12 Potret Hewan Purba Yang Pernah Hidup Di Bumi, Ukurannya Bisa Membuat Kamu Shock

0
247
12 Potret Hewan Purba Yang Pernah Hidup Di Bumi, Ukurannya Bisa Membuat Kamu Shock

Delimun.com – Hewan purba identik dengan ukuran yang super besar jika berbicara di masa kini. Peradaban mereka disebut hidup selama 135 juta tahun di muka bumi. Dilansir dari The Richest, Selasa (14/02/2017) disebutkan bahwa lebih dari 99 persen dari 5 miliar spesies yang pernah ada di bumi punah.

Andai hewan-hewan raksasa zaman purba ini masih ada, mungkin khazanah ilmu pengetahuan kita tentang binatang pasti luar biasa kaya. Tapi juga mungkin akan menakutkan bagi umat manusia melihat ukurannya yang super besar.

Dari sekian banyak hewan purba yang pernah ada di muka bumi ini, berikut 12 hewan purba yang pernah menghuni bumi yang kami rangkum dari berbagai sumber;

1. Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus
source : www.boombastis.com

Andai Quetzalcoatlus masih hidup sampai saat ini, mungkin akan menjadi ancaman serius bagi manusia. Hewan ini merupakan predator terbang paling besar yang pernah ada. Namanya sendiri diambil dari dewa Aztec Quetzalcoalt yang merupakan penguasa langit. Quetzalcoatlus memiliki berat sekitar 250 kilogram, bentangan sayapnya hampir mencapai 16 meter, jika berdiri burung ini setinggi 6 meter, hampir 3 kali lipat manusia masa kini. boombastis.com.

Baca Juga : 10 Hal Tercepat Di Dunia Yang Pastinya Bikin Kamu Takjub

2. Arctodus Simus

Arctodus Simus
source : www.brilio.net

Arctodus Simus merupakan sejenis hewan beruang yang telah ada pada zaman Pleistosen di Amerika Utara. Sayang,  Arctodus Simus telah punah pada 10.900 SM. Hewan ini bermuka pendek termasuk dalam mamalia karnivora terbesar. brilio.net, Rabu (15/02/2017).

3. Arthropleura

Arthropleura
source : www.brilio.net

Arthropleura adalah kaki seribu raksasa yang hidup lebih dari 300 juta tahun lalu. Arthropleura ditemukan di kawasan Skotlandia dan Amerika Utara. brilio.net, Rabu (15/02/2017).

4. Pliosaurus Funkei

Pliosaurus Funkei
source : www.brilio.net

Kerangka dari Pliosaurus Funkei ini disimpan di Universitas Oslo Natural History Museum. Pencarian dan penggalian fosil dari hewan purba ini membutuhkan waktu 8 tahun yang ditemukan di Norwegia selatan. Hewan ini diperkirakan memiliki ukuran sekitar 10 hingga 12 meter. brilio.net, Rabu (15/02/2017).

5. Moa

Moa
source : dream.co.id

Moa merupakan jenis spesies burung terbang yang pernah ada. Burung ini tinggal di hutan dataran rendah di kepulauan Selandia Baru yang diperkirakan punah pada tahun 1700-an atau 1800-an. Ada 11 jenis moa. Yang terbesar itu hampir 11,5 kaki (3,5 m) tinggi dan beratnya mungkin 700 Pound (320 kg). dream.co.id, Senin (13/02/2017).

Baca Juga : 6 Maskapai Ini Beri Pelayanan Yang Uniknya Kebangeten

6. Thalassomedon

Thalassomedon
source : www.mongabay.co.id

Thalassomedon adalah spesies pliosaurus yang namanya diambil dari bahasa Yunani yang berarti “dewa laut”. Sang dewa laut ini memiliki ukuran dengan panjang hingga 12 meter dan sirip sepanjang hingga 2 meter. mongabay.co.id, Jum’at (11/12/2015).

7. Josephoartigasia Monesi

Josephoartigasia Monesi
source : www.brilio.net

Josephoartigasia Monesi merupakan hewa purba jenis pengerat terbesar yang pernah ada. Tak seperti hewan pengerat pada umumnya pada masa kini, hewan pengerat purba ini memiliki ukuran sekitar 10 kaki atau sekitar 3 meter. Ukuran tengkoraknya saja mencapai 21 cm dengan gigi seri 0,3 meter. Diperkirakan, hewan ini telah punah pada 2-4 juta tahun yang lalu. brilio.net, Rabu (15/02/2017).

8. Megalodon

Megalodon
source : dream.co.id

Megalodon merupakan predator ganas di lautan prasejarah yang hidup pada masa Pliosen di Peru dan Amerika Utara sekitar 20 – 4 Juta tahun yang lalu. Hewan sejenis hiu ini memiliki panjang hampir 18 meter dan berat hingga 10 ton. Ukuran rahang hewan ini bahkan hampir sebesar lemari pakaian, dan gigi mereka hampir seukuran telapak tangan manusia dewasa. dream.co.id, Senin (13/02/2017).

9. Meganeura

Meganeura
source : www.brilio.net

Meganeura merupakan serangga purba sejenis hewan capung (kinjeng). Fosilnya pertama kali ditemukan tahun 1880 di the French Stephanian Coal Measures of Commentry. Melihat dari ukuran jaringan vena pada bagian sayapnya, Meganeura diklaim sebagai serangga raksasa yang telah punah sekitar 300 juta tahun lalu. brilio.net, Rabu (15/02/2017).

10. Jaekelopterus

Jaekelopterus
source : www.brilio.net

Umumnya, kalajengking memiliki ukuran yang kecil. Tapi, untuk Jaekelopterus yang merupakan jenis kalajengking laut ini punya ukuran sekitar 2,5 meter yang telah hidup selama 400 juta tahun lalu. Jaekelopterus di klaim bisa hidup di air tawar dan sungai. brilio.net, Rabu (15/02/2017).

11. Thalattoarchon Saurophagis

Thalattoarchon Saurophagis
source : www.mongabay.co.id

Thalattoarchon Saurophagis adalah spesies awal Ichthyosaurus yang hidup selama periode Trias sekitar 244 juta tahun yang lalu. Ukurannya mencapai 9 meter. mongabay.co.id, Jum’at (11/12/2015).

12. Mosasurus

Mosasurus
source : www.mongabay.co.id

Mosasaurus ini kepalanya seperti buaya, dilapisi ratusan gigi setajam pisau cukur, dan dibekali dengan ukuran tubuh sepanjang 15 meter. Mosasaurus menjadikannya sebagai salah satu predator laut terbesar dari periode Cretaceous. mongabay.co.id, Jum’at (11/12/2015).

Itu tadi 13 hewan purba terbesar yang pernah jadi penduduk bumi. Sampai saat ini, masih ada beberapa hewan yang dianggap hewan purba yang masih hidup, diantaranya; buaya, paus bungkuk, komodo, gajah, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.