13 Istilah Pembayaran Yang Berlaku Di Dunia Perhotelan Yang Harus Kamu Tahu

0
57
13 Istilah Pembayaran Yang Berlaku Di Dunia Perhotelan
source : www.thewaverleyhotelcallander.co.uk

Setiap perhotelan pasti punya sistem pembayaran yang jumlahnya nggak sedikit. Hal ini terkadang membuat bingung bagi karyawan baru. Terutama di bagian front desk atau receptionist. Oleh karenanya, setelah kamu baca artikel ini sampai selesai, mudah-mudahan kebingungan kamu udah hilang.

Langsung aja TKP….

1. Visa

Pembayaran ini biasanya tergantung pada kartu yang digunakan oleh tamu. Jika pembayaran menggunakan Visa atau kartu apapun yang berlogo Visa, maka harus di posting menggunakan visa.

2. Master

Master atau Master Card hampir sama dan cenderung mirip dengan Visa. Tergantung logo yang tertempel di kartu pembayaran tamu, apakah itu Visa ataupun Master Card.

3. Debit

Kartu Debit berbeda dengan kartu kredit, istilah Debit disini adalah menggunakan kartu debit. kartu debit itu biasa dikenal secara awam kartu ATM. Yaitu jika kamu punya tabungan (saldo) di bank, baru bisa digunakan atau ditarik secara tunai maupun digunakan untuk melakukan pembayaran.

4. Bank Transfer

Nah, istilah ini pastinya udah gak asing kan. Ketika tamu melakukan pembayaran menggunakan cara Bank Transfer, so pasti di posting di menu bagian Bank Transfer.

5. Company Ledger

Company Ledger ini biasanya tamu yang menginap di hotel dari perusahaan tertentu. Dan setelah check out, semua pembayaran di tanggung oleh perusahaan. Makanya ada istilah Company Ledger.

6. Travel Agent Ledger

Kurang lebih sama dengan Company Ledger. Hanya saja, jika Travel Agent Ledger, pembayaran ditagihkan kepada pihak travel.

7. Government Ledger

Ini juga sama, dan pembayaran ditagihkan kepada instasi pemerintahan saat tamu sudah check out dari hotel.

8. Cash Settlement

Jika cash settlement ini, penyelesaian pembayaran apabila tamu masih punya tagihan hotel. Penyelesaian pembayaran ini biasanya dilakukan saat tamu akan check out.

9. Cash Deposit

Nah, kalau yang ini itu pasti udah paham, cash deposit dilakukan saat tamu reservasi hotel ataupun saat check in, atau saat tamu masih menginap di hotel. Pembayaran cash deposit ini dibayarkan secara tunai.

10. Cash Deposit Refund

Terkadang, tamu masih punya kembalian atas deposit yang dibayarkan. Ketika tamu akan check out, pihak receptionist akan memberikan refund (pengembalian) sejumlah uang tertentu kepada tamu.

11. Paid Out

Maksud dari paid sendiri, ketika pihak hotel mengeluarkan sejumlah uang tertentu. Misal, buat bayar taxi, atau yang lainnya. Itu yang dinamakan paid out, dan harus di posting di bagian paid out.

12. City Ledger

Maksud dari City Ledger ini adalah tagihan kepada tamu individual yang udah check out kepada hotel. Bentuk tagihan City Ledger ini biasanya pihak tamu udah sering menginap di hotel terkait.

13. Guest Ledger

Sementara untuk guest ledger itu tagihan kepada tamu yang masih aktif atau keadaan tamu masih menginap di hotel (belum check out). Biasanya tagihan guest ledger ini tamu yang menginap di hotel dalam waktu yang lama.

Itu adalah beberapa jenis pembayaran yang berlaku di perhotelan. Terkadang receptionist yang masih baru merasa kebingunan akan jenis pembayaran di hotel jika hotel tempat kamu bekerja menerapkan semua jenis pembayaran yang ada.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam hal ini, delimun berikan solusinya;

1. Cash Deposit vs Bank Transfer

Untuk membedakan kedua ini, kamu harus bener-bener jeli. Maksud dari cash deposit itu pembayaran yang dilakukan secara cash. Sementara untuk bank transfer pembayaran yang dilakukan melalui transfer. Jenis ini hanya berbeda cara pembayarannya.

2. Deposit vs Guest Ledger

Nah, kalau yang ini biasanya membuat bingung. Jika deposit itu dibayarkan saat booking dan atau saat akan check ini. Sementara untuk guest ledger itu tamu yang sudah menginap, dan diminta untuk melakukan pembayaran. Mungkin tamu itu menginap dua minggu. Nah, saban satu minggu sekali biasanya pihak hotel menagih tagihan kepada tamu.

3. Cash Settlement vs Cash Deposit

Perbedaan ini sangat mirip sekali, hampir sama tapi beda fungsi. Jika cash deposit udah dijelaskan diatas tadi ya. Kalau untuk Cash Settlement itu berfungsi untuk menyelesaikan tagihan. Biasanya gini, cash settlement itu akan check out dan melakukan pelunasan tagihan. Dan juga biasanya untuk menulasih charge hotel, misal untuk melunasi charge transportasi, atau yang lainnya.

Itu tadi beberapa jenis pembayaran yang berlaku di perhotelan. Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu kamu yang bergelut di dunia perhotelan, terutama di bagian receptionist atau front desk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.