7 Kebiasaan Sepele Ini Sebaiknya Kamu Hindari Karena Bisa Membahayakan Dirimu Sendiri

0
36
Tidur telungkup
source : hellosehat.com

Sebagian besar dari kita selalu ingin menerapkan pola hidup sehat. mengatur asupan makanan, melakukan olahraga secara rutin, hingga melakukan hal-hal yang sifatnya untuk menjaga kesehatan. Tanpa disadari, kebiasaan sepele yang kamu lakukan sehari-hari justru bisa menimbulkan bahaya.

Oleh karenanya, delimun merangkum 10 kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya berbahaya;

1. Memencet jerawat

Memencet jerawat
source : panduanjerawat.com

Sebagian orang yang punya jerawat, hampir dipastikan memencet jerawat yang dirasa sangat mengganggu. Justru kebiasaan ini sangat rentan terhadap bakteri. Karena, jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak berlebih. Saat itulah proses peradangan dimulai. Jika tubuh sehat, ia mengirimkan sel darah putih untuk melawan bakteri berbahaya. Itulah sebabnya sebagian dari kulit yang radang ini berubah merah. Sebaiknya, konsultasikan kepada dokter kulit atau gunakan salep topikal khusus untuk jerawat.

2. Minum kopi saat perut masih kosong

Minum kopi saat perut masih kosong
source : brightside.me

Kopi menjadi minuman paling populer di dunia, terutama di Indonesia yang juga terkenal akan masyarakatnya yang hobi minum kopi, Sampai-sampai ada yang ketergantungan minum kopi. Terkadang, mereka yang minum kopi tak memperhatikan akan satu hal ini, yaitu minum secangkir kopi saat perut kosong. Karena, minum kopi saat perut masih dalam keadaan kosong bisa menyebabkan rasa nyeri membakar di bagian dada dan masalah pencernaan, serta bisa menyebabkan pelepasan terlalu banyak asam lambung yang bisa merusak lapisan perut. Para ahli merekomendasikan minum kopi hanya setelah makan pagi atau di tengah hari.

3. Bermain gadget dalam kondisi gelap

Bermain gadget dalam kondisi gelap
source : www.unread.today

Diantaranya kalian pasti banyak yang bermain gadget dalam kondisi saat gelap. Hal ini dilakukan sebelum tidur sambil menunggu kantuk. Eitss, sebaiknya kamu kurangi kebiasaan ini, karena bermain gadget dalam kondisi gelap bisa mengganggu kesehatan mata kamu dan berisiko memengaruhi jam tubuh kita, sehingga jadi susah tidur.

4. Membaca buku sambil tiduran

Membaca buku sambil tiduran
source : www.indoindians.com

Punya kebiasaan membaca buku tentu sangat baik, karena bisa mengasah kecerdasan kita. Bahkan dalam peribahasa yang sangat terkenal juga disebutkan jika “teman terbaik adalah buku”. Namun sayang, banyak orang membaca buku dalam posisi yang kurang ideal, misalnya sambil tidur. Membaca buku dalam posisi tidur akan membuat mata cepat lelah, karena dipaksa untuk bekerja dalam jarak baca yang tidak ideal.

5. Menyilangkan kaki saat duduk

Menyilangkan kaki saat duduk
source : aws-dist.brta.in

Kebanyakan orang, terutama cewek biasanya sering menyilangkan kaki saat duduk, hal ini karena dianggap elegan dan anggun untuk dilihat. Namun yang perlu kamu ketahui adalah, kebiasaan sepele ini justru mengundang bahaya. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa mengubah postur tubuhmu menjadi tidak proporsional. Selain itu, mereka yang sering duduk menyilangkan kaki umumnya merasakan berbagai keluhan, seperti sakit leher dan juga punggung.

6. Menahan kencing

Menahan kencing
source : www.fitnessformen.co.id

Ada beberapa alasan mengapa sebagian orang menahan kencing, salah satu alasannya karena nggak menemukan tempat kencing, atau mungkin di keramaian, dan juga mungkin saat sedang rapat. Apapun alasannya, menahan hasrat untuk kencing sangat beresiko yang tinggi untuk terkena infeksi saluran kemih. Karena itu, ketika ingin kencing segeralah untuk mencari tempat buang air kecil.

7. Tidur telungkup

Tidur telungkup
source : hellosehat.com

Kebiasaan tidur telungkup sangat nggak dianjurkan. Karena, tidur telungkup terdapat peningkatan di kepala belakang dan juga terjadi pengumpulan saraf. Akibat hal ini, maka kamu akan merasakan mati rasa dan dapat membahayakan kesehatan saraf.

Bukan berarti segala aktivitas kamu dilarang dilakukan dan merasa dibatasi. Namun sejatinya, kebiasaan tersebut nggak dilakukan saban hari. Karena, setiap kebiasaan, meskipun hal yang sepele bisa mengundang bahaya pada diri sendiri, dan akibatnya yang dirugikan juga diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.