China – Sekitar 261.300 Korban Jiwa
via www.dailymail.co.uk

Kecelakaan bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, baik di rumah, di jalan, laut, udara, siang maupun malam. Selama kita masih hidup, kita masih punya kesempatan mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, kita kudu hati-hati saat melakukan perjalanan maupun kegiatan lain agar keselamatan tetep terjaga. Karena, walopun udah berhati-hati biasanya juga bisa celaka, apalagi yang gak berhati-hati.

Di dunia ini, ada 10 negara yang dikategorikan sebagai negara paling rawan terjadi kecelakaan di jalan. Ehmm, mungkinkah Indonesia salah satunya, berikut rangkumannya;

10. Thailand – Sekitar 24.200 Korban Jiwa

Thailand – Sekitar 24.200 Korban Jiwa
via asiancorrespondent.com

Salah satu negara dengan kecelakaan terbanyak di dunia yaitu di Thailand. Sekitar 24.200 kecelakaan per tahunnya terjadi disini. Jarang banget pengendara membunyikan klakson dan cenderung gak mau kalah. Asal selip aja kayak pembalap di sirkuit.

9. Iran – Sekitar 24.800 Korban Jiwa

Iran – Sekitar 24.800 Korban Jiwa
via www.accidentawareness.net

Salah satu penyebab kematian tertinggi akibat kecelakaan di jalan. Hampir 24.800 terjadi kecelakaan di jalan per tahunnya. Banyak pengendara yang mengabaikan lampu lalu lintas, tanda jalan, serta marka jalan. Mereka juga gak mau ngalah sama pejalan kaki, asal gas aja. Selain itu, banyak jalan tanpa lampu penerangan di malam hari, dan hampir gak ada trotoar di sepanjang jalan. Atut ah.

8. Pakistan – Sekitar 25.700 Korban Jiwa

Pakistan – Sekitar 25.700 Korban Jiwa
via www.nytimes.com

Alasan pengguna jalan berbahaya karena jalan di Pakistan selalu ramai. Selain pejalan kaki, juga ada keledai, kuda, dan sapi ikut meramaikan jalan. Sebagian besar kendaraan besar, seperti truk dan bus juga ikut berpartisipasi disini. Alasan lain, kondisi lalu lintas di Pakistan sangat buruk karena keterlibtan Pakistan dalam beberapa sengketa teritorial, hal ini yang menjadikan pemerintahan setempat terkait kondisi keselamatn lalu lintas menjadi prioritas terakhir. Mungkin aja.

7.  Rusia – Sekitar 27.000 Korban Jiwa

Rusia – Sekitar 27.000 Korban Jiwa
via www.youtube.com

Di beberapa daerah di pinggiran kota Rusia banyak ditemukan lampu penerenangan malam hari, terutama di lokasi konstruksi. Kondisi ini membuat Rusia menjadi salah satu tempat kecelakaan di jalan yang tinggi, sekitar 27.00 kecelakaan tiap tahun. Tentu sangat berbahaya dan berfikir dua kali jika mengemudi di Rusia.

6. Amerika Serikat – Sekitar 34.000 Korban Jiwa

Amerika Serikat – Sekitar 34.000 Korban Jiwa
via www.nbcnews.com

Meskipun Amerika Serikat negara yang sangat maju, tapi kecelakaan di jalan menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Banyak kecelakaan mobil di jalan raya dan persimpangan jalan, hal ini disebabkan karena banyak pengendara kebut-kebutan mencoba kemampuan kecepatan maksimum mobil supernya. Banyak kejadian tabrakan, kebakaran, dan kecelakaan lainnya. Meskipun polisi udah menegakkan aturan yang sangat ketat banget. Tapi, mereka pada bandel, sehingga kecelakaan yang mereka terima.

5. Nigeria – Sekitar 35.600 Korban Jiwa

Nigeria – Sekitar 35.600 Korban Jiwa
via www.premiumtimesng.com

Hampir tiap tahun terjadi kecelakaan jalan sekitar 35.600 di Nigeria. Hal ini karena kondisi jalan yang sangat memprihatinkan dan ditambah lampu lalu lintas ato tanda jalan gak memadai. Jarang ditemukan polisi mengatur lalu lintas disana, ditambah lagi gak ada pemeriksaan kelayakan kendaraan untuk pengendara. Parahnya, justru para pejalan kaki yang menjadi korban dari kecelakaan di jalan.

4. Indonesia – Sekitar 38.200 Korban Jiwa

Indonesia – Sekitar 38.200 Korban Jiwa
via sp.beritasatu.com

Indonesia mendapat ranking 4 dalam kecelakaan jalan tertinggi di dunia. Sekitar 38.200 tiap tahunnya terjadi kecelakaan jalan di Indonesia. Hal ini mungkin karena kepadatan penduduk serta meningkatnya konsumsi volume kendaraan dan transportasi umum meningkat tajam. Banyak kondisi jalan yang rusak serta fasilitas jalan yang belum memenuhi standar Internasional juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan.

3. Brazil – Sekitar 41.000 Korban Jiwa

Brazil – Sekitar 41.000 Korban Jiwa
via forum.bodybuilding.com

Lebih dari 90% kondisi jalan-jalan di Brazil gak beraspal, ditambah para pengendara suka kebut-kebutan di jalan. Hal ini yang menyebabkan kecelakaan selalu menanti. Sekitar 41.000 kecelakaan di jalan terjadi tiap tahunnya. Semua ini menjelaskan mengapa Brazil menjadi salah satu negara dengan korban tertinggi di jalan.

2. India – Sekitar 238.000 Korban Jiwa

India – Sekitar 238.000 Korban Jiwa
via lainfo.es

Sekitar 238.000 korban jiwa tiap tahunnya akibat insiden kecelakaan di jalan raya India. Mengerikan banget dah, apalagi pas berpapasan dengan supir bus yang suka ugal-ugalan di jalan. Tak jarang juga, kereta api terlibat dalam kecelakaan di India.

1. China – Sekitar 261.300 Korban Jiwa

China – Sekitar 261.300 Korban Jiwa
via www.dailymail.co.uk

Negara yang besar, penduduk terpadat, dan angka kecelakaan di jalan juga ikut menyertai rekor negeri Panda ini. Sekitar 261.300 korban jiwa tiap tahunnya terjadi karenan kecelakaan jalan di China. Peraturan lalu lintas yang buruk, kepatuhan dan keselamatan secara terang-terangan diabaikan pengguna jalan. Lampu lalu lintas hanya formalitas. Sehingga menyebabkan transportasi baik sepeda, mobil, truk, bus kacau total.

Nah, itu tadi daftar negara dengan insiden kecelakaan tertinggi di jalan. Gak berda dimanapun kamu, saat lagi dalam perjalanan udah seharusnya untuk berhati-hati dan menjaga keselamatan. Sayangi nyawa, karena manusia hanya dapat jatah satu nyawa per orang. Jika nyawa udah lepas udah gak ada serepya lagi dan kecil kemungkinan nyawa itu mau kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.