Istana Merdeka
via poskotanews.com

Siapapun presidennya, mereka berhak menempati istana megah yang udah tersedia. Di Indonesia, presiden udah disiapin 6 istana kepresidenan sekaligus. Gak enak darimana coba?, enam istana bro……

Kamu sante aja, buat kamu yang pengen nempatin istana-istana kepresidan Indonesia, kamu masih punya kesempatan nyalonin diri jadi presiden. Tapi, kalo kamu gak jadi ya gak perlu nangis. Kamu masih bisa mencoba di lain waktu kok.

Penasaran dengan istana-istana kepresidenan RI?. Berikut daftarnya;

1. Istana Cipanas

Istana Cipanas
via mapio.net

Sebenernya Istana Cipanas itu mulanya milik pribadi seorang tuan tanah Belanda yang dibangun pada tahun 1740. Nah, Sejak masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff, bangunan ini dijadikan sebagai tempat peristirahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Istana Cipanas sendiri terletak di kaki Gunung Gede di Desa Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Di istana ini terdapat banyak karya seni diantaranya berbagai koleksi ukiran Jepara dan lukisan dari maestro seni lukis Indonesia seperti Basuki Abdullah, Dullah Sujoyono, dan Lee Man Fong. Beberapa bangunan di Istana Cipanas juga punya nama masing-masing, Paviliun Yudhistira, Paviliun Bima dan Paviliun Arjuna, Paviliun Nakula, Paviliun Sadewa dan Gedung Bentol.

2. Istana Bogor

Istana Bogor
via ireneternate.blogspot.co.id

Dari sekian banyak istana kepresidenan RI, Istana Bogor lah yang paling indah. Istana Bogor yang dulunya bernama Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti “tanpa kekhawatiran” punya keunikan tersendiri, yaitu terdapat rusa yang didatangkan langsung dari Nepal. Istana Bogor sendiri dibangun pada 10 Agustus 1744 oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff dengan luas halamannya mencapai 28,4 hektare dan luas bangunan 14.892 m² terletak di pusat kota Bogor.

3. Istana Negara

Istana Negara
via www.pikiran-rakyat.com

Istana Negara berada di Jalan Veteran, Jakarta Pusat yang dibangun tahun 1796 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten dan selesai tahun 1804 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Johannes Siberg. Awalnya, Istana Negara yang luasnya mencapai 3.375 m2 digunakan sebagai rumah peristirahatan luar kota milik pengusaha Belanda, J A Van Braam. Sebelumnya, Istana Negara dikenal sebagai Istana Rijswijk (namun resminya disebut Hotel van den Gouverneur-Generaal).

4. Gedung Agung

Gedung Agung Yogyakarta
via www.braito.co.id

Istana Yogyakarta ato Gedung Agung terletak di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, dengan luas lahan 43.585 m². Gedung Agung Yogyakarta dibangun pada Mei 1824 yang diprakarsai oleh Anthony Hendriks Smissaerat, Residen Yogyakarta ke-18 (1823-1825) yang pengen punya “istana” yang berwibawa bagi residen-residen Belanda. Di Istana Yogyakarta terdapat enam bangunan utama yaitu Gedung Agung (gedung utama), Wisma Negara, Wisma Indraphrasta, Wisma Sawojajar, Wisma Bumiretawu dan Wisma Saptapratala, dan ruangan utama disebut dengan Ruang Garuda.

5. Istana Merdeka

Istana Merdeka
via poskotanews.com

Istana Merdeka sebenernya udah diusulkan pada tahun 1869 atas perintah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-53 Pieter Mijer. Namun, baru dibangun tahun 1873 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal James Loudon. Istana Merdeka ini baru diresmikan tahun 1879 yang luasnya mencapai 2.400 m² di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta. Dan menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas). Nah, Istana Merdeka merupakan saksi sejarah penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda tahun 27 Desember 1949

6. Istana Tampaksiring

Istana Tampaksiring
via plus.google.com

Istana Tampaksiring ini spesial banget dah. Berbeda dengan kelima istana kepresidan RI lainnya yang dibangun oleh Belanda. Istana Tampaksiring ini satu-satunya yang  dibangun oleh pemerintah Indonesia setelah merdeka atas prakarsa Presiden Soekarno. Istana ini mulai dibangun pada 1957 dan selesai 1963 yang terletak di desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, dan lahannya Istana Tampaksiring atas pemberian dari Raja Gianyar.

Nah, itu tadi istana-istana kepresidenan Indonesia. Mungkin kalo kamu pas kebetulan lewat bisa berhenti sebentar buat selfie. Itu kalo salah satu istana andaikan rumah kamu pasti seneng banget dah.