Raja ke Tujuh di Arab Saudi
image via: www.wsj.com

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud adalah raja Arab Saudi yang dinobatkan pada tahun 2015 menggantikan saudara tirinya yang meninggal. Seluk beluk raja Arab Saudi ini sering menjadi sorotan dunia dan menjadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Mungkin banyak yang penasaran mengenai raja Salman ini. Berikut ini delimun merangkum 10 fakta mengenai raja raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari berbagai sumber;

1. Raja Salman Adalah anak ke 25 Dari Pendiri Arab Saudi

Abdul Aziz bin Saud
image via: pixelrz.com

Raja Salman ato Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Mohammed bin Saud lahir pada 31 Desember 1935 di ibukota Riyadh. Raja Salman adalah putra ke 25 dari keturunan Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud dan putra ke tujuh dari ibunya bernama Hassa binti Ahmed Al Sudairi.

2. Raja Salman Menikah Tiga Kali dan Punya 13 Anak

Raja Salman Menikah Tiga Kali
image via: www.cnbc.com

Raja Salman sendiri menikah tiga kali dan dikaruniai 13 anak. Istri pertamanya Sultana binti Turki Al Sudairi, istri kedua Sarah binti Faisal Al Subai’ai dan istri ketiga Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn. Pernikahan dari istri pertama dikaruniai 6 anak yaitu Pangeran Fahd, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal dan Putri Hussa. Dari pernikahannya kedua dikaruniai satu anak yaitu Pangeran Saud. Sedangkan pernikahannya dengan istri ketiga dikaruniai enam anak yaitu Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar dan Pangeran Rakan.

3. Hafal Al Qur’an Sejak Usia Muda

Hafal Al Qur’an Sejak Usia Muda
image via: facebuka.com

Setiap keluarga kerajaan Saudi, putra dan putrinya disekolahkan di sekolah khusus kerajaan, demikian juga dengan Raja Salman bin Abdul Aziz. Raja Salman mengenyam pendidikan di Madrasah Umara (Princes’ School) di Riyadh. Sejak usia 10 tahun, Salman kecil udah hafal Al-Qur’an 30 juz yang saat itu kepala sekolah Madrasah Umara adalah Syaikh Abdullah al-Khayyath, imam dan khotib Masjid al-Haram.

4. Sepak Terjang Raja Salman di Pemerintahan

Sepak Terjang Raja Salman di Pemerintahan
image via: www.alarabiya.net

Raja Salman pernah menjabat sebagai wakil Gubernur di kota Riyadh pada 1954-1955 dan Gubernur Riyadh dari tahun 1955 sampai 2011. Tahun 2011 sampai 2012 menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Kemudian pada tahun 2012 sampai 2015, beliau terpilih sebagai Putra Mahkota setelah kematian saudaranya Nayef bin Abdulaziz Al Saud, dan puncaknya pada 23 Januari 2015, Salman diangkat sebagai Raja Arab Saudi pada setelah kematian saudara tirinya, Raja Abdullah.

5. Raja ke Tujuh di Arab Saudi

Raja ke Tujuh di Arab Saudi
image via: www.wsj.com

Raja Salman diangkat menjadi raja pada 23 Januari 2015 setelah kematian sauadara tirinya raja Abdullah. Beliau adalah raja ke tujuh di Arab Saudi . Raja Arab Saudi pertama Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud, kedua Saud ibn ’Abd al ’Aziz Al Su’ud, ketiga Faisal bin ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdurrahman as-Saud, keempat Khalid bin ‘Abd al ‘Aziz Al Su’ud, kelima Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud, keenam Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, dan ketujuh Salman bin Abdulaziz al-Saud.

6. Raja Salman Juga Punya Akun Twitter

Raja Salman Juga Punya Akun Twitter
image via: www.delimun.com

Seperti halnya para pemimpin di dunia yang aktif di media sosial, terutama sosmed twitter. Yups, raja Salman juga aktif di twitter dengan akun @kingsalman. Saat ini, raja Salman udah punya follower lebih dari 5 juta. Dan mungkin akan terus bertambah.

7. Raja Salman Salah Satu Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Raja Salman Salah Satu Orang Paling Berpengaruh di Dunia
image via: muftah.org

Menurut forbes, raja Salman adalah salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Beliau masuk dalam 16 besar orang paling berpengaruh di dunia. Beliau sejajar dengan tokoh-tokoh lainnya yang juga masuk sebagai orang paling berpengaruh di dunia.

8. Perintahkan Eksekusi Mati Pada Pangeran Saudi

Perintahkan Eksekusi Mati Pada Pangeran Saudi
image via: wikipedia.org

Hukuman mati udah menjadi hal lumrah dilakukan di Arab Saudi. Namun, pada tahun 2016, raja Salman memerintahkan untuk mengeksekusi mati pangeran Turki bin Saud al-Kabir karena terbukti membunuh seorang pemuda Arab Saudi. Eksekusi dijalankakan setelah keluarga korban menolak “uang darah”.

9. Pemberian Bonus Pada Pegawai dan Warga

Pemberian Bonus Pada Pegawai dan Warga
image via: www.businessinsider.co.id

Tak lama setelah dinobatkan sebagai Raja Arab Saudi, Raja Salman membuat gebrakan, salah satu gebrakannya yaitu memberi bonus senilai dua bulan gaji kepada PNS, pensiunan, siswa, para tokoh, orang berkebutuhan khusus dan lainnya.

10. Raja Salman Memberi Grasi Kepada Semua Tahanan

Raja Salman Memberi Grasi Kepada Semua Tahanan
image via: www.kwiknews.my

Pengumuman mengejutkan yang dibuat raja salah satunya adalah memberikan grasi kepada semua tahanan bagi siapa saja yang memiliki denda dibawah setengah juta Riyal Saudi.

Baca: Inilah Rekor Perjalanan Pemimpin Indonesia Satu Dari Presiden Pertama Hingga Ketujuh

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Uniknya lagi nih, raja Salman setiap melakukan kunjungan negara selalu membawa rombongan yang jumlah sangat banyak, serta selalu membiayai sendiri atas negara yang dikunjungi untuk menyediakan fasilitas yang raja inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.