5 Fakta Operasi Kelamin Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Sisi Kesehatan

0
71
5 Fakta Operasi Kelamin Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Sisi Kesehatan
source : pixabay.com

Dewasa ini, kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, tak terkecuali dalam hal gaya hidup. Salah satu trend gaya hidup masa kini adalah terkait dalam hal kecantikan. Mereka dengan mudah melakukan apa yang ia inginkan untuk menghasilkan hasil sempurna. Dulu yang punya wajah pas-pasan, bisa dirubah menjadi wajah yang cantik atau ganteng.

Tak hanya itu, mereka juga bisa dengan mudah ganti kelamin, dari kelamin perempuan bisa diganti dengan kelamin laki-laki, pun sebaliknya.

Terlepas dari pro dan kontra, berikut beberapa fakta tentang operasi kelamin dari sisi kesehatan. Penasaran! Baca sampai tuntas rangkuman dibawah ini yang kami kumpulkan dari berbagai sumber;

1. Bisa memicu efek kejiwaan dan penyakit kanker

Bisa memicu efek kejiwaan dan penyakit kanker
source : hellosehat.com

Operasi transgender atau ganti kelamin memang tidak ada efek samping dari pengubahan kelamin. Namun, ada risiko-risiko yang akan dialami oleh transgender yaitu masalah kejiwaan dan psikologis. Selain itu, penambahan hormon bagi para transgender, seperti penambahan hormon estrogen pada wanita transgender juga akan memicu risiko penyakit kanker.

2. Sakit pasca operasi

Sakit pasca operasi
source : www.merdeka.com

Mungkin ini adalah masalah umum pasca operasi. Yang perlu diketahui adalah pasca operasi kelamin pasien akan merasakan sakit yang sangat parah. Efek samping rasa sakit ini bisa berlangsung hingga berbulan-bulan bahkan tahun.

3. Tidak bisa dikembalikan lagi

Tidak bisa dikembalikan lagi
source : tribunnews.com

Jika sudah terlanjur melakukan operasi kelamin, hal yang perlu dicatat dan dipikirkan baik-baik adalah operasi kelamin tidak dapat dikembalikan seperti semula. Jadi, ketika sudah terlanjur melakukan operasi kelamin maka harus menerima hasilnya.

4. Mengalami hematoma

Mengalami hematoma
source : www.alodokter.com

Orang yang melakukan ganti kelamin, baik wanita maupun pria kemungkinan bisa mengalami komplikasi yang disebut hematoma, yaitu kumpulan darah tidak normal yang tumbuh di luar pembuluh darah. Kumpulan darah ini dapat memicu pembekakan dan bisa terjadi di semua bagian tubuh.

5. Kematian jaringan pada alat kelamin

source : www.merdeka.com

Resiko ini bisa terjadi baik laki-laki yang ingin jadi perempuan maupun perempuan yang ingin jadi laki-laki. Namun, yang sangat rentan terhadap resiko ini adalah perempuan yang ingin jadi laki-laki. Karena terlalu banyak tahapan yang harus dilewati saat transgender.

Terlepas pro dan kontra, itu tadi beberapa fakta operasi kelamin dari sisi kesehatan. Meskipun banyak efek mengerikan dari operasi pergantian kelamin ini, nyatanya masih banyak orang yang ingin melakukan transgender.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.