10 Fakta Menarik Perjalanan Android Yang Kini Jadi Teknologi Sejuta Umat

10 Fakta Menarik Perjalanan Android Yang Kini Jadi Teknologi Sejuta Umat
photo source from via www.youtube.com

Siapa sih yang sekarang ini gak kenal Android?. Bahkan Android bisa dibilang teknologi sejuta umat. Hampir semua orang di dunia pada menggunakan Android untuk menemani kehidupan sehari-hari, dari mulai harga yang murah hingga yang paling mahal.

Disini, ada 10 fakta menarik tentang perjalanan Android yang kini banyak digunakan sebagian orang di dunia. Yuk, Simak fakta menarik perjalanan Android!.

1. Android Itu Bukan Bikinan Google

Android Itu Bukan Bikinan Google
via pixabay.com

Pertama kali android didirikan pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV). Hingga pada 17 Agustus 2005 google mengakuisisi dengan harga $ 50 juta.

2. Android Dibuat Sebenarnya Hanya Untuk Kamera Digital

Android Dibuat Sebenarnya Hanya Untuk Kamera Digital
via pixabay.com

Sistem operasi Android awalnya dikembangkan sebagai platform untuk kamera digital. Seiring berjalannya waktu, android yang awalnya untuk kamera digital berubah fungsi untuk smartphone, yang hingga kini smartphone berbasis android digunakan hampir semua orang di dunia.

3. Android Secara Resmi Diluncurkan Pada Tahun 2007

Android Secara Resmi Diluncurkan Pada Tahun 2007
via pixabay.com

Android secara resmi diperkenalkan Google pada tanggal 5 November 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance (OHA). Baru pada 22 Oktober 2008 telepon seluler yang menggunakan sistem operasi Android untuk pertama kalinya mulai dijual secara komersial di pasaran.

4. Logo Android Terinspirasi Dari Mainan Sci-fi

Logo Android Terinspirasi Dari Mainan Sci-fi
via www.logospike.com

Jika kamu amati, logo Android yang seluruhnya berwarna hijau itu punya arti kemajemukan yang menggambarkan laki-laki dan perempuan, gak tua juga gak muda. Nah, yang mendesain logo Android adalah seorang desainer grafis yang bernama Irina Blok. Saat bikin pictogram Android, Irina dan timnya belajar mainan sci-fi dan film tentang luar angkasa untuk inspirasinya. Maskot Android itu ternyata gak punya nama asli, banyak yang memanggil maskot Android ini dengan sebutan Andy the Android. Tapi, Google sendiri menyebut robot hijau tersebut sebagai Bugdroid.

5. Android 1.0 Gak dinamakan sebagai makanan pencuci mulut

Android 1.0 Gak dinamakan sebagai makanan pencuci mulut
via www.youtube.com

Untuk sekarang ini, kamu mengenal nama-nama versi android yang erat dengan makanan pencuci mulut, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan sebagainya. Tapi, versi pertama Android tidak dinamai makanan penutup. Android 1.0 disebut Alpha atau Astro Boy. Sementara untuk Android 1.1, diketahui secara internal disebut sebagai “Petit Four”, yang merupakan makanan pencuci mulut asal Prancis. Nama makanan sebagai nama versi android secara resmi digunakan dengan urutan abjad saat versi 1.5 yang dinamakan Cupcake.

6. Prototype Pertama Android Hampir Mirip Dengan Hp Blackberry

Prototype Pertama Android
via www.androidcentral.com

prototype ponsel Android pertama kali dibuat pada tahun 2007. Ternyata eh ternyata, bentuknya gak jauh beda dengan hp BlackBerry lengkap dengan keypad qwerty fisik, track pad, tombol panggil, dan belum touchscreen. Prototype pertama Android tersebut diberi nama Sooner.

7. Gak Seperti Sekarang Ini, Android Pertama Kali Ada di Pasaran Belum Ada Virtual Keyboard nya

T-Mobile G1
via www.mobilescout.com

HTC Dream dan juga dikenal T-Mobile G1. Pada waktu itu, android belum layar sentuh, melainkan masih menggunakan keyboard qwerty fisik.  Gak Cuma itu doang, T-Mobile G1 juga gak dibekali port audio 3.5mm untuk colokan earset ato headset.

8. Cuma Android 3.0 Doang Yang Gak Bisa Digunakan di Smartphone

Android 3.0 motorola
via arstechnica.net

Pada tahun 2011, Google memperkenalkan Android 3.0 Honeycomb pada ajang CES 2011. Uniknya, Android versi Honeycomb ini hanya bisa digunakan di tablet, dan gak bisa dijalankan di smartphone. Motorola XOOM yang dipercaya untuk menjalankan versi Honeycomb ternyata menemui banyak permasalahan. Akhirnya, Google bikin Android versi terbaru yaitu, Android Ice Cream Sandwich yang bisa digunakan di semua perangkat dalam berbagai macam ukuran layar.

9. Sony Yang Pertama Kali Bikin Smartwatch Android Pertama di Dunia, Bukan Google

sony ericsson liveview watch
via sonymobile.com

Pada tahun 2014, Google secara resmi mengumumkan Android Wear yang merupakan platform khusus dari Android untuk jam tangan pintar. Mungkin kamu berfikir, emang Google yang membuat jam tangan pintar pertama kali. Namun, jauh sebelum itu, pada tahun 2010 Sony Ericsson udah membuat dan menjual jam tangan pintar yang dikasih nama LiveView Watch. Jam tangan pintar tersebut terhubung ke ponsel Android untuk menampilkan timeline Twitter, RSS feed, SMS, dan media player ponsel. Di tahun 2013, Sony kembali meluncurkan jam tangan dengan nama Smartwatch 2 yang fitur sama persis dengan versi sebelumnya.

10. Kesuksesan Android Memaksa CEO Google Mundur Dari Dewan Direksi Apple

Eric-Schmidt
via sputniknews.com

Satu orang berada dalm jajaran tertinggi di dua perusahaan yang bersaing ketat. Eric Schmidt menjabat sebagai CEO Google dan anggota dewan direksi Apple. Sebelumnya emang adem ayem, karena google basisnya mesin pencari. Namun, sejak Google memutuskan terjun dalam bisnis platform Mobile dengan membeli Android, jelas Android sebagai pesaing ketat iOS. Mau gak mau, Eric Schmidt dipaksa mengundurkan diri dari dewan direksi Apple pada tahun 2009.

Perjalanan panjang Android yang hingga kini dikenal banyak orang di dunia menarik bukan?. Begitulah, kalo ngomong soal teknologi gak ada abisnya. Ngomong-ngomong, kamu pake smartphone apa nih?. Kalo masih pake hp jadul gak perlu minder, yang terpenting masih bisa digunakan buat telpon ama sms.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *