, pastinya masih ada banyak tempat terlarang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.