10 Stadion Terbesar dan Terpopuler di Dunia, Korea Utara Yang Terbesar

10 Stadion Terbesar dan Terpopuler di Dunia, Korea Utara Yang Terbesar
photo source from www.thesun.co.uk

Stadion menjadi daya tarik tersendiri bagi jutaan orang untuk menonton pertandingan olahraga. Kamu mungkin menemukan beberapa stadion ukuran kecil dan hanya memiliki kapasitas minim untuk melangsungkan sebuah pertandingan olahraga. Disisi lain, ada lho beberapa stadion di dunia yang diakui menjadi stadion terbesar di dunia. Berikut ini 10 stadion terbesar dan terpopuler di dunia;

10. Melbourne Cricket Ground

Melbourne Cricket Ground
image via: www.visitmelbourne.com

Stadion Melbourne Cricket Ground ini tersedia 100.000 kursi untuk penonton. Stadiun ini merupakan stadion terbaik di Australia yang dibangun pada tahun 1853. Pertandingan pertama kali yang diadakan di stadion ini adalah olahraga Kriket pada 30 September 1854.

9. Neyland Stadium

Neyland Stadium
image via: balp.com

Neyland Stadium dibangun pada 24 September 1921 dan mampu menampung penonton sebanyak 102.000. Stadion ini dikenal sebagai stadion American football. Karena, di stadion ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan American Football dan acara konvensi.

8. Stadion Jornalista Mário Filho

Stadion Jornalista Mário Filho
image via: www.sbp.de

Stadion Jornalista Mário Filho ato juga dikenal sebagai Stadion Maracanã merupakan stadion sepak bola yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Stadion ini sebelumnya bisa menampung 199.500 penonton pada gelaran final Piala Dunia 1950. Tapi kini, stadion Maracanã berkapasitas 103.045.

7. Ohio Stadium

Ohio Stadium
image via: ohiostatefb.io-media.com

Ohio Stadium adalah rumah bagi tim Buckeyes American Football yang terletak di Ohio State University di Columbus. Stadion ini dibangun pada tahun 1922 dan mampu menampung 104.944 penonton.

6. Beaver Stadium

Beaver Stadium
image via: www.pennlive.com

Beaver Stadium adalah stadion milik tim Penn State Nittany Lions football yang terletak di Penn State University, Amerika Serikat. Pada tahun 1960 stadion ini hanya memiliki kapasitas 46.284 penonton, dan sekarang ini berkapasitas 107.282 penonton.

5. Michigan Stadium

Michigan Stadium
image via: www.mlive.com

Lagi-lagi datang dari Amerika Serikat, kali ini adalah Michigan Stadium yang dibangun pada tahun 1927. Stadion ini juga dikenal sebagai “The Big House” terletak di Ann Arbor, Michigan yang merupakan rumah bagi tim University of Michigan Football. Kapasitas sebelumnya hanya 72.000 dan sekarang menjadi 109.901 penonton.

4. Stadion Nasional Bukit Jalil

Stadion Nasional Bukit Jalil
image via: vietkings.org

Stadiun Nasional Bukit Jalil ini terletak di 20 km sebelah selatan Kuala Lumpur, Malaysia di kompleks olahraga nasional. Stadiun mulitfungsi ini dibangun pada tahun 1998 yang sebenarnya digunakan untuk menyelenggarakan Commonwealth Games tahun 1998. Namun, sekarang digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Kapasitas penonton bisa mencapai 110.000 penonton yang dibangun diatas lahan seluas 1,2 km².

3. Stadion Azteca

Stadion Azteca
image via: www.elpopular.mx

Stadion Azteca terletak di Mexico City, Meksiko yang digunakan untuk pertandingan sepak bola. Stadion ini dibangun pada tahun 1966 dan mampu menampung 114.465 penonton. Disini juga pernah menjadi tuan rumah pertandingan babak final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986.

2. Yuva Bharati Krirangan

Yuva Bharati Krirangan
image via: www.flickr.com

Stadion Yuva Bharati Krirangan punya beberapa sebutan, seperti Stadion Pemuda India dan Stadion Salt Lake. Stadion ini terletak di Kolkata, Benggala Barat, India yang dibangun pada tahun 1984 dan menawarkan kapasitas 120.000 penonton. Stadion ini merupakan stadion multifungsi, terutama digunakan untuk olahraga sepak bola dan acara olahraga lainnya.

1. Stadion Hari Buruh Rungrado

Stadion Hari Buruh Rungrado
image via: www.thesun.co.uk

Stadion Hari Buruh Rungrado dikenal sebagai Stadion Hari Buruh ato Rungrado May Day Stadium dibangun pada tahun 1989 dengan kapasitas 150.000 penonton yang terletak di Pyongyang, Korea Utara. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola, atletik, beberapa pertandingan lainnya, tetapi paling sering digunakan untuk Festival Arirang (Mass Games).

Nah, itu tadi 10 stadion yang memiliki kapasitas penonton terbanyak di dunia. Dengan kapasitas jumbo tersebut tentunya untuk menampung banyak penonton dalam kegiatan olahraga. Dan pastinya bisa mendatangkan pundi-pundi duit banyak karena penonton yang masuk kudu beli tiket terlebih dahulu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *